Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang) / Ardiansyah Pratama Putra
Main Author: | Putra, Ardiansyah Pratama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39058/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLingkunganKeluargaKebiasaanBelajarPrestasiBelajarEkonomiPendidikanmerupakanusahasadarterencanauntukmewujudkansuasanabelajardanprosespembelajaranagarpesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensibelajarnya.HalinimerupakanhaksetiapwarganegaraRepublikIndonesiauntukmemperolehpendidikanyangdisesuaikanperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Prestasibelajarsiswapadadasarnyadapatdipengaruhioleh2faktoryaknilingkungankeluargadankebiasaanbelajar.Lingkungankeluargamerupakanpengaruhyangberasaldaraikeluargasiswa.Pengaruhlainyangdapatmempengaruhiprestasibelajarekonomiadalahkebiasaanbelajarsiswayangberasaldariindividusiswa.Dilihatdaripengamatansementaralingkungankeluargakurangdominanmendukungdalamprestasibelajarsiswabiladibandingkandengankebiasaanbelajarhalinidisebabkankarenakesibukankeduaorangtuasiswayangcenderungtinggisehinggamerekakurangdalammemberiperhatiankepadaanaknya.Sedangkanlingkungankeluargayangakanditelitimeliputiperhatianorangtuakeadaanekonomikeluargastatusanakdalamkeluargapendidikankeluargadansuasanalingkungankeluarga.Diharapkanlingkungankeluargadankebiasaanbelajarsiswaharussalingmendukungagardapatmeningkatkanprestasibelajarsiswamenjadilebihmaksimal.Penelitianbertujuan(I)untukmengetahuiadanyapengaruhlingkungankeluargakebiasaanbelajarprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri13Malang.Variabelbebas(independent)dalampenelitianiniterdiridarilingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2).Sedangkanvariabelterikatnya(dependent)prestasibelajarsiswa(Y).Rancanganpenelitiandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Analisisdeskriptifuntukmendeskripsikanlingkungankeluarga(X1)kebiasaanbelajar(X2)danprestasibelajarsiswa(Y)dalambentukperhitunganpersentase.Analisisregresilinierbergandadigunakanuntukmenentukanbesarnyapengaruhlingkungankeluarga(X1)kebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajarsiswa(Y)kelasVIIISMPNegeri13Malang.Populasiyangberjumlah301siswadansampelnya75siswa.Teknikpengambilansampelmengguanakanproportionalrandomsamplingdenganmengguanakaninstrumenkuesioner.Skalayngdigunakanskalalikertdengan5alternatifjawaban.Ujikualitasdatayangdigunakanadalahujivaliditasdanujireliabilitas.JenisdatamenggunakandataprimeryangdiperolehdarikuasionersedangkandatasekunderberupanilaiUTSsiswakelasVIIIsemestergenaptahunajaran2010/2011.