Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa IPS ekonomi kelas VII SMP Negeri 1 Singosari / Evin Murdianti
Main Author: | Murdianti, Evin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39033/ |
Daftar Isi:
- KataKunciProblemPosingMetodeKooperatifKemampuanBertanyaHasilBelajarPembelajaranyangterjadidisekolahataukhususnyadikelasmasihadabeberapasiswayangpasifdalamkegiatanpembelajaransalahsatunyapasifdalambertanya.Dalammeningkatkanhasilbelajarekonomisebaiknyadiarahkankepadakegiatan-kegiatanyangmendorongsiswabelajaraktifbaiksecarafisiksosialmaupunpsikisolehkarenaitudalamprosespembelajaranekonomihendaknyagurumenggunakanmetodeyangmembuatsiswabanyakbesikapaktifyaitudenganProblemPosing.Dimanapadapembelajaraninisiswadiharapkandapatmengajukansoalmaupunpertanyaanyangberhubungandenganmateripembelajarandansiswabisamendapatkanjawabanatauinformasidarigurudansiswayanglainnya.Dengandemikianbanyaknyaaktifitasyangdilakukandapatmenimbulkanantusiassiswadalambelajarsehinggapemahamantentangekonomisemakinbaikdanhasilbelajarnyaakanmeningkat.PenerapanmodelpembelajaranProblemPosinginiakanmempengaruhicarabelajarsiswayangsemulacenderunguntukpasifkearahyanglebihaktif.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)ApakahpenerapanmodelpembelajaranProblemPosingdapatmeningkatkankemampuanbertanya(2)ApakahpenerapanmodelpembelajarnProblemPosingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)BagaimanaresponsiswaterhadapmodelpembelajaranProblemPosing.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangterdiridari5tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatakemampuanbertanyaadalahdenganlembarobservasiyangberdasarkanrubrikkriteriapenilaianhasilbelajardiukurmelaluisoaltestdanuntukmengetahuiresponsiswaadalahdenganmenggunakanangket.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemPosingdapatmeningkatkankemampuanbertanyadanhasilbelajarsiswa.KemampuanbertanyapadasiklusIsebesar683%danpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi771%.Hasilbelajarrata-ratakognitifpadasiklusIsebesar7672%danpadasiklusIImeningkatmenjadi7982%.SaranyangdiberikankepadagurumatapelajaranekonomiyaitudisarankanuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaranProblemPosingpadaprosespembelajarankarenasiswamemberikanresponpositifterhadappenerapanmodelpembelajarantersebut.SaranbagisekolahadalahdiharapkanpenelitianinidapatmenjadipertimbangandalamupayamemperbaikipenerapanstrategipembelajarandansaranbagipenelitiadalahuntukselanjutnyayanghendakmenelitipembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosingsebaiknyamateriyangdiajarkansesuaidansangatcocokdenganmodelpembelajarantersebut.