Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa IPS ekonomi kelas VII SMP Negeri 1 Singosari / Evin Murdianti

Main Author: Murdianti, Evin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39033/
Daftar Isi:
  • KataKunciProblemPosingMetodeKooperatifKemampuanBertanyaHasilBelajarPembelajaranyangterjadidisekolahataukhususnyadikelasmasihadabeberapasiswayangpasifdalamkegiatanpembelajaransalahsatunyapasifdalambertanya.Dalammeningkatkanhasilbelajarekonomisebaiknyadiarahkankepadakegiatan-kegiatanyangmendorongsiswabelajaraktifbaiksecarafisiksosialmaupunpsikisolehkarenaitudalamprosespembelajaranekonomihendaknyagurumenggunakanmetodeyangmembuatsiswabanyakbesikapaktifyaitudenganProblemPosing.Dimanapadapembelajaraninisiswadiharapkandapatmengajukansoalmaupunpertanyaanyangberhubungandenganmateripembelajarandansiswabisamendapatkanjawabanatauinformasidarigurudansiswayanglainnya.Dengandemikianbanyaknyaaktifitasyangdilakukandapatmenimbulkanantusiassiswadalambelajarsehinggapemahamantentangekonomisemakinbaikdanhasilbelajarnyaakanmeningkat.PenerapanmodelpembelajaranProblemPosinginiakanmempengaruhicarabelajarsiswayangsemulacenderunguntukpasifkearahyanglebihaktif.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)ApakahpenerapanmodelpembelajaranProblemPosingdapatmeningkatkankemampuanbertanya(2)ApakahpenerapanmodelpembelajarnProblemPosingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)BagaimanaresponsiswaterhadapmodelpembelajaranProblemPosing.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangterdiridari5tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatakemampuanbertanyaadalahdenganlembarobservasiyangberdasarkanrubrikkriteriapenilaianhasilbelajardiukurmelaluisoaltestdanuntukmengetahuiresponsiswaadalahdenganmenggunakanangket.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemPosingdapatmeningkatkankemampuanbertanyadanhasilbelajarsiswa.KemampuanbertanyapadasiklusIsebesar683%danpadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi771%.Hasilbelajarrata-ratakognitifpadasiklusIsebesar7672%danpadasiklusIImeningkatmenjadi7982%.SaranyangdiberikankepadagurumatapelajaranekonomiyaitudisarankanuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaranProblemPosingpadaprosespembelajarankarenasiswamemberikanresponpositifterhadappenerapanmodelpembelajarantersebut.SaranbagisekolahadalahdiharapkanpenelitianinidapatmenjadipertimbangandalamupayamemperbaikipenerapanstrategipembelajarandansaranbagipenelitiadalahuntukselanjutnyayanghendakmenelitipembelajarandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosingsebaiknyamateriyangdiajarkansesuaidansangatcocokdenganmodelpembelajarantersebut.