Penerapan strategi cooperative learning tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) u8ntuk meninbgkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat ekonomi SMAN 9 Malang / Risha Amalia Widayati
Main Author: | Widayati, Risha Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39732/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidayatiRishaAmalia.2017.PenerapanStrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)UntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaKelasXLintasMinatEkonomiSMAN9Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.PrihHardintoM.Si.KataKunciCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)KeaktifanBelajarSiswaHasilBelajarSiswa.HasilpengamatanpengajaranekonomidiSMAN9Malangditemukanbeberapakelemahandalampembelajaranekonomidiantaranyahasilbelajarekonomiyangdicapaisiswabelumsesuaitargetyangdiinginkan.Halinidisebabkanolehfaktor-faktoryangmempengaruhihasilbelajarsiswakhususnyapadasiswakelasXB.1LintasMinat6semesterdalampembelajaranekonomiantaralain1)siswajarangmengajukanpertanyaanmeskipunguruseringmemberikesempatankepadasiswauntukbertanyatentanghal-halyangbelumdipahami2)keaktifansudahtampaktetapihanya2-4orangyangmampuberperanaktifdidalamkelas3)keaktifandalammengerjakansoalterutamayangberhubungandenganteoriekonomimerekaseringmalaskarenamerekalebihsukamenghitungdaripadateori4)sebagiansiswaterlihattidakmemperhatikanpenjelasanguru.Haltersebutmenyebabkanpengetahuandanpemahamansiswaterhadappembelajaranmenjadikurangmaksimal.Sehinggadiperlukanpembelajaranaktifyangdapatmengatasipermasalahantersebutyaitustrategicooperativelearningtipestudentfacilitatorandexplaining(SFE).Studentfacilitatorandexplaining(SFE)mengharapkansiswamemahamimateriyangdisampaikanolehgurukarenanantinyasiswaakandimintauntukmenjelaskankembalimateridenganpemahamanmerekaselainitujugamudahdilakukankarenasiswahanyadimintauntukmembuatpetakonsepdarimateriyangtelahdisampaikanolehguruuntukselanjutnyaakandipresentasikankepadasiswalainnya.Selainitugurujugaberperansebagaimotivatorassessorfasilitatordankorektorselamasiswadiskusimaupunberbicaradidepankelas.Selainitugurujugadapatmembuatpembelajaranlebihmenyenangkanjadisiswatidakakantidurselamapembelajaranberlangsung.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaanpembelajarandikelasXLintasMinatEkonomiSMAN9MalangpenerapanStrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)mampumeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswakelasXLintasMinatEkonomiSMAN9Malang.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).PenelitianTindakanKelas(PTK)inidiselenggarakandikelasXB.1LintasMinatEkonomi6Semesteryangberjumlah34siswaterdiridari12siswalaki-lakidan22siswaperempuanyangberalamatkandiJalanPuncakBorobudurNo1MalangJawaTimur.Hasilyangdigunakandalampenelitianinimenggunakanlembarobservasikeaktifansiswadokumentasicatatanlapangansoalpre-testdanpost-testdalamsetiapsiklus.Analisadatadalampenelitianinidilakukanmelaluibeberapatahapyaitumenyajikandatamereduksidatadanmenarikkesimpulan.Prosedurpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiempattahapanmeliputitahapperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilaksanakandikelasXLintasMinatEkonomiSMAN9Malangdapatdisimpulkanbahwa(1)KeterlaksanaanpembelajaranStrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)sebesar7625%denganketeranganbaikpadasiklusIdanmeningkatmenjadi9583%denganketeranganbaiksekalipadasiklusII(2)PenerapanStrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)mampumeningkatkankeaktifansiswarata-ratasebesar536%padasiklusIdenganketerangancukupaktifdanrata-rata85%padasiklusIIdenganketeranganaktif.(3)PenerapanStrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorandExplaining(SFE)mampumeningkatkanhasilbelajarsiswadenganrata-rata4352%padasoalpre-testdanrata-rata7764%padasoalpost-testsiklusI.Mengalamipeningkatanrata-ratamenjadi5058%padasoalpre-testdanrata-rata8676%padasoalpost-testsiklusII.Saranyangdapatpenulisberikandaripenelitianiniadalah(1)BagiguruekonomidapatmenerapkanstrategiCooperativeLearningTipeStudentFacilitatorAndExplaining(SFE)dalammengatasikeaktifandanhasilbelajar(2)Bagisekolahdenganhasilpenelitianinidapatmemberikaninformasiuntukmenciptakankondisipembelajaranyangmenarikdanmenyenangkansertamampumendorongparagurukhususnyaguruekonomiuntukmencobamenerapkanmodel-modelpembelajaranyangbaruuntukmeningkatkankualitasprosespembelajarandisekolah.(3)Bagipenelitiselanjutnyaberminatmenerapkanstrategicooperativelearningtipestudentfacilitatorandexplaining(SFE)dalampembelajaranekonomisupayameningkatkanpadakemampuanlainnyasepertikemampuanpemahamandankomunikasisertakemampuanpemecahanmasalah.MalangApril2017Penulis