Perpaduan penerapan model think pair share dengan mind mapping berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X AK 3 di SMK Negeri 1 Pasuruan semester genap tahun ajaran 2015/2016 / Widya Rahmaniar
Main Author: | Rahmaniar, Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39516/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahmaniarWidya.2016.PerpaduanPenerapanModelThinkPairShareDenganMindMappingBerbasisLessonStudyUntukMeningkakanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranPengantarEkonomiDanBisnisKelasXAK3DiSMKNegeri1PasuruanSemesterGenapTahunAjaran2015/2016.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HjLisaRokhmaniM.Si(II)Dr.AgungHaryonoS.EM.P.A.k.KataKunciThinkPairShareMindMappingLessonStudyHasilBelajarSiswaUpayapemerintahdalammeningkatkanmutupendidikandengancaramemperbaikikurikulumyangadadengandilaksanakannyakurikulum2013tidaksertamertamenjadikanprosesbelajarmengajarberhasil.Adapunpemikiranlamabahwasannyaketerlaksanaankurikulumtergantungpadaguruyangberperansebagaiperencanaprosespembelajarandanmemunculkanpemahamanbahwagurusebagaifaktorpenentukeberhasilanpembelajaran.Halinimengakibatkangurusebagaicenteroflearning.Padadasarnyaketerlaksanaankurikulum2013tergantungpadaprosespembelajaranyangadadikelasantaragurudansiswasertayangmenjadisasaranutamaadalahprosespembelajaransiswa.Adanyapenerapanstrategiyangtepatefektifdanefisiensertamenyenangkandapatmemotivasisiswauntukmengikutipelajarandenganbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajarnya.Jikapembelajarandikelasantaragurudansiswadilakukandenganbaikdanmencapaitujuanyangdiharapkanmakadapatterwujudkeberhasilanpembelajarandikelasyangdapatmendorongkeberhasilanketerlakasanaankurikulum2013.FaktanyadiSMKNegeri1PasuruanditemuibeberapapermasalahanyangmenyebabkankurangberhasilnyaprosespembelajarandikelaskhususnyadikelasXAK3padamatapelajaranpengantarekonomidanbisnisdimanaprosespembelajaranyangberlangsungmasihkonvensionalmonotondanmetodemengajargurukurangbervariasi.Guruhanyamenerapkanceramahpadatiappertemuan.HalitumenjadikansiswabosankurangtermotivasidanpasifsehinggamerekatidakdapatmengikutipelajarandenganbaikdanmenyebabkanhasilbelajarsiswarendahsebagianbesardibawahKKMdenganpersentasesebesar6470%.Siswamerasakesulitanmemahamimateriyangdisampaikangurukarenaharusmendengarkanmencatatmemperhatikandanmemahamipenjelasangurudalamsatuwaktu.BerdasarkanpermasalahantersebutusahadanupayayangharusdilakukanguruyaitumengkajiprosespembelajaranyangadadenganmenggunakanmetodeyangtepatdengansasaranutamanyayaituprosespembelajaransiswaagardapatmemperolehhasilyangmemuaskandantercapaitujuanpembelajaranyaitudenganperpaduanpenerapanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudy.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmendeskripsikandanmenganalisisperpaduanpenerapanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudyuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranpengantarekonomidanbisniskelasXAK3SMKN1Pasuruan.(2)MengetahuipenngkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranpengantarekonomidanbisnissetelahditerapkanperpaduanmodelThinkPairSharedenganMindMappingdikelasXAK3SMKN1Pasuruan.(3)UntukmengetahuiresponsiswaterhadapperpaduanpenerapanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudypadamatapelajaranpengantarekonomibisniskelasXAK3diSMKN1Pasuruan.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasdenganpendekatankualitatif.Penelitianinidilaksanakandalam2siklusdengansubjekpenelitianyaitusiswakelasXAK3diSMKN1Pasuruantahunajaran2015/2016.Datayangdiperolehberupahasilbelajarranahkognitifdanafektifsiswa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasilessonstudylembarobservasikegiatansiswasoalteslembarcatatanlapanganlembarpenilaianafektifsiswapedomanwawancaradanangketresponsiswa.BerdasarkandatayangdiperolehdiketahuibahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsiswakelasXAK3padaranahkognitifdenganpersentasesiklusIsebesar71%dansiklusIIsebesar9412%.KetuntasanhasilbelajarsiswaranahkognitifjugamengalamipeningkatandarisiklusIsebesar72%dansiklusIIsebesar92%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwaperpaduanpenerapanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudydapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranpengantarekonomidanbisnissiswakelasXAK3diSMKN1Pasuruan.Adapunsarandalampenelitianiniyaitu(1)GurumatapelajaranpengantarekonomidanbisnisSMKN1PasuruandisarankanuntukmencobamenerapkanperpaduanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudyagargurulebihbervariasidalammemberikanpelajaransehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(2)PerpaduanpenerapanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudydapatdijadikanpertimbanganolehpihaksekolahuntukmemperbaikiprosespembelajaranyangberlangsungdengandilakukanpembinaantentangteknik-teknikpembelajarandalamrangkameningkatkankualitasdanmutupembelajaran.(3)PenerapanperpaduanmodelThinkPairSharedenganMindMappingberbasisLessonStudydapatmenjadimasukanuntukpenelitilainuntukmelakukanpenelitianserupadenganwaktusubjekdanlokasipenelitianyangberbedaatausebagaibahanpertimbangandenganmodeldanmetodeyanglain.