Penerapan model debate dipadu dengan mopdel Numbered Heads Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016) / Yuliandy Rige Irawan

Main Author: Irawan, Yuliandy Rige
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/39675/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrawanYuliandyR.2016.PenerapanModelDebateDipaduDenganModelNumberedHeadsTogether(NHT)BerbasisLessonStudyUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaPadaMataPelajaranEkonomi(StudiKasusSiswaKelasXIIIS3SMANegeri1TumpangTahunAjaran2015/2016).Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AgungHaryonoS.E.M.P.Ak(II)Dr.Hj.LisaRokhmaniM.Si.KataKuncikeaktifandebatedannumberedheadstogether(NHT)BerdasarkanobservasiawalyangdilakukandiSMANegeri1TumpangpadakelasXIIIS3diketahuibahwapermasalahanyangdihadapidisekolahtersebutadalahprosespembelajaranyangditerapkangurusebagianbesardisajikandenganmodelceramahdanpemberiantugassertabelumditerapkannyastudipembelajaran(LessonStudy).Selainitupesertadidikmasihcenderungkurangmemperhatikanataumengamatipelajaranekonomidanbeberapapesertadidikbanyakyangkurangaktifataupasifdalamkeikutsertaanberpendapatdikelassehinggadiperlukansuatupembelajaranyangtepatmenarikdanmenyenangkanyaitumodeldebatedipadudenganmodelnumberedheadstogether(NHT)berbasislessonstudyyangdiharapkandapatmembantusiswauntukmeningkatkankeaktifansiswadalamprosespembelajaransertamembantupengembanganpengalamanprofesiguruuntukmenjadiguruprofesional.Penelitianinibertujuanuntukmendekripsikanpenerapanmodeldebatedipadudenganmodelnumberedheadstogether(NHT)berbasislessonstudyuntukmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajaranekonomi(studikasussiswakelasXIIIS3SMANegeri1Tumpangtahunajaran2015/2016.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)melaluilessonstudy.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIIS3SMANegeri1Tumpangdenganjumlahsiswa30orangyangterdiridari13siswalaki-lakidan17siswiperempuantahunajaran2015/2016.Datayangdigunakanadalahpenerapanmodeldebatedipadudenganmodelnumberedheadstogether(NHT)berbasislessonstudydaritelaahrencanapelaksanaanpembelajarandanlembarobservasidankeaktifansiswadarilembarobservasi.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasicatatanlapangandokumentasidanwawancara.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatankeaktifansiswakelasXIIIS3.HaliniditunjukkandenganpersentasehasilpeningkatankeaktifansiswasiklusIsebesar6963%danpadasiklusIImeningkat7778%.Demikiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodeldebatedipadudenganmodelnumberedheadstogether(NHT)berbasislessonstudydapatmeningkatkankeaktifansiswakelasXIIIS3SMANegeri1Tumpang.SaranuntukgurumatapelajaranEkonomibahwamodelinidapatdijadikanalternatifuntukmeningkatkankeaktifansiswa.