Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik problem posing untuk meningkatkan minat belajar dan ketuntasan hasil belajar ekonomi (siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013) / Ratna Dwi Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Ratna Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39263/ |
Daftar Isi:
- RahmawatiRatnaDwi.2013.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifdenganTeknikProblemPosinguntukMeningkatkanMinatBelajardanKetuntasanHasilBelajarEkonomi(SiswaKelasVIIDSMPNegeri1MalangSemesterGenapTahunAjaran2012/2013).SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.WahjoediM.E.(2)Dr.HadiSumarsonoS.TM.Si.KataKunciMetodePembelajaranKooperatifTeknikProblemPosingMinatBelajarKetuntasanHasilBelajar.PelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilatarbelakangiolehtemuanbahwakurangadanyapeningkatanminatbelajarsertaketuntasanhasilbelajarekonomisiswakelasVIIDsemestergenaptahunpelajaran2012/2013.DidugametodepembelajarankooperatifdenganteknikProblemPosingnantinyadiharapkanmampumeningkatkanminatbelajarsertaketuntasanhasilbelajarekonomisiswakelasVIIDsemestergenaptahunpelajaran2012/2013.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdatanyadianalisissecaradeskriptifkualitatif.Penelitianinimelibatkansubyeksebanyak30orangsiswakelasVIIDsemestergenapSMPNegeri1Malangtahunpelajaran2012/2013.Variabelpenelitianiniadalahminatbelajardanketuntasanhasilbelajar.Penelitiantindakankelasinidilakukandalamduasiklus.Tiapsiklusadatigakalipertemuanyaituduakalipertemuanuntukmembahasmateri/presentasidansekalipertemuanuntukrefleksi.Dataminatbelajarsiswadikumpulkandenganmenggunakantesminatbelajaryangberupasoaldenganklasifikasiskorskalalinkert.Dataaspekkognitifdikumpulkandenganmenggunakantesindividuberupasoalpilihanganda.Datayangtelahterkumpulselanjutnyadianalisissecaradeskriptifkualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaupayapeningkatanminatbelajarmelaluiteknikProblemPosingmenunjukkanhasilpositifyaituterdapatpeningkatanminatbelajardari2.78(cukupbaik)padaawalsiklusmenjadi4.06(baik)diakhirsiklus.HasilpenelitianjugamenunjukkanbahwaupayapeningkatanketuntasanhasilbelajarmelaluiteknikProblemPosingmenunjukkanhasilpositifyaituterdapatpeningkatanketuntasanhasilbelajaryangdilihatmelaluipersentaseketuntasanhasilbelajaryaknidari73.33%padasiklusImenjadi83.33%padasiklusII.DemikianjugapadaprosesketerlaksanaanteknikProblemPosingyangikutmengalamipeningkatanyangdilihatmelaluipersentaseketerlaksanaanteknikProblemPosingyaitudari86.36%padasiklusImenjadi90.91%padasiklusII.