Pengaruh disiplin belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Singosari semester gasal tahun ajaran 2015/2016 / Itta Iffati Farichah
Main Author: | Farichah, Itta Iffati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39517/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFarichahIttaIffati.2016.PengaruhDisiplinBelajarPemanfaatanPerpustakaanSekolahdanPerhatianOrangTuaTerhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranEkonomiSemesterGasalKelasXIIISSMANegeri1SingosariTahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.LisaRokhmaniM.Si(II)Drs.Ir.YohanesHadiSoesiloS.Th.M.Div.M.EKataKunciDisiplinBelajarPemanfaatanPerpustakaanSekolahPerhatianOrangTuaHasilBelajarBanyakGurumulairesahdenganhasilbelajarsiswasebabbanyakanakdidiknyayangbelummaksimaldalammengerjakantugasmaupunujian.BerdasarkanhasilobservasiyangtelahdilakukandiSMANegeri1Singosaridisiplinbelajarpesertadidikberbeda-beda.SMANegeri1Singosaritelahmelakukanbeberapasanksiyangtegasuntukmenanggulangipesertadidikyangmelanggardisiplinsekolah.PerpustakaansekolahyangdimilkiSMANegeri1SingosarimemilikisistempengelolaanperpustakaanyangbaikselainitudiperpustakaanSMANegeri1Singosaridilengkapidenganwifidansemuapesertadidikmemilikihakyangsamauntukmemanfaatkannya.NamunsiswaSMANegeri1Singosarimeminjambukudiperpustakaanhanyaketikaadanyatuntutandariguruuntukmeminjambukubukankarenakesadaranpesertadidiksendiri.Selainituperhatianorangtuapesertadidikmasihdirasakurangbeberapapesertadidikmemilikimasalahdalamkeluargakhususnyaorangtuayangmembuatpesertadidiktidakfokusdalambelajar.Berdasarkanobservasi70%siswamemperolehhasilbelajardibawahKKM.Secarateoridisiplinbelajarpemanfaatanperpustakaansekolahdanperhatianorangtuasangatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaipengaruhdisiplinbelajarpemanfaatanperpustakaansekolahdanperhatianorangtuaterhadaphasilbelajarsiswa.Penelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganjeniseksplanasi.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)ApakahadapengaruhdisiplinbelajarterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(2)ApakahadapengaruhpemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(3)ApakahadapengaruhperhatianorangtuaterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(4)ApakahadapengaruhdisiplinbelajarpemanfaatanperpustakaansekolahdanperhatianorangtuaterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari.Populasidalampenelitianinisebesar106siswadari3kelasXIIISyangkemudianpengambilansampelnyamenggunakanteknikProportionalRandomSamplingdenganmenggunakanrumusslovinsehinggadiperoleh83responden.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifanalisisregresilinierbergandaujiasumsiklasikdanujihipotesisdenganmenggunakanbantuanSPSSForWindows16dengantarafsignifikasisebesar005.Hasildaripenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)terdapatpengaruhyangsignifikandisiplinbelajarterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(2)terdapatpengaruhyangsignifikanpemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(3)terdapatpengaruhyangsignifikanperhatianorangtuaterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari(4)terdapatpengaruhyangsignifikandisiplinbelajarpemanfaatanperpustakaansekolahdanperhatianorangtuaterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasXIIISSMANegeri1Singosari.HasilbelajardalampenelitianiniadalahnialiUTS.Berdasarkankesimpulanpenelitianmakapenulismerekomendasikansaransaransebagaiberikut(1)Menerapkandisiplinansekolahseharusnyamenyangkutsemuawargasekolah(2)Gurusebaiknyamenanamkannilainilaikedisiplinandalamprosespembelajarandenganmelaksanakantatatertibdanmemberikansanksiyangtegasbagisiswayangmelanggardisiplinbelajar(3)Menerapkandisiplindalambelajarsudahseharusnyadilakukanolehsiswasalahsatucaramenerapkankedisiplinandalambelajaryaitumenerapkandisiplindalambelajardirumahmaupundisekolahmengunjungiperpustakaanuntukmembacabukuataumeminjambahanpustakayangmenunjangmateripembelajaran.(4)Orangtuasebaiknyamemberikanperhatianyanglebihdalamhalpendidikananaksalahsatucaranyayaitudenganmemenuhikebutuhanbelajaranakmembimbingmengawasidanmemotivasibelajaranakmemberisolusiketikaanakmengalamikesulitanbelajardanmelakukankontakdenganpihaksekolah.