Perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model group investigation dan think pair share pada mata pelajaran ekonomi (eksperimen pada kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang) / Ana Muntadirotul Maghfiroh

Main Author: Maghfiroh, Ana Muntadirotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/39077/
Daftar Isi:
  • KatakunciHasilBelajarSiswaGroupInvestigationThinkPairShareSalahsatukarakteristikKTSPadalahpembelajaranyangmenuntutperalihandariteachercenteredmenjadistudentcentered.Berbagaicaradapatdilakukanolehguruagarsiswalebihberperanaktifsalahsatunyadenganmenerapkanpembelajaransecaraberkelompok.Thinkpairsharemerupakansalahsatumodelpembelajarankelompok.PenelitianterdahuluyangdilakukanolehWulandari(200864)menyimpulkanmodelpembelajaranthinkpairsharecocokuntukditerapkanpadamatapelajaranekonomidandapatmeningkatkanhasilbelajarekonomi.Penelitianinimembandingkanmodelpembelajaranthinkpairsharedengangroupinvestigationdimanagroupinvestigationjugamerupakansalahsatumodelpembelajaranberkelompok.Groupinvestigationmerupakanmodelpembelajaranyanglebihkompleksdibandingkandenganthinkpairshare.HalinidisebabkanjumlahanggotakelompokdalamGI(GroupInvestigation)lebihbanyakdaripadaTPS.Sehinggamemungkinkanadanyapendapatdankonflikdalamkelompokyanglebihbanyakpula.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuisecaraempirisperbedaanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmodelpembelajarangroupinvestigationdenganyangdiajarmenggunakanmodelpembelajaranthinkpairsharepadamatapelajaranekonomi.Penelitianinimerupakanjenispenelitianquasyexperimentdenganmodelpretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniadalahkelasXSMABrawijayaSmartSchoolMalangtahunajaran2011/2012.Teknikpengambilansampeladalahteknikpurposivesampling.SampelyangterpilihadalahsiswakelasX-4sebagaikelaskontrolyangmenerapkanmodelpembelajaranthinkpairsharedankelasX-1sebagaikelaseksperimenyangmenerapkanmodelpembelajarangroupinvestigation.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikuji-tmenggunakanindependent-sampleTtest.Berdasarkanhasilpengujianhipotesisterhadapgainvaluemenunjukkannilaisignifikansi0001