Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar IPS (ekonomi) dan persepsi tentang iklan terhadap pola konsumsi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Nurul Qomar

Main Author: Qomar, Muhammad Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39048/
Daftar Isi:
  • KataKunciStatusSosialEkonomiOrangTuaPrestasiBelajarIPS(Ekonomi)PersepsiTentangIklanPolaKonsumsiRemajaseringdijadikantargetbagipemasaranberbagaiprodukindustrikarenakarakteristikmerekayanglabilspesifikdanmudahdipengaruhisehinggaakhirnyamendorongmunculnyaberbagaigejaladalampolaberfikiryangtidakwajar.Alasannyakarenasedangmengikutiarusmodeyangadadiiklanhanyainginmencobaprodukbaruinginmemperolehpengakuansosial.Sikapsepertiinilahyangkemudianmenimbulkanpolakonsumsilebihkonsumtifpadaremaja.PolakonsumsisendiridipengaruhiolehbanyakfaktorsepertiStatusSosialEkonomiOrangTuaPrestasiBelajarIPS(Ekonomi)danPersepsiTentangIklan.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis(1)pengaruhstatussosialekonomiorangtuaterhadappolakonsumsisiswa(2)pengaruhprestasibelajarIPS(ekonomi)terhadappolakonsumsisiswa(3)danPengaruhpersepsitentangiklanterhadappolakonsumsisiswa(4)sertapengaruhsecarasimultanantarastatussosialekonomiorangtuaprestasibelajrIPS(ekonomi)danpersepsitentangiklanterhadappolakonsumsisiswa.Berdasarkanhasilanalisismenunjukkanbahwa(1)statussosialekonomiorangtuaberpengaruhsecarapositifdansignifikanterhadappolakonsumsisiswa(2)prestasibelajarIPS(Ekonomi)berpengaruhsecaranegatifdansignifikanterhadappolakonsumsisiswa(3)persepsitentangiklanberpengaruhsecarapositifdansignifikanterhadappolakonsumsisiswadan(4)pengaruhsecarasimultandansignifikanantarastatussosialekonomiorangtuaprestasibelajarIPS(Ekonomi)danpersepsitentangiklanterhadappolakonsumsisiswakelasVIIIdiSMPN1Malang.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwa(1)statussosialekonomiorangtuamempengaruhipolakonsumsikarenaakanmemberikemudahanpadaanakuntukberkonsumsisecaraberlebihanyangakanmenimbulkandampakpadaperkembangansikapdimasadepan.(2)prestasibelajarmempengaruhipolakonsumsidisebabkanparasiswamempunyaipemahamantentangekonomiyangbaikakanberakibatpadakehidupansehari-harimerekadalammengambilkeputusanuntukmenggunakanuangsakudalamberkonsumsi.(3)persepsitentangiklanmempengaruhipolakonsumsikerenaarusinformasisekaranginimudahdidapatkanolehsiswauntukmengetahuiberbagaipengetahuandanakanberdampakpadakehidupansehari-haridalammengambilkeputusanuntukberkonsumsi.(4)statussosialekonomiorangtuaprestasibelajarIPS(ekonomi)danpersepsitentangiklanmempengaruhipolakonsumsisiswaakanberdampakpadapsikologisdanjugaetikadalamkehidupanbermasyarakat.