Pengaruh kebiasaan belajar dan intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS Ekonomi) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Heppy Dwi Ariadi
Main Author: | Ariadi, Heppy Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/39024/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKebiasaanBelajarIntensitasPemanfaatanInternetsebagaiSumberBelajarHasilBelajar.Kebiasaanbelajaryangbaikakanmeningkatkanresponsiswasertajugaakanmeningkatkanpemahamanakansuatumatapelajaran.Jikapemahamanakanmatapelajaranbaikniscayaakanmendapatkanhasilbelajaryangbaikpula.Kemampuanbelajarapabiladidukungdenganfasilitasbelajaryangmemadaidisekolahataupundirumahberupaperalatandanperlengkapanmakamemperolehhasilbelajaryangcenderunglebihbaik.DariteoritersebutpenelitiinginmencobamelakukanpenelitiandiSMPNegeri1yangnotabenemerupakansekolahfavoritdiKotaMalang.Disekolahtersebutterdapatberbagaifasilitasuntukmenunjangkegiatanbelajarmengajarsalahsatunyainternetbaikitudiruangmultimediadanfasilitashotspot.Namundalamhalpemanfaatannyasebagaisumberbelajarselamainidalampengamatanpenelitipenelitimenyimpulkankurangpemanfaatanyangseringdigunakanolehsiswalebihcenderungkehiburan.Olehkarenaitupenelitiinginmembuktikanapakahjikafasilitasbelajarmemadaiakanberdampakbaikpadahasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)pengaruhkebiasaanbelajarterhadaphasilbelajarsiswa(2)pengaruhintensitaspemanfaataninternetterhadaphasilbelajarsiswa(3)pengaruhkebiasaanbelajardanintensitaspemanfaataninternetterhadaphasilbelajarsiswaSMPN1Malang.SampelyangdigunakanadalahsemuakelasVIIIyangberjumlah153denganmenggunakanteknikpengambilansampelproportionalrandomsampling.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikangketdantes.AdapunteknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifdananalisisregresilinearbergandaBerdasarkananalisisdatamelaluiujityangdiuraikanpadababIVdapatdisimpulkanbahwakebiasaanbelajarberpengaruhsecarapositifdansignifikanterhadaphasilbelajarmatapelajaranIPS(Ekonomi).Dapatdilihatpadasumbangansebesarsecaraparsialsebesar223%danbernilaipositif.SedangkanuntukintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarjugaberpengaruhsecarasecarapositifdansignifikanterhadaphasilbelajarmatapelajaranIPS(Ekonomi)siswakelasVIII.).Dapatdilihatpadasumbangansebesarsecaraparsialsebesar181%danbernilaipositif.DansecarasimultanternyataadapengaruhjugaantaravariabelkebiasaanbelajardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarterhadaphasilbelajarmatapelajaranIPS(Ekonomi)siswaSMPNegeri1Malang.Dapatdilihatdarihasilanalisispengujiankoefisiendeterminasi(R2)diperolehnilaiRSquare(R2)0405ataupengaruhnyasebesar41%.Berdasarkanhasilpenelitianinimakasaranyangdiberikanadalah(1)bagisiswauntukterusmeningkatkankebiasaanbelajarnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardanselalumemanfaataninternetsecarapositifsebagaisumberbelajaragardapatmeningkatkanhasilbelajarnya.(2)bagigurudapatselalumeningkatkankebiasaanbelajarsiswadalamsetiapkegiatanbelajarmengajardanmemanfaatkanfasilitaspembelajaranyangtelahdisediakansecaramaksimal.Selainituselalumemberikanarahankepadapesertadidikuntukselalumemanfaatkaninternetuntukkegiatanyangpositifdanbermanfaatterutamasebagaisumberbelajar.(3)bagipenelitiselanjutnyauntukdapatmemperluasvariabellaindiluarvariabelyangdigunakandalampenelitianinikarenapadadasarnyamasihbanyakfaktoryangberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamisalnyafaktorinternalmotivasibakatintelegensidanfaktoreksternalmisalnyafasilitasbelajarlingkungankeluargalingkungansekolahdanlingkunganmasyarakat.