Pengaruh kualifikasi akademik, pelatihan, pengalaman mengajar, dan persepsi guru tentang penerapan pembelajaran IPS secara terpadu terhadap kinerja guru IPS terpadu di SMP Negeri Se-kota Blitar / Afni Tri Rahayu

Main Author: Rahayu, Afni Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39037/
Daftar Isi:
  • KatakuncikinerjagurukualifikasiakademikpelatihanpengalamanmengajarpersepsiIPSTerpadu.Pendidikanmempunyaiperananpentingdidalampembinaandanpembangunansuatubangsa.Olehkarenaitutujuanpendidikannasionaldarisuatubangsamerupakanbagianyangtidakdapatdipisahkandaritujuannasionaldanfilsafathidupdarisuatubangsatersebut.Untukmencapaikeberhasilandaritujuanpendidikantersebutpadadasarnyaterdapatberbagaifaktoryangmempengaruhiantaralainadalahgurusiswasaranadanprasaranalingkunganpendidikandankurikulum.Dalamfaktortersebutgurudalamkegiatanprosespembelajarandisekolahmenempatikedudukanyangsangatpentingdantanpamengabaikanfaktorpenunjangyanglaingurusebagaisubyekpendidikansangatmenentukankeberhasilanpendidikan.Mengingatgurumerupakankomponenyangpalingmenentukandalamsistempendidikansecarakeseluruhanmakaperludikembangkansebagaitenagaprofesiyangbermartabatprofesionaldanmemilikikinerjayangbaik.UntukpencapaiankinerjaguruyangbaikbanyakfaktoryangmempengaruhiantaralainguruharusmemilikikualifikasiakademikyangsesuaidenganketentuandanbidangnyaseringmengikutipelatihanmemilikipengalamanmengajaryangbaikdanmemilikipersepsidanpemahamanyangbaiktentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraterpadu.Tujuanpenelitianiniyaitumengetahui(1)pengaruhantarakualifikasiakademikterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(2)pengaruhantarapelatihanterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(3)pengaruhantarapengalamanmengajarterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(5)pengaruhantarapersepsigurutentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraterpaduterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar(6)pengaruhantarakualifikasiakademikpelatihanpengalamanmengajardanpersepsigurutentangpenerapanpembelajaranIPSsecaraTerpadusecarasimultanterhadapkinerjaguruIPSTerpadudiSMPNegerise-KotaBlitar.PenelitiandilakukanpadaguruIPSTerpadudiSMPnegerise-KotaBlitar.PopulasidalampenelitianiniadalahguruIPSTerpaduse-KotaBlitaryangberjumlah56gurukepalasekolahberjumlah10orangdansampelsiswayangdiajarolehguruIPSTerpaduyangberjumlah280siswa.Pengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasi.Sedangkanuntukteknikanalisisdatamenggunakananalisisregresilinearberganda.