Manajemen ekstrakurikuler keagamaan mentoring fresh time sebagai upaya membentuk kepribadian siswa (studi kasus di SMP IT Al-Hikmah Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar) / Agustin Nela Nurindah Sari
Main Author: | Sari, Agustin Nela Nurindah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/3933/ |
Daftar Isi:
- ivABSTRAKSariAgustinNelaNurindah.2015.ManajemenEkstrakurikulerKeagamaanMentoringFreshTimeSebagaiUpayaMembentukKepribadianSiswa(StudiKasusdiSMPITAl-HikmahBenceKecamatanGarumKabupatenBlitar).Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd(II)Dr.H.A.YusufSobriS.SosM.PdKataKuncimanajemenekstrakurikulermentoringfreshtimekepribadianSekolahmerupakansalahsatudaribanyaksaranauntukmendapatkanpendidikan.Seluruhkegiatanyangadadisekolahbaikituyangberkenaandenganpengajarantenagakependidikansarana-prasaranakeuanganhubungansekolahdenganmasyarakatmaupunlayanankhususpendidikansemuanyadiarahkanuntukpesertadidikagarpesertadidikmendapatkanlayananpendidikan.Sekolahhendaknyamengeloladenganbaikpengaturanpesertadidikagarpesertadidikmendapatkanpelayananyangoptimal.Adanyalayanankhusussiswadisekolahmerupakanbentukpelayananyangdiselenggarakanolehsuatulembagapendidikan.Salahsatubagiandarilayanankhususyangadadisekolahyaituekstrakurikuler.Denganmengikutikegiatanekstrakurikulerinidiharapkansiswadapatmengetahuidanmengembangkankemampuanyangsesuaidenganbakatdanminatmerekasehinggaakanbermanfaatbagidirimerekasendiridimasayangakandatang.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikansejarahberdirinyaekstrakurikulermentoringfreshtime(MFT)proseskegiatanekstrakurikulerMFTbidang-bidangyangdipelajaridalamkegiatanekstrakurikulerMFTdancaramembentukkepribadiansiswadalamkegiatanekstrakurikulerMFTdiSMPITAL-HikmahBenceGarumBlitar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.LokasipenelitianiniterletakdiDesaBenceGarumkabupatenBlitar.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanteknikobservasiwawancaradandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidenganreduksidatadisplaydatadanverifikasidata.Pengecekankeabsahantemuandilakukandengancarapeningkatanketekunandalampenelitianmenggunakanbahanreferensidanmembercheck.HasiltemuanpenelitianiniadalahpertamasejarahdanalasanmemilihekstrakurikulerMFTsebagaiekstrakurikulerdiSMPITAl-HikmahyaituekstrakurikulerMFTdiSMPITAl-HikmahtelahmenjadikegiatankeagamaanyangwajibdiikutiolehseluruhsiswapenanamanakidahislamyangbenarterhadapsiswaSMPITAl-Hikmahforumbebasuntukanak-anakbelajarberpendapatdilakukanvolehsiswadalambentukkelompok-kelompokyangsetiapkelompoknyaakandidampingiolehsatugurupembimbingsebagaicirikhasdarisekolahITyangmerupakankepanjangandariIslamTerpadu.KeduaprosesmanajemenekstrakurikulerkepalasekolahmendelegasikankepadawakakesiswaanuntukmengaturkegiatanmentorperencanaanekstrakurikulerMFTdilakukanpadaawaltahunpelajaransiswabarupadakelas1materiyangditekankanadalahtentangadaptasikelas2materiyangditekankanadalahtentangpenataanhatisedangkanuntukkelas3materiyangditekankanadalahmemilihstudilanjut.Pelaksanaankegiatanmengacupadaprogramyangtelahdisusundiawalsemester.Setiapadakegiatanbiasanyalangsungdievaluasievaluasidilakukandengansharingbebas.Ketigabidang-bidangdalamkegiatanekstraMFTberupapergaulanremajamenurutislamcarabelajaryangefektifdanmemilihstudilanjut.KeempatcaramembentukkepribadiansiswadalamkegiatanekstrakurikulerMFT.Berdasarkanhasiltemuanpenelitiantersebutdiberikansaransebagaiberikut.KepalaSMPITAl-HikmahBenceseyogyanyameningkatkanpengawasanyangberkaitandenganPembinapenguruskegiatandanprogramkerjayangadabagiWakaKesiswaandiSMPITAl-HikmahdiharapkanmeningkatkanmenumbuhkandanmempertahankankarakterkeagamaandansemangatpadapenanggungjawabgurumentordanseluruhpengurussertaseluruhsiswaanggotaMFT.PenanggungjawabekstraMFTdiSMPITAl-HikmahBencediharapkanmenyusunprogramkerjayangsesuaidengankondisidankarakterkeagamaan.GurumentorekstrakurikulerMFTdiSMPITAl-HikmahBenceuntukmengisikajianrutinyangtelahdijadwalkandengantertibagarseluruhsiswamendapatkanmanfaatilmuagamaIslamyangmemadai.BagiKetuaJurusanAdministrasiPendidikanFIPUMhasilpenelitianinidiharapkandapatmenjaditambahanreferensipadajurusanAdministrasiPendidikanterkaitmanajemenpesertadidikkhususnyamanajemenekstrakurikulersekolah.Bagipenelitilainhasilpenelitianinidiharapkandapatmenjadireferensikajianinspirasidanmasukanbagipenelitiselanjutnyadalammenyusunkaryatulistentunyadengantopicberbedadanlebihmendalam.