Pengaruh penggunaan gadget, minat belajar dan kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen / Zulfikar Adilla Sukarno
Main Author: | Sukarno, Zulfikar Adilla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39738/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSukarnoZulfikarAdilla.PengaruhPenggunaanGadgetMinatBelajardanKecerdasanEmosionalterhadapHasilBelajarSiswaKelasXIIISPadaMataPelajaranEkonomidiSMAN1KepanjenTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKunciPenggunaanGadgetMinatBelajarKecerdasanEmosionalHasilBelajarMataPelajaranEkonomiProsespembelajaranmerupakansuatuprosesyangpalingpentingkarenaprosespembelajaranmenentukanhasilpembelajaranyangakandicapaiolehsiswa.Didalamprosespembelajaranterdapatbeberapafaktoryangmempengaruhinya.Faktor-faktortersebutantaralainfaktorinternalfaktoreksternaldanfaktorkelelahan.Namundidalampenelitianiniberfokusterhadapfaktorinternalyaituminatdankecerdasanemosionalsertafaktoreksternalpenggunaangadget.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksplanasidenganmenggunakanpendekatankuantitatif.TujuanpenelitianiniuntukmenganalisisbagaimanapengaruhpenggunaangadgetminatbelajardankecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjentahunajaran2016/2017.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIISdiSMAN1Kepanjenyangberjumlah128siswa.Teknikyangdigunakandalampengambilansampelpenelitianadalahproprotionalrandomsamplingdengansampelberjumlah97siswayangterdiridarikelasXIIIS1XIIIS2XIIIS3danXIIIS4.AnalisisdataregresilinierbergandadalampenelitianinimenggunakanSPSSforWindowsVersion23dengankriteriasignifikasi005.Hasilpadapenelitianinidapatdisimpulkan(1)terdapatpengaruhpositifantarapenggunaangadgetterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomitahunajaran2016/2017.(2)terdapatpengaruhpositifminatbelajarterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjenpadatahunajaran2016/2017.(3)terdapatpengaruhpositifkecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarsiswakelasXIIISpadamatapelajaranekonomidiSMAN1Kepanjenpadatahunajaran2016/2017.