Efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif model team games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 1 Karangploso Malang / Linda Romadhona

Main Author: Romadhona, Linda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39029/
Daftar Isi:
  • KatakunciKonvensionalTeamGamesTournament(TGT)HasilBelajarKurikulum2004berbasiskompetensiyangdiperbaharuidengankurikulum2006yaituKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)telahberlakuselama4tahundansemestinyadilakukansecarautuhpadasetiapsekolah.Caraguruyangmengajarsiswadalamkelasmasihtetapsajamenggunakancaralamayaitudenganmenggunakanmetodeceramah-ekspositori.SehinggasiswahanyasebagaipendengarsetiadanhasilbelajaryangdiperolehdalamnilaiulanganselaludibawahSKM.PembelajarankooperatifmodelTGT(TeamGamesTournament)adalahpembelajaranyangberpusatpadasiswadanmempunyaitahap(1)gurumenjelaskanmaterisebagaiinformasiawal(2)siswadibagidalamkelompok(3)siswabelajarbersamaanggotamasing-masingkelompok(4)pelaksanaanturnamen(5)penskorandanpenghargaankelompok.Dengandemikiansiswaakanlebihbanyakmencurahkanwaktunyauntuktugasbelajardengankelompokdandenganwaktuyangsedikitdapatmenguasaimaterisecaramendalamtanpaharusmenghafalkonsepyangadadidalambuku.Tujuandaripenelitianiniadalah1)UntukmengetahuihasilbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)padapokokbahasanKetenagakerjaankelasVIIISMPNegeri1KarangplosoMalang2)Untukmengetahuihasilbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanmetodeceramah(konvensional)padapokokbahasanKetenagakerjaankelasVIIISMPNegeri1KarangplosoMalangdan3)UntukmengetahuiEfektivitasbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)padapokokbahasanKetenagakerjaankelasVIIISMPNegeri1KarangplosoMalang.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimendenganrancanganpenelitianadalahQuasiExperimentalDesign.PopulasipadapenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri1KarangplosoMalang.SedangkansampelyangdiambilterdiridariduakelasdimanasatukelassebagaikelompokeksperimenyaitukelasVIII-EdansatukelassebagaikelompokkontrolyaitukelasVIII-FyangdiambildenganteknikPurposiveRandomSampling.Datadiambildaridokumentasiwawancaradantes(pretestdanposttest).Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifujipersyaratanyaituujinormalitasdanujihomogenitasdanujihipotesisyaituujibedarata-ratakemampuanawal(ttest)kemampuanakhir(ttest)dangainscore(ttest).HasilpenelitianmenunjukanbahwaadaperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifTeamGamesTournament(TGT)denganpeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodeceramah(konvensional).DarihasilanalisisstatistikdenganmenggunakanUji-tdiperolehhasil1)Nilairata-ratapretestdarikelompokkontroladalah4112dannilaipretestpadakelompokeksperimenadalah42902)Nilairata-rataposttestkelompokkontrolyangdiajardenganmetodeceramah(konvensional)sebesar7419dannilairata-rataposttestkelompokeksperimenyangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)sebesar8419dan3)Rata-ratagainscorekelompokkontrolyangdiajardenganmetodeceramah(konvensional)3306sedangkanrata-ratagainscorekelompokeksperimenyangdiajardenganpembelajarankoopertaifmodelTeamGamesTournament(TGT)sebesar4129.HalinimenunjukkanbahwapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTeamGamesTournament(TGT)lebihtinggidaripadapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeceramah(konvensional).