Penerapan model pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) TPS untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Batu semester gasal 2011/2012 / Dani Surya Putra
Main Author: | Putra, Dani Surya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39087/ |
Daftar Isi:
- KataKunciThinkPairShareHasilBelajarBerdasarkanObservasidanPengalamanPraktikLapanganpadatangal20Julidantanggal2November2011diSMPNegeri3Batudalampembelajarankhususnyasiswakelas8bkurangaktifdalammengikutipelajarandanbiladiberipertanyaansiswatidakadayangbersediamengangkattangan.Demikianpulabiladimintabertanyatidakbersediamengangkattanganmelainkanmerekagemarberbicaradenganteman-temansebangkunyadidalamkelas.SelainituhasilbelajaryangdicapaisebagiansiswapadamatapelajaranekonomimasihkurangbelummemenuhiSKMyangditerapkanSMPNegeri3Batuyaitu75.Darijumlah7kelasprosentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalkelas8blebihrendahdibandingkandengankelaslaindalampelajaranekonomi(berdasarkananalisisnilaikelas8a-8gpadamaterikelangkaan).PengklasifikasiankelasdiSMPNegeri3BatusecararandomberartitidakadakelasUnggulan.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.StrategipembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS).Pembelajaraninimemilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisitmemberikansiswawaktulebihbanyakuntukberpikirmenjawabdansalingmembantusamalain.Saatpertanyaandiajukankeseluruhsiswasetiapsiswamemilikikesempatanyangsamauntukmemikirkanjawabandaripertanyaansebelumdilaporkankepadakelompoknya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarEkonomisiswakelas8bSMPNegeri3BatumelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.DatapenelitianberupaHasilbelajarkognitifsiswadiperolehmelaluiskoryangberupatesyangdilakukansetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaHasilbelajarKognitifsiswamengalamipeningkatansebesar2354%darinilairata-ratayangsebelumnya5078%menjadi7412%padasiklus1danpadasiklusIImeningkatsebesar1656%darirata-rata6781%menjadi8437%.Hasilbelajarafektifdiperolehdaripengamatanrubrikpenilaianaspekafektifyangdilakukanselamakegiatanpembelajarandalampengamatanpadasiklus1jumlahnilairata-rata588%padasiklusIImeningkatsebesar801%adapeningkatan213%.SehinggadapatdisimpulkanaspekkognitifhasilbelajarsiklusIsiswabelummencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikalkarenajumlahnilaiyangdiperolehmasihdibawah80%.SedangkanpadasiklusIIsiswasudahmencapaiketuntasanbelajarsecaraklasikalkarenajumlahnilaiyangdiperolehlebihdari80%.SehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaPadaaspekafektifhasilbelajarsiklusIkesiklusIIadapeningkatan213%poindanpenilaianaspekafektifsiklusIIlebihtinggidaripadasiklusI.adanyapeningkatantersebutDikarenakansiswasudahmemahamiprosedurpembelajaranyangmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTPSpadasaatprosesbelajarmengajar.