Pengaruh kualifikasi akademik, pelatihan, pengalaman mengajar, dan persepsi guru tentang penerapan pembelajaran IPS secara terpadu terhadap kinerja guru IPS terpadu di SMP Negeri Se-kota Blitar / Afni Tri Rahayu
Main Author: | Rahayu, Afni Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39037/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikinerjagurukualifikasiakademikpelatihanpengalamanmengajarpersepsiIPSTerpadu.Pendidikanmempunyaiperananpentingdidalampembinaandanpembangunansuatubangsa.Olehkarenaitutujuanpendidikannasionaldarisuatubangsamerupakanbagianyangtidakdapatdipisahkandaritujuannasionaldanfilsafathidupdarisuatubangsatersebut.Untukmencapaikeberhasilandaritujuanpendidikantersebutpadadasarnyaterdapatberbagaifaktoryangmempengaruhiantaralainadalahgurusiswasaranadanprasaranalingkunganpendidikandankurikulum.Dalamfaktortersebutgurudalamkegiatanprosespembelajarandisekolahmenempatikedudukanyangsangatpentingdantanpamengabaikanfaktorpenunjangyanglaingurusebagaisubyekpendidikansangatmenentukankeberhasilanpendidikan.Mengingatgurumerupakankomponenyangpalingmenentukandalamsistempendidikansecarakeseluruhanmakaperludikembangkansebagaitenagaprofesiyangbermartabatprofesionaldanmemilikikinerjayangbaik.UntukpencapaiankinerjaguruyangbaikbanyakfaktoryangmempengaruhiantaralainguruharusmemilikikualifikasiakademikyangsesuaidenganketentuandanbidangnyaseringmengikutipelatihanmemilikipengalamanmengajaryangbaikdanmemilikipersepsidanpemahamanyangbaiktentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraterpadu.Tujuanpenelitianiniyaitumengetahui(1)pengaruhantarakualifikasiakademikterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(2)pengaruhantarapelatihanterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(3)pengaruhantarapengalamanmengajarterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(5)pengaruhantarapersepsigurutentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraterpaduterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(6)pengaruhantarakualifikasiakademikpelatihanpengalamanmengajardanpersepsigurutentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraTerpadusecarasimultanterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar.PenelitiandilakukanpadaguruIPSTerpadudiSMPnegerise-KotaBlitar.PopulasidalampenelitianiniadalahguruIPSTerpaduse-KotaBlitaryangberjumlah56gurukepalasekolahberjumlah10orangdansampelsiswayangdiajarolehguruIPSTerpaduyangberjumlah280siswa.Pengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasi.Sedangkanuntukteknikanalisisdatamenggunakananalisisregresilinearberganda.