Pengaruh penggunaan gadget, minat belajar dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen / Zulfikar Adilla Sukarno

Main Author: Sukarno, Zulfikar Adilla
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/39738/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSukarnoZulfikarAdilla.PengaruhPenggunaanGadgetMinatBelajardanKecerdasanEmosionalterhadapHasilBelajarSiswaKelasXIIISPadaMataPelajaranEkonomidiSMAN1KepanjenTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKunciPenggunaanGadgetMinatBelajarKecerdasanEmosionalHasilBelajarMataPelajaranEkonomiProsespembelajaranmerupakansuatuprosesyangpalingpentingkarenaprosespembelajaranmenentukanhasilpembelajaranyangakandicapaiolehsiswa.Didalamprosespembelajaranterdapatbeberapafaktoryangmempengaruhinya.Faktor-faktortersebutantaralainfaktorinternalfaktoreksternaldanfaktorkelelahan.Namundidalampenelitianiniberfokusterhadapfaktorinternalyaituminatdankecerdasanemosionalsertafaktoreksternalpenggunaangadget.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksplanasidenganmenggunakanpendekatankuantitatif.TujuanpenelitianiniuntukmenganalisisbagaimanapengaruhpenggunaangadgetminatbelajardankecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjentahunajaran2016/2017.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIISdiSMAN1Kepanjenyangberjumlah128siswa.Teknikyangdigunakandalampengambilansampelpenelitianadalahproprotionalrandomsamplingdengansampelberjumlah97siswayangterdiridarikelasXIIIS1XIIIS2XIIIS3danXIIIS4.AnalisisdataregresilinierbergandadalampenelitianinimenggunakanSPSSforWindowsVersion23dengankriteriasignifikasi005.Hasilpadapenelitianinidapatdisimpulkan(1)terdapatpengaruhpositifantarapenggunaangadgetterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomitahunajaran2016/2017.(2)terdapatpengaruhpositifminatbelajarterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjenpadatahunajaran2016/2017.(3)terdapatpengaruhpositifkecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjenpadatahunajaran2016/2017.