Manajemen ekstrakurikuler keagamaan mentoring fresh time sebagai upaya membentuk kepribadian siswa (studi kasus di SMP IT Al-Hikmah Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar) / Agustin Nela Nurindah Sari

Main Author: Sari, Agustin Nela Nurindah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3933/
Daftar Isi:
  • ivABSTRAKSariAgustinNelaNurindah.2015.ManajemenEkstrakurikulerKeagamaanMentoringFreshTimeSebagaiUpayaMembentukKepribadianSiswa(StudiKasusdiSMPITAl-HikmahBenceKecamatanGarumKabupatenBlitar).Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd(II)Dr.H.A.YusufSobriS.SosM.PdKataKuncimanajemenekstrakurikulermentoringfreshtimekepribadianSekolahmerupakansalahsatudaribanyaksaranauntukmendapatkanpendidikan.Seluruhkegiatanyangadadisekolahbaikituyangberkenaandenganpengajarantenagakependidikansarana-prasaranakeuanganhubungansekolahdenganmasyarakatmaupunlayanankhususpendidikansemuanyadiarahkanuntukpesertadidikagarpesertadidikmendapatkanlayananpendidikan.Sekolahhendaknyamengeloladenganbaikpengaturanpesertadidikagarpesertadidikmendapatkanpelayananyangoptimal.Adanyalayanankhusussiswadisekolahmerupakanbentukpelayananyangdiselenggarakanolehsuatulembagapendidikan.Salahsatubagiandarilayanankhususyangadadisekolahyaituekstrakurikuler.Denganmengikutikegiatanekstrakurikulerinidiharapkansiswadapatmengetahuidanmengembangkankemampuanyangsesuaidenganbakatdanminatmerekasehinggaakanbermanfaatbagidirimerekasendiridimasayangakandatang.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikansejarahberdirinyaekstrakurikulermentoringfreshtime(MFT)proseskegiatanekstrakurikulerMFTbidang-bidangyangdipelajaridalamkegiatanekstrakurikulerMFTdancaramembentukkepribadiansiswadalamkegiatanekstrakurikulerMFTdiSMPITAL-HikmahBenceGarumBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.LokasipenelitianiniterletakdiDesaBenceGarumkabupatenBlitar.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidenganreduksidatadisplaydatadanverifikasidata.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancarapeningkatanketekunandalampenelitianmenggunakanbahanreferensidanmembercheck.HasiltemuanpenelitianiniadalahpertamasejarahdanalasanmemilihekstrakurikulerMFTsebagaiekstrakurikulerdiSMPITAl-HikmahyaituekstrakurikulerMFTdiSMPITAl-HikmahtelahmenjadikegiatankeagamaanyangwajibdiikutiolehseluruhsiswapenanamanakidahislamyangbenarterhadapsiswaSMPITAl-Hikmahforumbebasuntukanak-anakbelajarberpendapatdilakukanvolehsiswadalambentukkelompok-kelompokyangsetiapkelompoknyaakandidampingiolehsatugurupembimbingsebagaicirikhasdarisekolahITyangmerupakankepanjangandariIslamTerpadu.KeduaprosesmanajemenekstrakurikulerkepalasekolahmendelegasikankepadawakakesiswaanuntukmengaturkegiatanmentorperencanaanekstrakurikulerMFTdilakukanpadaawaltahunpelajaransiswabarupadakelas1materiyangditekankanadalahtentangadaptasikelas2materiyangditekankanadalahtentangpenataanhatisedangkanuntukkelas3materiyangditekankanadalahmemilihstudilanjut.Pelaksanaankegiatanmengacupadaprogramyangtelahdisusundiawalsemester.Setiapadakegiatanbiasanyalangsungdievaluasievaluasidilakukandengansharingbebas.Ketigabidang-bidangdalamkegiatanekstraMFTberupapergaulanremajamenurutislamcarabelajaryangefektifdanmemilihstudilanjut.KeempatcaramembentukkepribadiansiswadalamkegiatanekstrakurikulerMFT.Berdasarkanhasiltemuanpenelitiantersebutdiberikansaransebagaiberikut.KepalaSMPITAl-HikmahBenceseyogyanyameningkatkanpengawasanyangberkaitandenganPembinapenguruskegiatandanprogramkerjayangadabagiWakaKesiswaandiSMPITAl-HikmahdiharapkanmeningkatkanmenumbuhkandanmempertahankankarakterkeagamaandansemangatpadapenanggungjawabgurumentordanseluruhpengurussertaseluruhsiswaanggotaMFT.PenanggungjawabekstraMFTdiSMPITAl-HikmahBencediharapkanmenyusunprogramkerjayangsesuaidengankondisidankarakterkeagamaan.GurumentorekstrakurikulerMFTdiSMPITAl-HikmahBenceuntukmengisikajianrutinyangtelahdijadwalkandengantertibagarseluruhsiswamendapatkanmanfaatilmuagamaIslamyangmemadai.BagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikanFIPUMhasilpenelitianinidiharapkandapatmenjaditambahanreferensipadajurusanAdministrasiPendidikanterkaitmanajemenpesertadidikkhususnyamanajemenekstrakurikulersekolah.Bagipenelitilainhasilpenelitianinidiharapkandapatmenjadireferensikajianinspirasidanmasukanbagipenelitiselanjutnyadalammenyusunkaryatulistentunyadengantopicberbedadanlebihmendalam.