Penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dipadukan dengan mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Taman Madya Malang / Alfi Surya Prastiwi Putri

Main Author: Putri, Alfi Surya Prastiwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/39527/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriAlfi.2016.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTeknikSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)DipadukanDenganMindMappingUntukMeningkatkanHasilBelajarPadaMataPelajaranEkonomiKelasXIISdiSMATamanMadyaMalang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SapirS.SosM.Si(II)Drs.MardonoM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifTeknikSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)MindMappingHasilBelajarSiswa.Penelitianinidilatarbelakangiolehpembelajaranyangkurangmenarikyangmenyebabkansiswamerasabosandankurangnyaminatdalammengikutipembelajaran.BerdasarkanpengamatanpadasaatobservasiawaldiSMATamanMadyaMalangmenunjukkanbahwagurusudahmenggunakanmetodemengajarseperticeramahtanyajawabmaupundiskusikelompokkecilnamunhasilbelajarsiswamasihbelummaksimal.BanyaksiswayangmasihmemperolehnilaidibawahKKM.Selainitusiswakurangaktifdalamprosespembelajarandikelassiswaengganbertanyajikakurangmengertitentangmateriyangdiberikanguru.Untukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukansebuahmodellebihmenggalikemampuansiswasehinggasiswadapatmengemukakanpengetahuanyangdimilikisertatidakhanyamenghafalmaterisajanamunjugadapatmenerapkannyadalamkehidupansehari-hari.ModelyangsesuaidenganpermasalahantersebutadalahMetodeKooperatifteknikSTADdipadukandenganMindMapping.PendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahkualitatifdesktriptifdanjenispenelitianyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilaksanakansebanyakduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Pengumpulandatayangdigunakanyaituwawancaralembarobservasikegiatangurucatatanlapangantesdandokumentasi.Datayangdiujidalampenelitaniniadalahsoaltesdenganmenggunakanujivaliditasrealibilitasanalisistingkatkesukarandananalisisdayapembedasoal.HasildarianalisisdatayangdilaksanakandiketahuibahwapenerapanPembelajaranKooperatifTeknikSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)dipadukandenganMindMappingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasXIISSMATamanMadyaMalangyangdilihatdarihasilbelajarsiswaranahkognitifdanranahafektifsiswa.Padasiklus1presentaseketuntasansebesar533%sedangkanpadasiklus2presentaseketuntasansebesar866%.PadahasilbelajarranahafektifpadasiklusIsebesar786%sedangkanpadasiklusIIsebesar92%.UntukmeningkatkanpenerapanperpaduanmodelpembelajaranSTADdanMindMappingdisarankankepadapihak-pihakyangterkaitdiantaranyayaitubagguruagarmodelpembelajaranSTADdanMindMappingdapatdijadikansebagaialternatifdalampembelajaran.KeduabagisekolahdiharapkanagarmenyediakanfasilitasyangmendukungadanyamodelpembelajarantersebutantaralainLCDkertaskosongdanpensilwarnaagarpelaksanaanmodelpembelajaranSTADdanmindmappingdapatberjalanlancar.Ketigabagipenelitilaindiharapkandapatdigunakanolehpenelitilaindalammengembangkanpenelitianyangserupa.Selainmengukurhasilbelajarsiswadiharapkanagarmenelitiaspek-aspekyanglainselainhasilbelajar.