Penerapan model pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) TPS untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Batu semester gasal 2011/2012 / Dani Surya Putra

Main Author: Putra, Dani Surya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39087/
Daftar Isi:
  • KataKunciThinkPairShareHasilBelajarBerdasarkanObservasidanPengalamanPraktikLapanganpadatangal20Julidantanggal2November2011diSMPNegeri3Batudalampembelajarankhususnyasiswakelas8bkurangaktifdalammengikutipelajarandanbiladiberipertanyaansiswatidakadayangbersediamengangkattangan.Demikianpulabiladimintabertanyatidakbersediamengangkattanganmelainkanmerekagemarberbicaradenganteman-temansebangkunyadidalamkelas.SelainituhasilbelajaryangdicapaisebagiansiswapadamatapelajaranekonomimasihkurangbelummemenuhiSKMyangditerapkanSMPNegeri3Batuyaitu75.Darijumlah7kelasprosentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalkelas8blebihrendahdibandingkandengankelaslaindalampelajaranekonomi(berdasarkananalisisnilaikelas8a-8gpadamaterikelangkaan).PengklasifikasiankelasdiSMPNegeri3BatusecararandomberartitidakadakelasUnggulan.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS).Pembelajaraninimemilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisitmemberikansiswawaktulebihbanyakuntukberpikirmenjawabdansalingmembantusamalain.Saatpertanyaandiajukankeseluruhsiswasetiapsiswamemilikikesempatanyangsamauntukmemikirkanjawabandaripertanyaansebelumdilaporkankepadakelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarEkonomisiswakelas8bSMPNegeri3BatumelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.DatapenelitianberupaHasilbelajarkognitifsiswadiperolehmelaluiskoryangberupatesyangdilakukansetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaHasilbelajarKognitifsiswamengalamipeningkatansebesar2354%darinilairata-ratayangsebelumnya5078%menjadi7412%padasiklus1danpadasiklusIImeningkatsebesar1656%darirata-rata6781%menjadi8437%.Hasilbelajarafektifdiperolehdaripengamatanrubrikpenilaianaspekafektifyangdilakukanselamakegiatanpembelajarandalampengamatanpadasiklus1jumlahnilairata-rata588%padasiklusIImeningkatsebesar801%adapeningkatan213%.SehinggadapatdisimpulkanaspekkognitifhasilbelajarsiklusIsiswabelummencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikalkarenajumlahnilaiyangdiperolehmasihdibawah80%.SedangkanpadasiklusIIsiswasudahmencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikalkarenajumlahnilaiyangdiperolehlebihdari80%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaPadaaspekafektifhasilbelajarsiklusIkesiklusIIadapeningkatan213%poindanpenilaianaspekafektifsiklusIIlebihtinggidaripadasiklusI.adanyapeningkatantersebutDikarenakansiswasudahmemahamiprosedurpembelajaranyangmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTPSpadasaatprosesbelajarmengajar.