Hubungan antara pola asuh dan status ekonomi orang tua dengan hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas VII SMP N 8 Malang) / Risa Eka Febrianti

Main Author: Febrianti, Risa Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39040/
Daftar Isi:
  • KataKunciPolaAsuhStatusSosialEkonomiHasilBelajarKenakalanremajasangatdipengaruhiolehpolaasuhorangtuayangsalahsepetikekerasankeluargatingginyatingkatotoriterorangtuadanmiskinnyatelaahkeagamaan.Peranlingkungankeluargaterutamaorangtuasangatmempengaruhitingkahlakuolehanak.Selainberpengaruhterhadaptingkahlakuanaklingkungankeluargajugasangatberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Pengaruhutamabagikehidupanpertumbuhandanperkembanganseseorangadalahpengaruhkeluargakarenakeluargamerupakanorang-orangterdekatbagiseoranganak.RumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanapolaasuhorangtuadanstatussosialekonomiorangtuasiswaSMPN8Malangtahunajaran2011/2012BagaimanahasilbelajarsiswaSMPN8Malangtahunajaran2011/2012ApakahadahubunganpolaasuhorangtuadengankeberhasilanbelajarsiswadanapakahterdapathubunganstatussosialekonomisiswadengankeberhasilanbelajarsiswadiSMPN8Malangtahunajaran2011/2012.HasilpenelitianmenunjukkanSiswakelasVIISMPN8Malangmayoritasmemilikipolaasuhdemokratis(71.67%siswa)SiswakelasVIISMPN8Malangmayoritasmemilikistatussosialekonomitinggi(46.67%siswa)yangmenyatakanbahwamemilikistatussosialtinggi.HasilpenelitiantentanghasilbelajarkelasVIISMPN8Malangmayoritasadalahcukuptinggi(57.50%siswa)yangmendapatnilaicukuptinggi.DarihasilanalisismenunjukkanbahwaterdapathubunganantarahubunganpolaasuhdanstatussosialekonomidenganhasilbelajarekonomisiswakelasVIISMPN8Malang.Saranyangdapatdijadikanpertimbangandalamhasilbelajaranakyaitusebagaimotivasiuntukmeningkatkankomunikasiyangbaikantarasiswadenganorangtuasehinggaterciptalingkunganbelajaryangmendukungkeberhasilanbelajarsiswa.