Pengaruh cara belajar siswa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 19 Malang / Rizki Risa Margiana
Main Author: | Margiana, Rizki Risa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39366/ |
Daftar Isi:
- MargianaRizkiRisa.2013.PengaruhCaraBelajarSiswadanPemanfaatanTeknologiInformasiTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiKelasVIIISMPN19Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MardonoM.Si(II)Drs.PrihHardintoM.SiKatakuncicarabelajarsiswapemanfaatanteknooggiinformasihasilbelajarBelajarmerupakanfaktoryangpentingdalamprosespendidikankarenabelajarmerupakankegiatanpokokdalamprosestersebut.Keberhasilanseoranggurudalamkegiatanpembelajaranditentukanjugaolehkemampuangurudalammenyampaikanmateri.Sepertiguruharusmengetahuicarabelajarsiswadantujuanpengajaranyangtepatkelengkapansumber-sumberbelajarsertapemanfaatanteknologiinformasisebagaisalahsatualternatifsumberbelajarsiswa.Carabelajarsiswaadalahrangkaiankegiatanyangdilaksanakandalamusahabelajarnya.PenggunaaninternetsebagaisalahsatukemajuanTeknologiInformasidapatberpengaruhdalampendidikan.Mediapembelajaranyangtakkalahpentingnyauntukdigunakanyaknimediaberbasisinternet.Untukmengetahuifokusdaripenelitianinimakapenelitimerumuskanmasalahsebagaiberikut.(1)BagaimanapengaruhcarabelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIISMPN19Malang.(2)BagaimanapengaruhpemanfaatanteknologiinformasiterhadaphasilbelajarsiswapadamatapeajaranekonomikelasVIIISMPN19Malang.(3)BagaimanapengaruhantaracarabelajarsiswadanpemanfaatanteknoogiinformasiterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIISMPN19Malang.Dalampenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif.Denganmenggunakanpengumpulandataberupametodeangketdanmetodedokumentasi.Sedangkanuntukteknikanalisisdatayangdigunakanmeliputianalisisdeskriptifujinormalitasregresilinierbergandaujiasumsisklasikdanpengujianhipotesis.AnalisisregresilinierbergandauntukmengetahuibesarnyapengaruhantaracarabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasiterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIISMPN19Malang.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwasecaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarpadacarabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasi.SedangkansecarasimultandarihasilujiFdiketahuibesaranprobabilitasmenunjukkanbahwacarabelajarsiswadanpemanfaatanteknologiinformasiterdapatpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajar.Kesimpulanyangdapatdiambildalampenelitianiniadalah(1)Terdapatpengaruhyangsignifikancarabelajarsiswaterhadaphasilbelajarsiswa(2)Terdapatpengaruhyangsignifikanpemanfaatanteknologiinformasiterhadaphasilbelajarsiswa(3)Terdapatpengaruhyangsignifikancarabelajarsiswadanpemanfaatanteknoogiinformasiterhadaphasilbelajarsiswa(4)variabelyangpalingberpengaruhdalamhasilbelajarsiswaadalahvariabelX1yaitucarabelajarsiswa.Makasaranyangdapatdiajukanadalah(1)Guruhendaknyaselalumengkoordinirdanmengontrolsiswadalamkaitannyadengankegiatanbelajaryangdiakukandanbagaimanasiswadapatmemanfaatkanteknologiinformasidenganbaikdanbenar.Sehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarbagisiswasecaraterarahdanterusmenerus.(2)Hendaknyasiswamembiasakandiriuntukterusbelajarsebagaisuatukebutuhansehinggaakantertanammotivasibelajaryangtinggiuntukterusbelajar.(3)Bagipenelitilaindiharapkandalammelakukanpenelitiantidakhanyamemfokuskanpadacarabelajarsiswadanpemanfaatantenologiinformasitetapijugavariabel-variabellain.