Implementasi dan permasalahan guru dalam pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Kunjang / Galuh Mardhika Damayanti
Main Author: | Damayanti, Galuh Mardhika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38986/ |
Daftar Isi:
- KataKunciIPSTerpaduPembelajaranIPSterpadumerupakansalahsatukebijakanyangditerapkandalamKTSP.PembelajaranIPSTerpadubertujuanagarsiswabisamencarimenggalidanmenemukankonsepsecaranyatasehinggapesertadidikmemperolehpengetahuansecaralangsungtentangsuatuilmuyangsedangdipelajarinya.OlehkarenaituperanangurusangatberpengaruhterhadaptercapainyatujuanpembelajaranIPSTerpadunamundalampenerapannyagurusedikitmengalamipermasalahankarenaharusmengintegrasikanmatapelajaranekonomigeografisejarahdansosiologi.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahaldariimplementasidanpermasalahanguruIPSdalampembelajaranterpaduyangmencakupperencanaanpembelajarandanprosespembelajaransertapermasalahanyangtimbuldalammodelpembelajaranIPSTerpadu.Jenispenelitiandalamskripsiiniadalahpenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Datapenelitianyangberupapaparankebahasaan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasi.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandataberupainstrumenmanusiayaitupenelitisendiri.Untukmenjagakeabsahandatadigunakantriangulasidata.Analisisdatamenggunakananalisisinduktifdenganmnggunakanthematicnetworkanalysis.Berdasarkanhasilanalisisdatamakadiperolehempattemuansebagaiberikut.PertamapersepsiguruIPSsudahcukupmemahamipengertiandantujuanpembelajaranIPSTerpadumeskipundalamimplementasinyamasihkurangmaksimal.KeduaPengembanganprogrampadaperencanaanpembelajaranyangberupasilabusdanRPPgurumemilikikemampuanuntukmengembangkansesuaidenganacuanyangdipaparkandalamperaturanmenteridandisusunsecarabersama-samadalamwadahMusyawarahGuruMataPelajaran.Penilaiandilakukanmenggunakanteknikpenilaianberbasiskelasdenganmelihataspekkognitifdanaspekafektifsaatprosespembelajaran.KetigaprosespembelajarantidaksesuaidenganapayangdirencanakandalamRPPkarenaketerbatasanwaktudanpenerapanmodelpembelajaranyangkurangsesuainamundalampembelajaranterpadugurusudahmengaitkansecarasekilasdariintegrasimatapelajaranIPSyaituantaraekonomigeografisejarahdansosiologi.PenggunaansumberbelajardanmediapembelajaranjugakurangoptimalkarenaketerbatasansaranadanprasaranayangdimilikiolehsekolahKeempatGurumengalamipermasalahandalampenerapanIPSterpaduyaitumengenaiguruyangharusmengajarbukanberdasarkeahliannyamateripelajaranyangterlalubanyaktetapialokasiwaktuyangkurangdankesulitandalammenentukanmediaataumodelpembelajaranyangcocokuntukditerapkandalampembelajaran.Saranyangdapatdiambiladalahsekolahlebihaktifdalammemfasilitasidanmelakukansosialisasisertapengawasanterhadapkinerjagurudalamprosespembelajaranterpadu.BagigurudisarankanuntukberusahadalampenguasaanpengetahuanmatapelajaranlainyangserumpundalamIPSdanmampumenciptakandanmempertahankaninovasibarudalampembelajaran.