Pengaruh minat belajar dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII Taman Siswa Turen tahun ajaran 2014/2015 / Amilya Fitria Ningrum

Main Author: Ningrum. Amilya Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/39433/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriaNingrumAmilya.2015.PengaruhMinatBelajardanKedisiplinanBelajarSiswaTerhadapHasilBelajarSiswaMataPelajaranEkonomiKelasVIIISMPTamanSiswaTuren.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.PembimbingI.Dr.ImamMukhlisSE.M.SiII.Dr.Hj.LisaRokhmaniM.SiKataKunciMinatBelajarKedisiplinanSiswaHasilBelajarMinatbelajaradalahsuaturasalebihsukadanrasaketertarikanpadasuatuhalatauaktivitastanpaadayangmenyuruh.Kedisiplinanbelajaradalahsikapmentalyangtercermindalamperbuatantingkahlakuperorangankelompokataumasyarakatberupakepatuhanatauketaatanterhadapperaturanketentuanetikanormadankaidahyangberlaku.HasilbelajarbelajaritusendiridiambildariujiantengahsemesterdarigurumatapelajaranekonomikelasVIIISMPTamanSiswaTuren.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuipengaruhminatbelajarsiswaterhadaphasilBelajarSiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014(2)UntukmengetahuipengaruhkedisiplinanbelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014(3)UntukmengetahuipengaruhminatbelajardankedisiplinanbelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014.Hipotesisdaripenelitianiniadalah(1)AdapengaruhminatbelajarberepengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014.(2)AdapengaruhkedisiplinanbelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014.(3)AdapengaruhminatbelajardankedisiplinanbelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTAMANSISWATURENtahunajaran2013/2014Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanbersifateksplanasikarenabertujuanmenjelaskanadatidaknyapengaruhdanbesaranpengaruhantaravariabelbebasterhadapvariabelterikat.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPTamanSiswaTurenyangberjumlah311siswa.Pengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikrandomsamplingyangmanasampeldiambilsecaraacak.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksplanasidenganteknikanalisisregresiberganda.Variabelpenelitianantaralainminatbelajar(X_1)kedisiplinanbelajar(X_2)danhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi(Y).Teknikpengambilandatamenggunakanangketdandokumentasi.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigakesimpulan(1)adapengaruhantaravariabelminatbelajarterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIISMPTamanSiswaTurendalamkategoritinggiyaitusebanyak642%.Halinimenunjukkanbahwasemakintinggiminatbelajarsemakintinggipulahasilbelajar(2)adapengaruhantaravariabelkedisiplinansiswaterhadaphasilbelajarkelasVIIISMPTamanSiswaTurendalamkategoritinggiyaitusebanyak4625%.Halinimenunjukkanbahwasemakintinggikedisiplinanbelajarsemakintinggipulahasilbelajar(3)adapengaruhminatbelajardankedisiplinanbelajarvariabel-variabeltersebutsecarabersama-samamempengaruhihasilbelajarmatapelajaranekonomisiswakelasVIIISMPTamanSiswaTurendalamkategorirendahyaitusebanyak39%.Sarandaripenelitianiniadalah(1)BagiGurudisarankanuntuklebihmembuatprosespembelajaranpadamatapelajaranEkonomikelasVIIISMPTamanSiswaTurenlebihmenarikdenganmenggunakanmodel-modelbelajaryangmenariksesuaidenganmateriyangakandisampaikandenganbegitusiswaakanlebihsenangsemangatdantertarikdalammengikutimatapelajaranekonomikarenadenganperasaansenangsemangatyangtinggidanketertarikansiswajugadapatmempengaruhihasilbelajaryangbaik.(2)Bagipenelitiselanjutnydiharapkandapatmemperluasdanmencarivariabellaindiluarvariabelyangdigunakanpenelitikarenapadadasarnyabanyakvariabelyanglainyangbisamempengaruhihasilbelajarsiswasehinggapenelitiselanjutnyadapatmengungkapkanlebihbanyakpermasalahantentangvariabel-variabelyangberpengaruhhasilbelajarmemberikanhasildaritemuanpenelitianyanglebihberartidanlebihbermanfaatlagibagisemuapihak.