Penerapan model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Tumpang / Gita Anggraeny
Main Author: | Anggraeny, Gita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39743/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggraenyGita.2017.PenerapanModelPembelajaranCourseReviewHorayuntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomidiKelasXIIPS5SMANegeri1Tumpang.Skripsi.ProgramStudiS-1PendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKunciCourseReviewHorayKeaktifanHasilBelajar.Pembelajaranmerupakansuatuprosesyangdilakukansecarasadarolehsetiapindividu.Setiapkegiatanpembelajaranterjadiinteraksiantaragurudengansiswamaupunsiswadengansiswa.Interaksitersebutakanseimbangapabilagurudansiswaberperanaktifdalamkegiatanpembelajaran.NamunpadakondisidikelasXIIPS5siswatidakberperanaktifdankegiatanpembelajaranhanyaberpusatpadaguru.Kurangaktifnyasiswadalamkegiatanpembelajarandapatdipengaruhiolehcaramengajargurusulitnyamateripembelajaransumberbelajaryangkurangmemadaidankurangminatnyasiswapadamatapelajarantersebut.Kegiatanpembelajaranseringkalimembuatsiswamerasabosandantidakbersemanagatdalambelajardikarenakangurumenerapkanmodelceramahataukonvensional.Pembelajarandenganmenggunakanmodeltersebutdapatmempengaruhikeaktifandanhasilbelajarsiswayangrendah.Olehkarenaitudiperlukanmodelpembelajaranyangmenarikdandapatmembuatsiswalebihbersemangatdalamkegiatanpembelajaran.ModelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaranCourseReviewHoray.AdapunkelebihanmodelpembelajaranCourseReviewHorayantaralaina)pembelajaranlebihmenarikb)mendorongsiswaterlibatlangsungdidalampembelajaranc)melatihkemampuankerjasamad)siswamenjadilebihbersemangatkarenasuasanayangdiciptakanlebihmenyenangkane)pembelajaranmenjaditidakmonoton.PenelitianinidilaksanakandikelasXIIPS5SMANegeri1Tumpangyangberjumlah20siswaterdiridari11siswalaki-lakidan6siswaperempuan.PengambilandatapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoraydenganmenggunakaninstrumenlembarobservasikegiatangurudatahasilbelajarmenggunakaninstrumensoalposttestdannilaidarijumlahhoraydanbingoyangdidapatkansiswadandatakeaktifansiswamenggunakanlembarobservasikeaktifansiswadalampenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoray.BerdasarkandatayangdiperolehterjadipeningkatankeaktifansiswadanhasilbelajarsiswakelasXIIPS5.HaltersebutditunjukkandengankeberhasilantindakanpenelitidalammenerapkanmodelpembelajaranCourseReviewHorayyaitupadasiklusImencapai65%yangdikategorikanbaik(B)kemudianmeningkatpadasiklusIIsebesar82%yangmasukdalamkategorisangatbaik(A).PeningkatanhasilbelajarsiswadarisiklusIsebesar78%menjadi87%padasiklusIIataumeningkatsebesar9%.SedangkanpeningkatankeaktifanpadasiklusIsebesar72%danmengalamipeningakatanpadasiklusIIsebesar79%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranCourseReviewHoraydapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswadandisarankanbagigurukhususnyaguruekonomiuntukmenerapkanmodelpembelajarantersebutagarkeaktifandanhasilbelajarsiswadapatmeningkat.