Pengaruh pemanfaatan media teknologi google, pemberian tugas, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di MAN Malang 1 / Miftachul Adlim
Main Author: | Adlim, Miftachul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39652/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdlimMiftachul.2016.PengaruhPemanfaatanMediaTeknologiGooglePemberianTugasdanMotivasiBelajarterhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasXIIISMANMalang1.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.MardonoM.Si(II)Drs.PrihHardintoM.SiKataKuncimediateknologiGooglepemberiantugasmotivasihasilbelajarBerdasarkanobservasiyangtelahdilakukandiMANMalang1masihbanyaksiswayangmemilikimotivasibelajarrendahdalammengerjakantugasyangdiberikanguruterutamadalammatapelajaranekonomi.MayoritassiswakelasXIIISdalammengerjakantugasmasihbanyakyangmencontektugasdarisiswalain.Bahkanketikagurumemberikantugaspenalaran(berpikir)ataustudikasusbanyaksiswatidakmengerjakandengankemampuanberpikirnyasendiri.Makadariitudiperlukanjugasuatuefektivitasdalampemberiantugassehinggameminimalisirsiswauntukmelakukanpenyimpangandalamprosespembelajaran.Pemberiantugasyangmenarikdanefisienjugasecaraotomatisakanmembuatmoodsiswadalammengerjakantugastinggisehinggameningkatkanmotivasibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanmediateknologiGooglepemberiantugasdanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIIISdiMANMalang1.Pendekatanyangdipakaidalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Jenispenelitianiniadalaheksplanasikarenabertujuanuntukmenjelaskantentangpengaruhvariabel-variabelyangditeliti.AdapunsubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIISMANMalang1yangberalamatkandiJalanBaiduriBulanno.40LowokwaruKotaMalang.AdapunkelasXIIISdiMANMalang1terdiridariduakelasyaitukelasXIIIS1yangberjumlah25siswadankelasXIIIS2yangberjumlah27siswa.Penelitimengambilsampeldarijumlahsiswasehinggaditemukansampelsejumlah46siswa.Penelitianinimenggunakanmetodeangket.Teknispenggunaanmetodeiniadalahdengancaramenyajikanlangsungdaftarpertanyaanyangberkaitandenganvariabelmediateknologigoogletugasbelajardanmotivasibelajar.SedangkandataprestasibelajardiambildarinilaiUlanganhariansemestergenaptahunajaran2015/2016yangdiambildarinilaikelasXIIIS1danXIIIS2diMadrasahAliyahNegeriMalang1.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwabesarnyapengaruhvariabelpemanfaatanmediateknologiGoogleterhadaphasilbelajarsiswasebesar213%.Besarnyapengaruhvariabelpemberiantugasterhadapvariabelhasilbelajarsiswadiketahuisebesar2794%.Sedangkanbesarnyavariabelmotivasibelajarterhadapvariabelhasilbelajarsiswadiketahuisebesar2416%.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasanyangtelahdipaparkanmakadapatditarikkesimpulanbahwaadanyapengaruhpemanfaatanmediateknologiGooglepemberiantugasdanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasXIIISdiMANMalang1.