Implementasi dan permasalahan guru dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Kunjang / Galuh Mardhika Damayanti

Main Author: Damayanti, Galuh Mardhika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38986/
Daftar Isi:
  • KataKunciIPSTerpaduPembelajaranIPSterpadumerupakansalahsatukebijakanyangditerapkandalamKTSP.PembelajaranIPSTerpadubertujuanagarsiswabisamencarimenggalidanmenemukankonsepsecaranyatasehinggapesertadidikmemperolehpengetahuansecaralangsungtentangsuatuilmuyangsedangdipelajarinya.OlehkarenaituperanangurusangatberpengaruhterhadaptercapainyatujuanpembelajaranIPSTerpadunamundalampenerapannyagurusedikitmengalamipermasalahankarenaharusmengintegrasikanmatapelajaranekonomigeografisejarahdansosiologi.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahaldariimplementasidanpermasalahanguruIPSdalampembelajaranterpaduyangmencakupperencanaanpembelajarandanprosespembelajaransertapermasalahanyangtimbuldalammodelpembelajaranIPSTerpadu.Jenispenelitiandalamskripsiiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Datapenelitianyangberupapaparankebahasaan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasi.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenmanusiayaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahandatadigunakantriangulasidata.Analisisdatamenggunakananalisisinduktifdenganmnggunakanthematicnetworkanalysis.Berdasarkanhasilanalisisdatamakadiperolehempattemuansebagaiberikut.PertamapersepsiguruIPSsudahcukupmemahamipengertiandantujuanpembelajaranIPSTerpadumeskipundalamimplementasinyamasihkurangmaksimal.KeduaPengembanganprogrampadaperencanaanpembelajaranyangberupasilabusdanRPPgurumemilikikemampuanuntukmengembangkansesuaidenganacuanyangdipaparkandalamperaturanmenteridandisusunsecarabersama-samadalamwadahMusyawarahGuruMataPelajaran.Penilaiandilakukanmenggunakanteknikpenilaianberbasiskelasdenganmelihataspekkognitifdanaspekafektifsaatprosespembelajaran.KetigaprosespembelajarantidaksesuaidenganapayangdirencanakandalamRPPkarenaketerbatasanwaktudanpenerapanmodelpembelajaranyangkurangsesuainamundalampembelajaranterpadugurusudahmengaitkansecarasekilasdariintegrasimatapelajaranIPSyaituantaraekonomigeografisejarahdansosiologi.PenggunaansumberbelajardanmediapembelajaranjugakurangoptimalkarenaketerbatasansaranadanprasaranayangdimilikiolehsekolahKeempatGurumengalamipermasalahandalampenerapanIPSterpaduyaitumengenaiguruyangharusmengajarbukanberdasarkeahliannyamateripelajaranyangterlalubanyaktetapialokasiwaktuyangkurangdankesulitandalammenentukanmediaataumodelpembelajaranyangcocokuntukditerapkandalampembelajaran.Saranyangdapatdiambiladalahsekolahlebihaktifdalammemfasilitasidanmelakukansosialisasisertapengawasanterhadapkinerjagurudalamprosespembelajaranterpadu.BagigurudisarankanuntukberusahadalampenguasaanpengetahuanmatapelajaranlainyangserumpundalamIPSdanmampumenciptakandanmempertahankaninovasibarudalampembelajaran.