Pengaruh modernitas individu, sikap berprestasi siswa dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Ratih Hapsari Wahyu Widarti

Main Author: Widarti, Ratih Hapsari Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/39027/
Daftar Isi:
  • KataKunciModernitasIndividuSikapBerprestasiPerhatianOrangTuaPrestasiBelajar.Didalamprosesbelajarmengajarkeberhasilansiswadapatdilihatsalahsatunyayaitudenganmelihatprestasibelajarnyadisekolahyangtidakhanyaditentukanolehlingkunganpendidikansajaadafaktor-faktorlainyangmempengaruhinyayaitufaktorinterndanekstern.Darijenisklasifikasifaktortersebutdapatdiambilbeberapayaitubisaberupamodernitasindividuyangmanasangatpentingmengetahuitingkatprosentasemodernitasindividusiswapadaperkembanganzamansaatinibagaimanasiswabisamemanfaatkanperkembanganteknologiyangadauntukmeningkatkanprestasibelajarmereka.Selainitusikapberprestasijugabisamenentukantingkatkeberhasilansiswahanyadenganmelihatsikapberprestasisiswasemangatdankeinginansiswauntukberkembanglebihbaikdalamprosesbelajarmengajardanditunjangdenganhasilprestasibelajaryangdimilikisiswa.Sertamelaluiperhatianorangtuakarenasebagianbesarwaktusiswadihabiskandilingkungankeluargajadiapabilasiswamendapatkanperhatianorangtuayangpenuhmakaakanmembantusiswadalamprosesbelajarmengajarsebabadaperhatianorangtuayangakanselalumembantuberkomunikasidanmemenuhisegalakebutuhansiswademimeningkatkanprestasibelajarnya.VariabelyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodernitasindividusikapberprestasiPerhatianOrangTuasebagaivariabelindependendanprestasibelajarsebagaivariabeldependen.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruhsignifikanantaramodernitasindividusikapberprestasidanperhatianorangtuasecaraparsialdansimultanterhadapprestasibelajarsiswa.Rancanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.PolulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPLaboratoriumUniversitasNegeriMalangsedangkansampeldiambilsebanyak63siswadenganteknikpurposiverandomsampling.AdapunalatanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinearbergandadananalisadatamenggunakanbantuanSPSS16.0forwindowsdengantarafsignifikansi5%.Hasilpenelitianinimengungkapkanbahwamodernitasindividuberpengaruhpositifterhadapprestasibelajarsikapberprestasiberpengaruhpositifterhadapprestasibelajarperhatianorangtuaberpengaruhpositifterhadapprestasibelajardansecarasimultanmodernitasindividusikapberprestasidanperhatianorangtuaberpengaruhpositifterhadapprestasibelajar.Saranyangdapatdikemukakansehubungandenganpenelitianiniadalahbagisiswahendaknyadapatmeningkatkanmodernitasindividudansikapberprestasi.Bagiorangtuadiharapkandiharapkandapatmemberikanperhatiankepadasiswasehinggadapatmembantusiswadalammeningkatkanprestasibelajarnya.Bagiguruhendaknyadapatmemberikanpengarahankepadasiswamengenaiapapengaruhnyamodernitasindividusikapberprestasidanperhatianorangtuaterhadapprestasibelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitiandiluarvariabelpadapenelitianiniyangjugaberpengaruhterhadapprestasibelajar.