Manajemen pembelajaran di Education Hotel (EDOTEL) sebagai sumber belajar siswa SMK Negeri 2 Malang / Mira Dwi Agustin

Main Author: Agustin, Mira Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/3928/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANAgustinM.D.2018.ManajemenPembelajarandiEducationHotel(Edotel)sebagaiSumberBelajarSiswaSMKNegeri2Malang.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.MustiningsihM.Pd.(2)Dr.Hj.MaisyarohM.Pd.KatakunciManajemenpembelajaransumberbelajarEdotel.Pembelajaransebagaiimplementasikurikulumdirancangberdasarkanpotensiyangdimilikiolehpesertadidiksertamampumengembangkanaspekkognitifafektifdanpsikomotoriksiswa.Sehinggapadakomponenpembelajaranlebihbanyakmenitikberatkanpadapengalamanyangdiperolehuntukmengasahkemampuankognitifafektifsertapsikomotoriksiswa.SekolahMenengahKejuruan(SMK)sebagaisekolahyangmempersiapkanlulusannyamemasukiduniakerjamakapembelajarandikelolaagarrelevanantarateoriyangdidapatkandenganpraktekdisampingkognitifdanafektifsiswa.TertinggalnyaSMKsaatinidibuktikandenganbanyaknyajumlahpengangguranterbuka.Datayangdiperolehpadatahun2017adasekitar12ribuSMKdiseluruhIndonesiadenganjumlahlulusanpertahunsekitar13jutaorang.TingkatpengangguranterbukadiIndonesiapadatahun2017didominasiolehsiswaSMKyaitusebesar927%palingtinggidibandingdenganlulusanSMPSMADiplomaIIIdanUniversitas.Olehkarenaitupembelajarandikeloladenganbaikmenyelaraskanantarateoridanpraktikdenganmemaksimalkanketersediaansaranayangterdapatdisekolah.SalahsatuSMKyangberupayamengoptimalkansaranadisekolahuntukmeningkatkankompetensisiswasertamenyelaraskanantarateoridanpraktekadalahSMKN2Malang.SMKN2MalangmenggunakanEdotelsebagaitempatsiswauntukmelatihkompetensikeahliandibidangnya.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanperencanaanpembelajarandiEdotelsebagaisumberbelajarsiswaSMKN2MalangpelaksanaanpembelajarandiEdotelsebagaisumberbelajarsiswaSMKN2MalangsertaevaluasidanpengawasanpembelajarandiEdotelsebagaisumberbelajarsiswaSMKN2Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitianstudikasus.Teknikpengumpulandatadiperolehmelaluiwawancarapengamatandandokumentasipenelitiandilaksanakandenganperanpenelitisebagaipartisipanpasif.PengumpulandatadilakukandidiEdotelSMKN2Malang.Setelahdataterkumpulkemudiandilakukanprosesanalisisdatadenganmereduksidataterlebihdahulusesuaidenganfokuspenelitianbarukemudiandatadisajikanuntukditarikkesimpulannya.InformankuncidisiniadalahKetuaviPengelolaEdotel.Keabsahandatadilakukanpenelitiuntukmempertanggungjawabkankebenarandatamelaluitriangulasidata.Adapuntahap-tahapyangdilakukanolehpenelitiyaitutahappralapangantahappendahuluanpenyusunanproposalpelaksanaandanpenyusunanlaporan.Temuanpenelitiandiantaranyaadalah(1)PerencanaandilakukanmelaluirapatkoordinasiyangmembahasrancanganEdoteluntuksiswaAkomodasiPerhotelan(AP)JasaBoga(JB)danUsahaPerjalananWisata(UPW).Dalamperencanaanterdapatpenyusunanpiketharianyangditugaskankepadamasing-masingkoordinatorprogramkeahliandiEdoteluntukperencanaanberbentukpenyusunanRPPyangdilakukanolehgurumatapelajarandiantaranyayangmenggunakanEdotelyaituAPdanUPW(2)pelaksanaanpembelajaranterdiridaripikethariandankegiatanbelajarmengajaryangdilakukanolehsiswamenggunakanEdotel.PiketharianadalahbentukpelatihanyangdiberikankepadasiswauntukmelayanitamulangsungdiEdotelsesuaidenganunitdankompetensikeahliannyadalamhaliniyaituProgramKeahlianAPJBdanUPWsedangkankegiatanbelajarmengajardenganmenggunakanfasilitasEdotelhanyadilakukanolehProgramKeahlianAkomodasiPerhotelandanUsahaPerjalananWisata(3)EvaluasidanpengawasandilakukanSekolahmelaluimasing-masingkoordinatorprogramkeahliandiEdotelgurupiketUnitProduksiSekolah(UPS)/OnDuty/karyawansertagurumatapelajaranyangbersangkutansedangkansekolahkepadaEdotelhanyamengevaluasidanmengawasipersonaliaEdotelkaryawandansiswayangberkaitandenganpelayanandanperkembanganEdotel.Evaluasikepadasiswadiberikandalambentukpenilaianyangtergabungdalammatapelajaranproduktif.Saranuntukbeberapapihakyangterkaitdenganpenelitianinidiantaranya(1)KepalaSMKN2MalangdisarankanuntuklebihmensosialisasikanpengoptimalanEdotelsebagaisumberbelajarpadakegiatanbelajarmengajarpadaprogramkeahlianyangberhubunganmelaluiguru-gurupengajar(2)KetuaProgramKeahlianAkomodasiPerhotelanJasaBogaUsahaJasaPariwisataTeknikKomputerJaringanKeperawatandanKeperawatanSosialdisarankanagarlebihmengoptimalkanadanyaEdotelsebagaisumberbelajarsehinggalebihmeningkatkanpenggunaansaranayangadadisekolahuntukkegiatanbelajarmengajar(3)GuruSMKN2MalangdisarankanagarlebihmengoptimalkanpenggunaanEdotelsebagaisumberbelajarpadakegiatanbelajarmengajarsehinggasaranayangadadisekolahdimanfaatkansecaramaksimal(4)MahasiswaJurusanAdminisrasiPendidikandisarankanagarhasilpenelitianinidapatdijadikanreferensidalampengembanganilmupengatahuandengantemamanajemenpembelajarandisumberbelajarsekolahdan(5)penelitiselanjutnyadisarankanuntukmenggalidatakembalijikaterdapattemuanbaruyangadadilapanganketikaterjunpadatemayangsamasertabisadijadikansebagaipertimbangandanreferensi.