Efektivitas pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo / Nanin Dwi Dewandari
Main Author: | Dewandari, Nanin Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/393/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Biologi, Hasil Belajar Siswa Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki karakteristik berbeda dari mata pelajaran yang lain. Objek biologi yang berupa makhluk hidup memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mempelajarinya. Namun, masih banyak siswa yang kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis khususnya konsep biologi, karena metode yang diajarkan hanya terfokus pada pengetahuan materi bukan pada pemahaman siswanya. Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran biologi (materi ÔÇ£Sistem Pencernaan Pada ManusiaÔÇØ) melalui penerapan pendekatan kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi (materi ÔÇ£Sistem Pencernaan Pada ManusiaÔÇØ) melalui penerapan pendekatan kontekstual; (3) mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar/penguasaan kompetensi siswa pada pembelajaran biologi (materi ÔÇ£Sistem dalam kehidupan ManusiaÔÇØ) melalui penerapan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni : (1) penyusunan rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan proses belajar-mengajar, (3) observasi , (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil pengamatan yang telah dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena adanya upaya perbaikan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Namun untuk menunjang keberhasilan pembelajaran diperukan kolaborasi antara guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada para siswa agar lebih banyak menambah pengetahuan melalui berbagai sumber seperti buku, koran, internet, tv, dll agar mereka lebih mudah mendapatkan pengetahuan guru. Untuk guru hendaknya selalu memberikan dorongan dan motivasi agar siswa semakin aktif dan giat belajar. Serta untuk kepala sekolah hendaknya mengusahakan untuk memberikan fasilitas terkait alat-alat yang diperlukan dalam proses pembelajaran.