Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan pemberian reward berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X lintas minat ekotansi 5 SMA Negeri 2 Batu semester genap tahun

Main Author: Setyawan, Bagus Panggalih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/39540/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyawanBagusPanggalih.2016.PenerapanModelPembelajaranStudentFacilitatorandExplaining(SFE)denganPemberianRewardBerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanKeaktifandanPrestasiBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiKelasXLintasMinatEkotansi5SMANegeri2Batu.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AgungHaryonoSE.M.P.Ak.(2)Drs.H.SapirS.sosM.Si.KataKunciStudentFacilitatorandExplaining(SFE)RewardLessonStudyKeaktifanBelajarSiswaPrestasiBelajarSiswa.Kurikulum2013menganjurkanbagiparaguruuntukmelaksanakanprosespembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered).Sejalandenganhaltersebutmodelpembelajaranyangdigunakanolehguruharusdapatmemacuantusiassiswadalammengikutiprosespembelajaranyangdiharapkanmampumeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswa.StudentFacilitatorandExplaining(SFE)denganpemberianrewardmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangakanmemberikanperanyanglebihkepadasiswayangdimanasiswadituntutuntukmenjelaskankembalimaterikepadasiswayanglaindidepankelas.BagisiswayangberanimenerapkanSFEdidepankelasakanmendapatrewarddariguruberupapoin.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahketerlaksanaanmodelSFEdapatberjalandenganbaikjikaditerapkansertauntukmengetahuibahwapenerapanmodelpembelajaranSFEmampumeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranEkonomidikelasXLintasMinatEkotansi5SMAN2Batu.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)danberbasislessonstudy.Datadaripenelitianinimenggunakaninstrumenlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranlembarobservasikeaktifanbelajarsiswadokumentasilembarlessonstudyreportsoalpre-testdanpost-test.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilaksanakandikelasXLintasMinatEkotansi5SMAN2Batudapatdisimpulkanbahwa(1)PenerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplainingdenganpemberianRewardberbasisLessonStudypadamatapelajaranekonomiberjalandenganbaiksesuaitujuanpembelajaranyangtelahditentukan.(2)PenerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplainingdenganpemberianRewardberbasisLessonStudydapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi.(3)PenerapanmodelpembelajaranStudentFacilitatorandExplainingdenganpemberianRewardberbasisLessonStudydapatmeningkatkanprestasibelajarsiswapadamatapelajaranekonomi.Saranyangdapatpenulisberikandaripenelitianiniadalah(1)BagigurudapatmenerapkanmodelSFEdenganpemberianrewarduntukmemecahkanmasalahkeaktifandanbelajarsiswa.(2)BagipenelitiselanjutnyasilahkanuntukmenerapkanmodelpembelajaranSFEdenganmemodifikasisesuaidengankarakterdankondisisiswa.