Penerapan metode pembelajaran simulasi dan teknik Mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 2 Malang / Manggi Parama Santati

Main Author: Santati, Manggi Parama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39070/
Daftar Isi:
  • KataKunciMetodeSimulasiTeknikMindMappingHasilbelajarPendidikanmerupakanbagianyangtakterpisahkandarikehidupanmanusiadanjugamerupakankuncidalamkeberhasilanpembangunan.Sekolahsebagaisalahsatulembagapendidikandiharapkanmampumenerapkanstrategibelajaryangbaikbagisiswanyadalamrangkamenciptakansumberdayamanusiayangberkualitasdanberprestasi.Denganpenerapanstrategiyangbaikdantepatsasaranbelajarbagisiswadiharapkanakanmeningkatkanprestasidankualitasbelajaryangbaik.Upayapeningkatankualitaspendidikantidakdapatberhasildenganmaksimaltanpadidukungolehadanyapeningkatankualitaspembelajaran.Dalamprosespembelajarangurusebagaifasilitatorharusmampumemilihdanmenentukanpendekatanmetodedanmodelpembelajaranyangtepatdenganpokokbahasanyangakandipelajarisehinggaprosespembelajarandapatberjalansecaraefektifdantujuanpembelajaranberhasildicapai.Pembelajarankooperatifmetodesimulasidanteknikpetapikiranataumindmappingadalahmetodemengajaryangmenitikberatkanpadaaktivitassiswadalambelajar.Melaluimetodesimulasidanteknikpembelajaranmindmappinginidiharapkandapatmembuatsuasanakegiatanbelajarmengajardikelasmenjadilebihmenyenangkandantidakmembosankansehinggasiswa(secaratidaklangsung)dapatmeningkatkankemampuanakademiknya.Selainitumetodesimulasidanteknikmindmappingmerupakanmetodepembelajaranyangbarudanbelumbanyakyangmenerapkandalamprosesbelajarmengajar.JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.TindakanyangdiberikanpadaSiklusIdanIIsesuaidenganRencanaPembelajaran(RPP)denganmetodesimulasidanteknikmindmapping.MataPelajaranyangdigunakanpadapenelitianiniadalahIPSEkonomiuntukkelasVIIItahunpelajaran2011/2012yaituterfokuspadakompetensidasarKetenagakerjaan.Untukmengetahuiketepatangurudalammenerapkanpembelajarankooperatifmetodesimulasidanteknikmindmappingmakadilakukanobservasidenganmenggunakaninstrumenpengamatanaktivitasgurudalampembelajaran.Sedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarditinjaudariaspekkognitifmelaluiperhitungannilaipre-testdanpost-testpadasiklusIdansiklusIIsertaaspekafektifyangdilakukanmelaluilembarpengamatanaktivitassiswadalampembelajaranmenggunakanmetodesimulasidanteknikmindmapping.PenelitiantindakankelasinidilaksanakandiSMPNegeri2MalangyangberlokasidiJalanProf.Mokh.YaminNo.60Malangpadatanggal4Februarisampai9April2012.SiswayangmenjadisubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-Itahunpelajaran2011/2012yangberjumlah27siswa.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasiwawancaracatatanlapangantesdandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatapadapenelitiandilakukandengandatareduction(reduksidata)display(penyajiandata)danconclutiondrawing/verification.Kesimpulanberdasarkanhasilpenelitianadalahsebagaiberikut(1)PenerapanmetodepembelajaransimulasidanteknikmindmappingpadamatapelajaranIPSEkonomidiSMPNegeri2malangsudahbaikhainidapatdilihatdaripersentsekeberhasilantindakandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatan.(2)Penerapanmetodepembelajaransimulasidanteknikmindmappingterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajar.HaltersebutdapatdiketahuibahwahasilbelajarsiswabaikdariaspekkognitifdanafektifterjadipeningkatandarisiklusIkesiklusIIdimanaketuntasanbelajarklasikalbarutercapaipadasiklusII.Sedangkansaranyangdiajukansebagaiberikut(1)BagigurumatapelajaranIPSEkonomidapatmenggunakanmetodedanteknikpembelajaraninipadapokokbahasanyangdapatdisimulasikanagarsiswalebihmudahmengingatdanmengaplikasikanmateritersebutsertadapatmenghindarikebosanan.(2)Sekolahdiharapkanmenyediakanperalatanyangdiperlukanuntukmenunjangprosespembelajarankhusunyapadapelaksanaankegiatansimulasimaupundalampembuatanmindmapping.(3)BagipenelitiberikutnyapenelitianinidapatdikembangkanuntukmateriselainpokokbahasanketenagakerjaanpadamatapelajaranIPSEkonomidandapatdikembangkanuntuksekolah-sekolahlain.