Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Tumpang / Gita Anggraeny

Main Author: Anggraeny, Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39743/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggraenyGita.2017.PenerapanModelPembelajaranCourseReviewHorayuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomidiKelasXIIPS5SMANegeri1Tumpang.Skripsi.ProgramStudiS-1PendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKunciCourseReviewHorayKeaktifanHasilBelajar.Pembelajaranmerupakansuatuprosesyangdilakukansecarasadarolehsetiapindividu.Setiapkegiatanpembelajaranterjadiinteraksiantaragurudengansiswamaupunsiswadengansiswa.Interaksitersebutakanseimbangapabilagurudansiswaberperanaktifdalamkegiatanpembelajaran.NamunpadakondisidikelasXIIPS5siswatidakberperanaktifdankegiatanpembelajaranhanyaberpusatpadaguru.Kurangaktifnyasiswadalamkegiatanpembelajarandapatdipengaruhiolehcaramengajargurusulitnyamateripembelajaransumberbelajaryangkurangmemadaidankurangminatnyasiswapadamatapelajarantersebut.Kegiatanpembelajaranseringkalimembuatsiswamerasabosandantidakbersemanagatdalambelajardikarenakangurumenerapkanmodelceramahataukonvensional.Pembelajarandenganmenggunakanmodeltersebutdapatmempengaruhikeaktifandanhasilbelajarsiswayangrendah.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangmenarikdandapatmembuatsiswalebihbersemangatdalamkegiatanpembelajaran.ModelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaranCourseReviewHoray.AdapunkelebihanmodelpembelajaranCourseReviewHorayantaralaina)pembelajaranlebihmenarikb)mendorongsiswaterlibatlangsungdidalampembelajaranc)melatihkemampuankerjasamad)siswamenjadilebihbersemangatkarenasuasanayangdiciptakanlebihmenyenangkane)pembelajaranmenjaditidakmonoton.PenelitianinidilaksanakandikelasXIIPS5SMANegeri1Tumpangyangberjumlah20siswaterdiridari11siswalaki-lakidan6siswaperempuan.PengambilandatapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoraydenganmenggunakaninstrumenlembarobservasikegiatangurudatahasilbelajarmenggunakaninstrumensoalposttestdannilaidarijumlahhoraydanbingoyangdidapatkansiswadandatakeaktifansiswamenggunakanlembarobservasikeaktifansiswadalampenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoray.BerdasarkandatayangdiperolehterjadipeningkatankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswakelasXIIPS5.HaltersebutditunjukkandengankeberhasilantindakanpenelitidalammenerapkanmodelpembelajaranCourseReviewHorayyaitupadasiklusImencapai65%yangdikategorikanbaik(B)kemudianmeningkatpadasiklusIIsebesar82%yangmasukdalamkategorisangatbaik(A).PeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklusIsebesar78%menjadi87%padasiklusIIataumeningkatsebesar9%.SedangkanpeningkatankeaktifanpadasiklusIsebesar72%danmengalamipeningakatanpadasiklusIIsebesar79%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoraydapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadandisarankanbagigurukhususnyaguruekonomiuntukmenerapkanmodelpembelajarantersebutagarkeaktifandanhasilbelajarsiswadapatmeningkat.