Pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kopmpetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 Kota Malang / Rosyida

Main Author: Rosyida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39066/
Daftar Isi:
  • KatakuncikecerdasanintelektualmotivasibelajarpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSprestasibelajarsiswa.Prestasibelajaradalahsalahsatudarisekianalatukuruntukmengukurdanmengetahuitingkatpemahamansiswaatasmateripelajaranyangdiberikanolehgurumaupunyangiapelajarisendiridengankatalainmerupakanhasildariapayangtelahdikerjakan.Lazimnyaditunjukkandengannilaitesatauangkayangdi-berikanolehguru.Banyakfaktoryangmempengaruhitingkatprestasibelajarsiswasalahsatunyayaitutingkatkecerdasanintelektualsiswa.DisampingituberdasarkanhasilpengamatanpenelitipadasiswakelasVIISMPN18kotaMalangmasihadafaktorlainyaitumotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruyangdapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenjelaskanpengaruhkecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaranIPSter-padudiSMPN18kotamalangbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdenganrancang-anpenelitianberupaexplanatoryresearch.Variabel-variabelbebasdalampeneli-tianiniadalahkecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSsedangkanvariabelterikatnyaadalahprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPSterpadu.PenelitianinidilaksanakandiSMPN18kotaMalangpadabulanfebruarisampaibulanapriltahun2012.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIkhususnyakelasABdanCyangberjumlah126siswa.Untukmengetahuitotalsampelpenelitianinimenggunakanrumussolvinsehing-gadiketahuitotalsampelnyaadalah96siswadanuntukteknikpengambilansam-pelnyamenggunakanproportionalrandomsampling.Sedangkandatapenelitiandalampenelitianinidiperolehdenganmenggunakaninstrumenpenelitianberupadokumentasisekolahdanclosedquestioneryangmenggunakanskalalikertdeng-anlimaalternatifjawaban.Untukmengetahuitercapaiatautidaknyatujuanpene-litianinidilakukananalisisregresidenganregresilinearberganda.Berdasarkanhasilanalisisregresilinearbergandadalampenelitianinidi-perolehnilaiRSquresebesar0.773yangberarti77.3%variabelterikatyaituprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPSterpadudapatdijelaskanolehtigavariabelbebasyaitukecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPS.DisampingitujugadiperolehpersamaanregresilinearbergandayaituY189610099X10550X20288X3yangberartibahwajikatidakadavariabelbebaskecerdasanintelektual(X1)motivasibelajar(X2)danpersepsisiswatentangkompetensiguruIPS(X3)makaprestasibelajarsiswa(Y)adalah18961.Daripersamaantersebutjugadiketahuibahwamotivasi