Hubungan antara pola asuh dan status ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas VII SMP N 8 Malang) / Risa Eka Febrianti
Main Author: | Febrianti, Risa Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39040/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPolaAsuhStatusSosialEkonomiHasilBelajarKenakalanremajasangatdipengaruhiolehpolaasuhorangtuayangsalahsepetikekerasankeluargatingginyatingkatotoriterorangtuadanmiskinnyatelaahkeagamaan.Peranlingkungankeluargaterutamaorangtuasangatmempengaruhitingkahlakuolehanak.Selainberpengaruhterhadaptingkahlakuanaklingkungankeluargajugasangatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Pengaruhutamabagikehidupanpertumbuhandanperkembanganseseorangadalahpengaruhkeluargakarenakeluargamerupakanorang-orangterdekatbagiseoranganak.RumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanapolaasuhorangtuadanstatussosialekonomiorangtuasiswaSMPN8Malangtahunajaran2011/2012BagaimanahasilbelajarsiswaSMPN8Malangtahunajaran2011/2012ApakahadahubunganpolaasuhorangtuadengankeberhasilanbelajarsiswadanapakahterdapathubunganstatussosialekonomisiswadengankeberhasilanbelajarsiswadiSMPN8Malangtahunajaran2011/2012.HasilpenelitianmenunjukkanSiswakelasVIISMPN8Malangmayoritasmemilikipolaasuhdemokratis(71.67%siswa)SiswakelasVIISMPN8Malangmayoritasmemilikistatussosialekonomitinggi(46.67%siswa)yangmenyatakanbahwamemilikistatussosialtinggi.HasilpenelitiantentanghasilbelajarkelasVIISMPN8Malangmayoritasadalahcukuptinggi(57.50%siswa)yangmendapatnilaicukuptinggi.DarihasilanalisismenunjukkanbahwaterdapathubunganantarahubunganpolaasuhdanstatussosialekonomidenganhasilbelajarekonomisiswakelasVIISMPN8Malang.Saranyangdapatdijadikanpertimbangandalamhasilbelajaranakyaitusebagaimotivasiuntukmeningkatkankomunikasiyangbaikantarasiswadenganorangtuasehinggaterciptalingkunganbelajaryangmendukungkeberhasilanbelajarsiswa.