Pengaruh motivasi belajar, keterampilan sosial, dan penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas IX SMP Negeri 16 Malang / Niko Parmana Putra

Main Author: Putra, Niko Parmana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39096/
Daftar Isi:
  • KataKunciMotivasiBelajarKeterampilanSosialPenggunaanTeknologiInformasidanPrestasiBelajar.Belajarmerupakansuatuperubahantingkahlakuseseoranguntukmencapaisesuatuyangdiinginkan.Faktor-faktoryangmempengaruhiprestasibelajarbanyakjenisnyatetapidapatdigolongkanmenjadiduagolongansajayaitufaktorinterndanekstern.Diantarakeduafaktortersebutterdapatvariabel-variabeldidalamnyayangturutmempengaruhitinggirendahnyaprestasibelajaranakyaitumotivasibelajar(faktorintern)keterampilansosialdanpenggunaanteknologiinformasi(faktorekstern)Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhmotivasibelajar(X1)keterampilansosial(X2)danpenggunaanteknologiinformasi(X3)terhadapprestasibelajarsiswa(Y)baiksecaraparsialmaupunsimultan.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri16Malang.Jenispenelitianinitermasukdalampenelitianeksplanatoridenganpendekatankuantitatif.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasIXyangberjumlah292siswa.Jumlahpengambilansampeldalampenelitianinisebanyak74siswadenganmenggunakanrumusSlovindenganteknikproporsionalrandomsample.Metodepengumpulandatayangdigunakanberupakuesionertestulisdandokumentasi.Teknikanalisisdatadenganmenggunakananalisisregresiberganda.DatadiolahdenganbantuansoftwareSPSS160.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwa(1)adapengaruhpositifyangsignifikanmotivasibelajarterhadapprestasibelajar(2)keterampilansosialtidakadapengaruhterhadapprestasibelajar(3)adapengaruhpositifyangsignifikanpenggunaanteknologiinformasiterhadapprestasibelajar(4)motivasibelajarketerampilansosialdanpenggunaanteknologiinformasiberpengaruhpositifyangsignifikansecarasimultanterhadapprestasibelajarsiwapadamatapelajaranekonomikelasIXSMPNegeri16Malang.i