Hubungan keaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS ekonomi (studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang semester genap tahun ajaran 2010/2011) / Reni Mayasari

Main Author: Mayasari, Reni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38990/
Daftar Isi:
  • KatakunciKegiatanekstrakurikulerkebiasaankelajarprestasibelajarPendidikansangatpentingbagimasyarakatluaskususnyabidangIPSEkonomisekolahadalahsuatulembagasosialyangberfungsimemenuhiataumemuaskankebutuhan-kebutuhanmuriddalamhalpendidikan.Tujuanutamabagisiswaadalahmendapatkanprestasiyangmemuaskan(maksimal).Namununtukmemperolehprestasibelajaryangmaksimalbanyakfaktor-faktoryangmempengaruhinyayaitufaktorinternsepertikebiasaanbelajrdanfaktoreksternyaitukegiatanekstrakurikuler.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenelitihubungankeaktifankegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPSEkonomisertahubungankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarIPSEkonomisiswakelasVIIISMPNegeri21Malangsemestergenaptahunajaran2010/2011.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.Datapeneltianiniberupahasilangketmengenaikeaktifankegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarsiswasertadatarata-ratanilaiulanganharianEkonomisemestergenap.Pengumpulandatadilakukandenganangketdandokumen.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenangketyangmenjadirespondenyaitusiswa.Untukmenjagakeabsahanangketdilakukandenganujivaliditasdanreliabilitasinstrumen.KegiatananalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifChi-SquaredanKoefisienKontingensi.Berdasarkanhasilanalisisdeskriptifdatatersebutdiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut.Mayoritaskeaktifankegiatanesktrakurikulersiswayangmenjadirespondentermasukkategorisedang.Sedangkanmayoritaskebiasaanbelajarsiswayangmenjadirespondentermasukkategoritinggi.DanmayoritassiswakelasVIIISMPNegeri21Malangmemilikiprestasitinggi.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapathubunganyangpositifantarakeaktifankegiatanekstrakurikulerdenganprestasibelajarsiswa.Adakecenderungansemakinseringataubanyaksiswayangterlibatdalamkegiatanekstrakurikulersemakinbaikprestasibelajarnya.Danterdapathubunganyangpositifantarakebiasaanbelajardenganprestasibelajarsiswa.Saran-saranyangdapatpenelitiberikansebagaiberikut.BagiSMPNegeri21Malanguntuklebihmemperbaikiwaktupelaksanaanyangtepatuntukkegiatanekstrakurikuleragarsiswadapatmembagiwaktubelajaragarsiswadapatmemilikiwaktuyangcukupuntukbelajardirumahdanmelakukankegiatanlaindiluarsekolah.Bagiguruagarselalumemotivasisiswauntukmempertahankanprestasibelajarbaiksiswa.Bagisiswasebaiknyamemilihkegiatanekstrakurikuleryangsesuidenganbakatdanminatagardapatmeningkatkanprestasiakademikdannonakademik.Selanjutnyabagipenelitilainagarmemperluaskajian/indikatorpenelitianpadavariabelkeaktifankegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajar.