Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang) / Ardiansyah Pratama Putra

Main Author: Putra, Ardiansyah Pratama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39058/
Daftar Isi:
  • KataKunciLingkunganKeluargaKebiasaanBelajarPrestasiBelajarEkonomiPendidikanmerupakanusahasadarterencanauntukmewujudkansuasanabelajardanprosespembelajaranagarpesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensibelajarnya.HalinimerupakanhaksetiapwarganegaraRepublikIndonesiauntukmemperolehpendidikanyangdisesuaikanperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Prestasibelajarsiswapadadasarnyadapatdipengaruhioleh2faktoryaknilingkungankeluargadankebiasaanbelajar.Lingkungankeluargamerupakanpengaruhyangberasaldaraikeluargasiswa.Pengaruhlainyangdapatmempengaruhiprestasibelajarekonomiadalahkebiasaanbelajarsiswayangberasaldariindividusiswa.Dilihatdaripengamatansementaralingkungankeluargakurangdominanmendukungdalamprestasibelajarsiswabiladibandingkandengankebiasaanbelajarhalinidisebabkankarenakesibukankeduaorangtuasiswayangcenderungtinggisehinggamerekakurangdalammemberiperhatiankepadaanaknya.Sedangkanlingkungankeluargayangakanditelitimeliputiperhatianorangtuakeadaanekonomikeluargastatusanakdalamkeluargapendidikankeluargadansuasanalingkungankeluarga.Diharapkanlingkungankeluargadankebiasaanbelajarsiswaharussalingmendukungagardapatmeningkatkanprestasibelajarsiswamenjadilebihmaksimal.Penelitianbertujuan(I)untukmengetahuiadanyapengaruhlingkungankeluargakebiasaanbelajarprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri13Malang.Variabelbebas(independent)dalampenelitianiniterdiridarilingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2).Sedangkanvariabelterikatnya(dependent)prestasibelajarsiswa(Y).Rancanganpenelitiandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Analisisdeskriptifuntukmendeskripsikanlingkungankeluarga(X1)kebiasaanbelajar(X2)danprestasibelajarsiswa(Y)dalambentukperhitunganpersentase.Analisisregresilinierbergandadigunakanuntukmenentukanbesarnyapengaruhlingkungankeluarga(X1)kebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajarsiswa(Y)kelasVIIISMPNegeri13Malang.Populasiyangberjumlah301siswadansampelnya75siswa.Teknikpengambilansampelmengguanakanproportionalrandomsamplingdenganmengguanakaninstrumenkuesioner.Skalayngdigunakanskalalikertdengan5alternatifjawaban.Ujikualitasdatayangdigunakanadalahujivaliditasdanujireliabilitas.JenisdatamenggunakandataprimeryangdiperolehdarikuasionersedangkandatasekunderberupanilaiUTSsiswakelasVIIIsemestergenaptahunajaran2010/2011.