Penerapan model pembelajaran cooperative learning metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kesamben / Silky Roudhotus Sa'adah
Main Author: | Sa'adah, Silky Roudhotus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39501/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaadahSilkyRoudhotus.2015.PenerapanModelPembelajaranCooperativeLearningMetodeTeamsGamesTournament(TGT)UntukMeningkatkanMinatDanHasilBelajarMataPelajaranEkonomiSiswaKelasXIIIS3SMANegeri1Kesamben.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.Hj.SriUmiMintartiWS.EM.PAk(II)Drs.SapirS.SosM.SiKataKunciCooperativeLearningMetodeTeamsGamesTournament(TGT)MinatHasilBelajarPendidikanmenjadiujungtombakdalammencetakgenerasibaruyangberkualitassesuaistandaryangtelahditetapkan.Prosespembelajaranyangberhasilbisadilihatdariminatsiswaakansuatumatapelajarantinggisehinggahasilbelajarsiswaitubagus.Hasilbelajaryangmaksimaldiperolehdaripemahamansiswaakanmateriyangdisampaikanolehgurutersebut.Hasilbelajardiperolehpadaakhirprosespembelajarandanberkaitandengankemampuansiswamenyerappelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)peningkatanminatbelajarekonomisetelahditetapkanmodelkooperatifTGTdan(2)peningkatanhasilbelajarekonomisetelahditetapkanmodelpembelajarankooperatifTGT.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiankualitatifbersifatdeskriptifanalitik.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.instrumenyangdigunakanyaknilembarobservasiangketdansoalpretestdanposttest.SubjekpenelitiankelasXIIIS3SMAN1KesambenObjekPenelitianPembelajarankooperatifTGT.Penlitianinimenggunakan2siklus.HasilbelajarkelasXIIIS3SMANegeri1KesambenmeningkatsetelahdilakukanmetodepembelajaranTeamGamesTournemnt(TGT).Terlihatpeningkatanpadahasilpostesmasing-masingsiklus.Padahasilpreteshanyaada1siswasajayangtuntas.Kemudianpadahasilpostes1padasiklus1presentaseketuntasannaikmenjadi41.2%.Kenaikantidakterlalubesarpadahasilposteske2presentaseketuntasansebanyak47%yaituhanyanaiksebanyak5.8%saja.Namunhasilterlihatsignifikanpadaposteske3yaitunaikdari47%menjadi91.2%presentasekenaikansebanyak44.2%.MinatbelajarkelasXIIIS3SMANegeri1Kesambenmengalamikenaikan.SaranpenelitibagigurumatapelajaranekonomidiSMANegeri1KesambendisarankanagargurudapatmenerapkanmetodeTGTinidikelasuntukdigunakansebagaivariasidalammetodepembelajaran.BagiPenelitiyanglaindisarankanuntukmencobapadamateriataupunmatapelajaranyanglaindandisekolahyangberbedasehinggadapatdihunakanuntukmelihatsejauhmanakeberhasilanmodelpembelajaranTGTiniapabiladiterapkanpadakondisiyangberbeda.Bagisekolahdisarankanuntukmengenalkanmetodepembelajaranpadaguru-guruyangmengajarmatapelajaranselainekonomiagardigunakansebagaivariasipembelajaranyangbisaditerapkandalamprosespengajarandikelas.8195