Pengaruh minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) siswa kelas IX SMP Negeri 13 Malang tahun pelajaran 2012/2013 / Yahya Agung Wibowo
Main Author: | Wibowo, Yahya Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39147/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMinatBelajarEfikasiDiriKebiasaanBelajarPrestasiBelajar.Prestasimerupakantolakukurkeberhasilanpesertadidikdalamproseskegiatanbelajar.Prestasibelajardipengaruhiolehfaktorinternaldanfaktoreksternal.Minatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarmerupakanbeberapafaktorinternalyangmempengaruhinya.Denganminatbelajaryangtinggiakanmenyebabkansiswabelajardengansebaik-baiknyakarenaadadayatarikbaginya.Minatyangdimilikisiswaakanmemberikanstimulusuntuklebihgiatbelajardalammencapaiprestasibelajaryangterbaik.Siswadenganefikasidiriyangtinggilebihmampumengambilkeputusanterhadapberbagaipilihandalambelajarmanayangbisadanyangtidakbisadilakukan.SelainitusiswayangmemilikiefikasidiritinggilebihmampumengukurseberapabesarusahayangharusdilakukanuntukmencapaitujuanbelajarnyaDankebiasaanbelajarsiswayangdilakukansecarateraturdanberkesinambunganakanmenjadikebiasaanyangbaikbagisiswayangnantinyaakanberpengaruhterhadapprestasisiswatersebut.Variabeldalampenelitianiniadalahminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarsebagaivariabelindependendanprestasibelajarsebagaivariabeldependen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruhyangsignifikanantaraminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimenggunakanpenelitianeksplanatori.PopulasiyangdigunakandalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasIXSMPNegeri3Malangtahunpelajaran2012/2013yangberjumlah248siswa.Sampelyangdiambilsebanyak71siswadenganteknikproportionalrandomsamplingyangdiperolehdenganrumusSlovin.Teknikpengumpulandataadalahmelaluiangketdandokumentasi.AdapunteknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadenganbantuanprogramSPSS17.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajarmempunyaipengaruhpositifsecarasignifikanbaiksecaraparsialmaupunsimultanterhadapprestasibelajarsiswakelasIXSMPNegeri3Malangtahunpelajaran2012/2013.Hasilpenelitianjugamenunjukkanbahwasumbanganefektifminatbelajarterhadapprestasibelajarsebesar213%efikasidirisebesar347%dankebiasaanbelajarsebesar163%danbesarnyasumbanganefektiftotaladalahsebesar723%sedangkannilaiAdjustedRSquaresebesar71%dansisanyasebesar29%dipengaruhiolehvariabel-variabellaindiluarvariabelminatbelajarefikasidiridankebiasaanbelajar.