Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kel;as XI IPS SMA Negeri 2 Malang pada mata pelajaran ekonomi tahun 2015/2016 / Reizky Rino Dwi Prasetyo

Main Author: Prasetyo, Reizky Rino Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/39541/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrasetyoReizkyR.D.2016.PengaruhPersepsiSiswatentangKompetensiGuruEkonomidanLingkunganSekolahterhadapHasilBelajarSiswaKelasXIIPSSMANegeri2MalangpadaMataPelajaranEkonomiTahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.A.AliWafaM.Pd.(II)RoufahInayatiS.Pd.M.Pd.KataKuncipersepsikompetensigurulingkungansekolahhasilbelajarHasilbelajarsiswadipengaruhiolehfaktorinternalyangmeliputifaktorkesehatanpsikologisdankelelahansertafaktoreksternalyaitufaktorkeluargasekolahdanmasyarakat.Adapunfaktoryangditelitidalampenelitianiniadalahfaktorsekolahyangmeliputikompetensigurudanlingkungansekolah.Gurumemilikiperananpentingdalamprosespembelajaranhalinidikarenakanguruberinteraksilangsungdengansiswamerencanakanmelaksanakandanmengevaluasipembelajaran.Seoranggurudikatakanguruyangbaikapabilamemilikikemampuanataukompetensiyaituseperangkatkemampuansehinggadapatmewujudkankinerjakeguruannya.Kompetensitersebutmeliputikompetensikepribadianpedagogiksosialdanprofesional.Selainitulingkungansekolahyangbaikjugamemegangperananpentingbagiperkembanganbelajarparasiswa.Lingkungantersebutmeliputisaranapembelajaranprasaranapembelajarankurikulumsekolahstandarmatapelajarandisiplinsekolahwaktusekolahdanrelasisiswadenganwargasekolah.HasilbelajarsiswakelasXIIPSSMANegeri2Malangtergolongrendahyangdilatarbelakangikurangnyasemangatbelajarsiswa.Kurangnyasemangatbelajarinidisebabkanolehguruyangselalumenggunakanmodelpembelajaranyangkurangvariatifyangmembuatsiswamenjadibosandankurangberkonsenterasisaatbelajar.Hallainadalahfaktorkelelahanyangdisebabkanolehdurasiwaktusekolahyangpanjangyangtidakdiimbangiolehjamistirahatyangcukup.Halinimenyebabkansiswamenjadimalasbelajaryangberdampakpadahasilbelajaryangrendah.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri2Malangtahunajaran2015/2016yangberjumlah114siswa.PengambilansampeldalampenelitianiniberdasarkanrumusSlovindenganmenggunakanteknikrandomsamplingdandiperoleh89responden.Metodeanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinierberganda.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahangket/kuesionerdandokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatpengaruhpersepsisiswatentangkompetensiguruEkonomi(X1)terhadaphasilbelajarsiswa(Y)sebesar404%dandiperolehnilaisignifikansisebesar0000945(005).(2)Terdapatpengaruhpersepsisiswatentanglingkungansekolah(X2)terhadaphasilbelajarsiswa(Y)sebesar275%dandiperolehnilaisignifikansisebesar0002945(005).(3)TerdapatpengaruhpersepsisiswatentangkompetensiguruEkonomi(X1)danlingkungansekolah(X2)terhadaphasilbelajarsiswa(Y)sebesar679%dandiperolehnilaisignifikansisebesar0000945(005).Saranyangdiajukanadalah(1)bagiguruEkonomidiharapkanterusmengembangkankemampuandankompetensikeguruannyamelaluipelatihan-pelatihanagargurudapatmenjalankantugasdengansebaik-baiknyasehinggamenimbulkanpersepsiyangpositifpadasiswasehinggatujuanpembelajarantercapai.(2)BagiSMANegeri2Malangdiharapkandapatterusmeningkatkankualitaslingkungansekolahbaikdarisegifisikmaupunnonfisikdemitercapainyalingkungansekolahyangkondusifdanakademisuntukmendorongsiswaberprestasi.Halyangsangatpentingdanperluditingkatkanadalahpenggunaanataupemanfataanfasilitasbelajarbagisiswadangurusehinggakondisisaranadanprasaranabelajaryangsudahbaikdanlengkaptersebutdapatdimanfaatkandenganbaikuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Disiplinsekolahperluditingkatkansepertipengawasanyanglebihintensifterhadapkedisiplinansiswa.Waktusekolahsebaiknyadiaturlebihlanjutterutamapenetapanwaktuistirahatsehinggadenganalokasiwaktuistirahatyangcukupsiswadapatkembalisiapuntukmenerimamateripelajaranberikutnya.(3)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyadapatmengembangkanvariabelpenelitiansehinggapenelitianmenjadilebihbaiklagi.Penelitimenyarankanpenelitiselanjutnyauntukmengembangkanvariabelselainkompetensigurudanlingkungansekolahyangmerupakanfaktoreksternalyangmempengaruhihasilbelajarjugamenelitifaktorinternalsepertikeadaanfisikdanpsikologisiswa.