Penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 5 Malang) / Sakti Arifudin Addunya

Main Author: Addunya, Sakti Arifudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/39321/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArifudinSakti.2014.PenerapanMetodePembelajaranPQ4R(PreviewQuestionReadingReciteReflectionReview)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudipadaKelasXIIPS2untukMataPelajaranEkonomidiSMANegeri5Malang).SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)GrisviaAgustinS.E.M.Sc.(II)Dr.HadiSumarsonoS.T.KatakunciPembelajaranPQ4R(PreviewQuestionReadingReciteReflectionReview)HasilBelajarEkonomiSiswaMetodepembelajaranmemilikiperananyangpentingdalamprosespembelajaran.Penggunaansalahsatumetodepembelajaranmempunyairelevansiterhadapkemampuanyangdiharapkandapatdimilikiolehsiswa.Untukitudiperlukanmetodepembelajaranyangsederhanaakantetapidapatmemberikanpemahamansiswasecaraoptimalbaikpadaaspekkognitifmaupunafektif.SalahsatupembelajaranyangdimaksudyaituPQ4R(PreviewQuestionReadingReciteReflectionReview)yangmanametodeinidapatmemberikanpengetahuansiswamelaluimembacayangdikemasdalamprosespembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsecarakognitifdankeaktifansiswadenganmenerapkanpembelajaranPQ4R.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS2SMANegeri5Malang.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahreduksidatapenyajiandatakonklusi.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridari2siklus.PembelajaranPQ4Rmerupakansalahsatustrategibelajardimanagurumembantusiswamendapatkanpemahamandanpengetahuanapayangmerekabacadimanadalampembelajarantersebutterdiridarilangkah-langkahantaralainpreview(membacaselintasdengancepat)question(bertanya)read(membaca)reflect(refleksi)recite(tanyajawabsendiri)review(mengulangsecaramenyeluruh).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatandalamhasilbelajarsiswabaiksecarakognitifmaupunafektif.Padasiklus1ketuntasanbelajarsiswabelummencapaistandarketuntasanminimaldaripenelitianinisebesar80%.NilaiSKM(StandarKetuntasanMinimal)yangberlakudiSMANegeri5Malanguntukmatapelajaranekonomiadalah75.Penelitimelakukanrefleksisetelahsiklus1selesai.Darihasilrefleksipenelitimelakukanperbaikandarikekuranganyangterjadidisiklus1.Padasiklus2terjadipeningkatanyangsignifikanyangmanaketuntasansudahmencapailebihdari80%danrata-ratanilaisiswajugaberadadiatasSKMyangditentukan.DarihasilpenelitianmenunjukkanpembelajaranPQ4Rmampumeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomi.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanpenerapanpembelajaranPQ4Riniuntukmenjadisalahsatualternatifpilihangurumatapelajaranekonomikhususnyauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadankeaktifansiswadalamkegiatanpembelajaran.SelanjutnyajugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutuntukditerapkanpadamatapelajaranyanglainyangsesuaidenganpenerapanpembelajaranPQ4R.