Perbandingan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa didasarkan pada model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan model PBL (Problem Based Learning) pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Raden Fatah Batu) / Ika Susil
Main Author: | Susilawati, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39143/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikemampuanberpikirkritismodelpembelajaranSTAD(studentteamsachievementdivisions)modelPBL(problembasedlearning).Peranangurumerupakansalahsatufaktorpentingdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.Guruperlumemberikanmasalah-masalahyangmerangsanguntukberpikir.Rangsanganyangmengenapadasasaranmenyebabkansiswadapatbereaksidengantepatterhadappersoalanyangdihadapinya.Denganadanyaperubahankurikulumyangtelahdilakukanolehpemerintahdiharapkanpembelajaranyangdilaksanakanlebihbermanfaatbagisiswasehinggadenganinipembelajaranlebihefektifefisiendanmampumeningkatkankemampuanberfikirkritissiswa.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)kemampuanberpikirkritissiswakelasVIIISMPRadenFatahBatuyangdiajardenganmodelpembelajaranSTAD(2)kemampuanberpikirkritissiswakelasVIIISMPRadenFatahBatuyangdiajardenganmodelPBL(3)perbedaanpeningkatankemampuanberpikirkritissiswadidasarkanpadamodelpembelajaranSTADdanmodelPBL.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimensemu.VariabelpenelitianiniantaralainmodelpembelajaranSTAD(studentteamsachievementdivisions)(X1)modelPBL(problembasedlearning)(X2)dankemampuanberpikirkritissiswa(Y).PopulasiyangdipilihadalahadalahsiswakelasVIIISMPRadenFatahBatuyangberjumlah148siswa.Dalampenelitianbertujuanuntukmencarimanakahmodelpembelajaranyangsesuaidiantarakeduamodelpembelajarandiatas.PengambilansampeldenganmenggunakanPurposiveSamplingdengankomposisikelasVIIIAdanKelasVIIIDuntukmenjadisubyekdalampenelitian.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpenelitianiniadalahpenggunaanteskognitifyangdisesuaikandenganindicatorkemampuanberpikirkritis.HasilanalisismenunjukkanbahwaTerdapatperbedaankemampuanberpikirkritissiswadaripenerapanmodelsecarasignifikanantaramodelSTADdibandingkandenganPBLyangditunjukkandengananalisisdeskriptifyangmenunjukkannilaikelasdenganmodelSTADlebihtinggidibuktikandenganujithitung5632ttable1994.Disarankanagar(1)SekolahsebaiknyaterusmengoptimalkanmodelpembelajaranSTADdanmodelPBLpadasetiappembahasanmateripelajarankhususnyaIPS-EkonomidenganmenyediakansaranaprasaranasepertiLCDagariiprosesbelajarmengajarlebihefektifdanefisiensehinggamampumengikutiperkembanganpendidikansetiaptahunnya(2)GurudiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaranSTADataupunmodelPBLdalamprosespembelajarankarenaterbuktikeduamodeltersebutdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaterutamapadababketenagakerjaan.Namuntidakmenutupkemungkinanuntukgurumatapelajaranmenerapkanmodellaingunameningkatkankemampuanberpikirkritissiswa(3)PenelitiSelanjutnyadiharapkandapatmembandingkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranlainpadamateriyangsesuai.