Hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011) / Reni Mayasari
Main Author: | Mayasari, Reni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38990/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKegiatanekstrakurikulerkebiasaankelajarprestasibelajarPendidikansangatpentingbagimasyarakatluaskususnyabidangIPSEkonomisekolahadalahsuatulembagasosialyangberfungsimemenuhiataumemuaskankebutuhan-kebutuhanmuriddalamhalpendidikan.Tujuanutamabagisiswaadalahmendapatkanprestasiyangmemuaskan(maksimal).Namununtukmemperolehprestasibelajaryangmaksimalbanyakfaktor-faktoryangmempengaruhinyayaitufaktorinternsepertikebiasaanbelajrdanfaktoreksternyaitukegiatanekstrakurikuler.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenelitihubungankeaktifankegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPSEkonomisertahubungankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarIPSEkonomisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangsemestergenaptahunajaran2010/2011.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.Datapeneltianiniberupahasilangketmengenaikeaktifankegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarsiswasertadatarata-ratanilaiulanganharianEkonomisemestergenap.Pengumpulandatadilakukandenganangketdandokumen.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenangketyangmenjadirespondenyaitusiswa.Untukmenjagakeabsahanangketdilakukandenganujivaliditasdanreliabilitasinstrumen.KegiatananalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifChi-SquaredanKoefisienKontingensi.Berdasarkanhasilanalisisdeskriptifdatatersebutdiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Mayoritaskeaktifankegiatanesktrakurikulersiswayangmenjadirespondentermasukkategorisedang.Sedangkanmayoritaskebiasaanbelajarsiswayangmenjadirespondentermasukkategoritinggi.DanmayoritassiswakelasVIIISMPNegeri21Malangmemilikiprestasitinggi.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapathubunganyangpositifantarakeaktifankegiatanekstrakurikulerdenganprestasibelajarsiswa.Adakecenderungansemakinseringataubanyaksiswayangterlibatdalamkegiatanekstrakurikulersemakinbaikprestasibelajarnya.Danterdapathubunganyangpositifantarakebiasaanbelajardenganprestasibelajarsiswa.Saran-saranyangdapatpenelitiberikansebagaiberikut.BagiSMPNegeri21Malanguntuklebihmemperbaikiwaktupelaksanaanyangtepatuntukkegiatanekstrakurikuleragarsiswadapatmembagiwaktubelajaragarsiswadapatmemilikiwaktuyangcukupuntukbelajardirumahdanmelakukankegiatanlaindiluarsekolah.Bagiguruagarselalumemotivasisiswauntukmempertahankanprestasibelajarbaiksiswa.Bagisiswasebaiknyamemilihkegiatanekstrakurikuleryangsesuidenganbakatdanminatagardapatmeningkatkanprestasiakademikdannonakademik.Selanjutnyabagipenelitilainagarmemperluaskajian/indikatorpenelitianpadavariabelkeaktifankegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajar.