Pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kopmpetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 Kota Malang / Rosyida
Main Author: | Rosyida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39066/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikecerdasanintelektualmotivasibelajarpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSprestasibelajarsiswa.Prestasibelajaradalahsalahsatudarisekianalatukuruntukmengukurdanmengetahuitingkatpemahamansiswaatasmateripelajaranyangdiberikanolehgurumaupunyangiapelajarisendiridengankatalainmerupakanhasildariapayangtelahdikerjakan.Lazimnyaditunjukkandengannilaitesatauangkayangdi-berikanolehguru.Banyakfaktoryangmempengaruhitingkatprestasibelajarsiswasalahsatunyayaitutingkatkecerdasanintelektualsiswa.DisampingituberdasarkanhasilpengamatanpenelitipadasiswakelasVIISMPN18kotaMalangmasihadafaktorlainyaitumotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruyangdapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenjelaskanpengaruhkecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaranIPSter-padudiSMPN18kotamalangbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdenganrancang-anpenelitianberupaexplanatoryresearch.Variabel-variabelbebasdalampeneli-tianiniadalahkecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPSsedangkanvariabelterikatnyaadalahprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPSterpadu.PenelitianinidilaksanakandiSMPN18kotaMalangpadabulanfebruarisampaibulanapriltahun2012.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIkhususnyakelasABdanCyangberjumlah126siswa.Untukmengetahuitotalsampelpenelitianinimenggunakanrumussolvinsehing-gadiketahuitotalsampelnyaadalah96siswadanuntukteknikpengambilansam-pelnyamenggunakanproportionalrandomsampling.Sedangkandatapenelitiandalampenelitianinidiperolehdenganmenggunakaninstrumenpenelitianberupadokumentasisekolahdanclosedquestioneryangmenggunakanskalalikertdeng-anlimaalternatifjawaban.Untukmengetahuitercapaiatautidaknyatujuanpene-litianinidilakukananalisisregresidenganregresilinearberganda.Berdasarkanhasilanalisisregresilinearbergandadalampenelitianinidi-perolehnilaiRSquresebesar0.773yangberarti77.3%variabelterikatyaituprestasibelajarsiswapadamatapelajaranIPSterpadudapatdijelaskanolehtigavariabelbebasyaitukecerdasanintelektualmotivasibelajardanpersepsisiswatentangkompetensiguruIPS.DisampingitujugadiperolehpersamaanregresilinearbergandayaituY189610099X10550X20288X3yangberartibahwajikatidakadavariabelbebaskecerdasanintelektual(X1)motivasibelajar(X2)danpersepsisiswatentangkompetensiguruIPS(X3)makaprestasibelajarsiswa(Y)adalah18961.Daripersamaantersebutjugadiketahuibahwamotivasi