Pengaruh motivasi belajar, keterampilan sosial, dan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang / Niko Parmana Putra
Main Author: | Putra, Niko Parmana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39096/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMotivasiBelajarKeterampilanSosialPenggunaanTeknologiInformasidanPrestasiBelajar.Belajarmerupakansuatuperubahantingkahlakuseseoranguntukmencapaisesuatuyangdiinginkan.Faktor-faktoryangmempengaruhiprestasibelajarbanyakjenisnyatetapidapatdigolongkanmenjadiduagolongansajayaitufaktorinterndanekstern.Diantarakeduafaktortersebutterdapatvariabel-variabeldidalamnyayangturutmempengaruhitinggirendahnyaprestasibelajaranakyaitumotivasibelajar(faktorintern)keterampilansosialdanpenggunaanteknologiinformasi(faktorekstern)Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmotivasibelajar(X1)keterampilansosial(X2)danpenggunaanteknologiinformasi(X3)terhadapprestasibelajarsiswa(Y)baiksecaraparsialmaupunsimultan.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri16Malang.Jenispenelitianinitermasukdalampenelitianeksplanatoridenganpendekatankuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIXyangberjumlah292siswa.Jumlahpengambilansampeldalampenelitianinisebanyak74siswadenganmenggunakanrumusSlovindenganteknikproporsionalrandomsample.Metodepengumpulandatayangdigunakanberupakuesionertestulisdandokumentasi.Teknikanalisisdatadenganmenggunakananalisisregresiberganda.DatadiolahdenganbantuansoftwareSPSS160.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)adapengaruhpositifyangsignifikanmotivasibelajarterhadapprestasibelajar(2)keterampilansosialtidakadapengaruhterhadapprestasibelajar(3)adapengaruhpositifyangsignifikanpenggunaanteknologiinformasiterhadapprestasibelajar(4)motivasibelajarketerampilansosialdanpenggunaanteknologiinformasiberpengaruhpositifyangsignifikansecarasimultanterhadapprestasibelajarsiwapadamatapelajaranekonomikelasIXSMPNegeri16Malang.i