Pengaruh minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas IX SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Yahya Agung Wibowo

Main Author: Wibowo, Yahya Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39147/
Daftar Isi:
  • KataKunciMinatBelajarEfikasiDiriKebiasaanBelajarPrestasiBelajar.Prestasimerupakantolakukurkeberhasilanpesertadidikdalamproseskegiatanbelajar.Prestasibelajardipengaruhiolehfaktorinternaldanfaktoreksternal.Minatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarmerupakanbeberapafaktorinternalyangmempengaruhinya.Denganminatbelajaryangtinggiakanmenyebabkansiswabelajardengansebaik-baiknyakarenaadadayatarikbaginya.Minatyangdimilikisiswaakanmemberikanstimulusuntuklebihgiatbelajardalammencapaiprestasibelajaryangterbaik.Siswadenganefikasidiriyangtinggilebihmampumengambilkeputusanterhadapberbagaipilihandalambelajarmanayangbisadanyangtidakbisadilakukan.SelainitusiswayangmemilikiefikasidiritinggilebihmampumengukurseberapabesarusahayangharusdilakukanuntukmencapaitujuanbelajarnyaDankebiasaanbelajarsiswayangdilakukansecarateraturdanberkesinambunganakanmenjadikebiasaanyangbaikbagisiswayangnantinyaakanberpengaruhterhadapprestasisiswatersebut.Variabeldalampenelitianiniadalahminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarsebagaivariabelindependendanprestasibelajarsebagaivariabeldependen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruhyangsignifikanantaraminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimenggunakanpenelitianeksplanatori.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasIXSMPNegeri3Malangtahunpelajaran2012/2013yangberjumlah248siswa.Sampelyangdiambilsebanyak71siswadenganteknikproportionalrandomsamplingyangdiperolehdenganrumusSlovin.Teknikpengumpulandataadalahmelaluiangketdandokumentasi.AdapunteknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganbantuanprogramSPSS17.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarmempunyaipengaruhpositifsecarasignifikanbaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadapprestasibelajarsiswakelasIXSMPNegeri3Malangtahunpelajaran2012/2013.Hasilpenelitianjugamenunjukkanbahwasumbanganefektifminatbelajarterhadapprestasibelajarsebesar213%efikasidirisebesar347%dankebiasaanbelajarsebesar163%danbesarnyasumbanganefektiftotaladalahsebesar723%sedangkannilaiAdjustedRSquaresebesar71%dansisanyasebesar29%dipengaruhiolehvariabel-variabellaindiluarvariabelminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajar.