Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Teams Games Tournament (TGT) dikolaborasikan dengan problem posing untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2015/2016

Main Author: Safitri, Anggun Nungki Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/39634/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafitriAnggun.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTeknikTeamsGamesTournament(TGT)DikolaborasikanDenganProblemPosingUntukMeningkatkanHasilBelajarPadaMataPelajaranEkonomiKelasXIIS4diSMANegeri1PagakKab.Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SapirS.SosM.Si(II)Drs.MardonoM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifTeknikTGT(TeamsGamesTournament)ProblemPosingHasilBelajarSiswa.Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranyangkurangmenarikyangmenyebabkansiswamerasabosandankurangnyaminatdalammengikutipembelajaran.BerdasarkanpengamatanpadasaatobservasiawaldiSMANegeri1Pagakmenunjukkanbahwagurusudahmenggunakanmetodemengajarseperticeramahtanyajawabmaupundiskusikelompokkecilnamunhasilbelajarsiswamasihbelummaksimal.BanyaksiswayangmasihmemperolehnilaidibawahKKM.Selainitusiswakurangaktifdalamprosespembelajarandikelassiswaengganbertanyajikakurangmengertitentangmateriyangdiberikanguru.Untukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukansebuahmodellebihmenggalikemampuansiswasehinggasiswadapatmengemukakanpengetahuanyangdimilikisertatidakhanyamenghafalmaterisajanamunjugadapatmenerapkannyadalamkehidupansehari-hari.ModelyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahModelKooperatifteknikTGTdikolaborasikandenganProblemPosing.PendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahkualitatifdesktriptifdanjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Pengumpulandatayangdigunakanyaituwawancaralembarobservasikegiatangurucatatanlapangantesdandokumentasi.Datayangdiujidalampenelitaniniadalahsoaltesdenganmenggunakanujivaliditasrealibilitasdananalisistingkatkesukaran.HasildarianalisisdatayangdilaksanakandiketahuibahwapenerapanPembelajaranKooperatifTeknikTGT(TeamsGamesTournament)dikolaborasikandenganProblemPosingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasXIIS4SMANegeri1Pagakyangdilihatdarihasilbelajarsiswaranahkognitifdanranahafektifsiswa.Padasiklus1presentaseketuntasanranahkognitifsebesar263%sedangkanpadasiklus2presentaseketuntasansebesar842%.PadahasilbelajarranahafektifpadasiklusIsebesar579%sedangkanpadasiklusIIsebesar947%.UntukmeningkatkanpenerapanmodelpembelajarantekhnikTGTdikolaborasikanProblemPosingdisarankankepadapihak-pihakyangterkaitdiantaranyayaitubagiguruagarmodelpembelajarankolaborasitekhnikTGTdanProblemPosingdapatdijadikansebagaialternatifdalampembelajaran.KeduabagisekolahdiharapkanagarmenyediakanfasilitasyangmendukungadanyamodelpembelajarantersebutantaralainLCDagarpelaksanaanmodelpembelajaranTGTdanProblemPosingdapatberjalanlancar.Ketigabagipenelitilaindiharapkandapatdigunakanolehpenelitilaindalammengembangkanpenelitianyangserupa.Selainmengukurhasilbelajarsiswadiharapkanagarmenelitiaspek-aspekyanglainselainhasilbelajar.