Implementasi budaya sekolah Islam dalam rangka pembinaan karakter siswa (studi kasus di MTsN 1 Tulungagung dan SMP Al Azhaar Tulungagung) / Laili Jumroatun

Main Author: Jumroatun, Laili
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3898/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKJumroatunL.2018.ImplementasiBudayaSekolahIslamidalamRangkaPembinaanKarakterSiswaStudiKasusdiMTsN1TulungagungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagungSkripsiJurusanAdministasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.H.BurhanuddinM.EdPh.DPembimbing(II)Dr.H.AhmadYusufSobriS.SosM.Pd.KataKuncibudayasekolahIslamipembinaankaraktersiswa.BudayasekolahIslamimerupakankebiasaan-kebiasaanpositifyangselaludilakukanolehsemuawargasekolahterutamapesertadidik.PenerapanbudayasekolahIslamidapatdijadikansebagaipembinaankaraktersiswamenjadikarakterIslamipula.BudayasekolahIslamiditerapkandisekolah-sekolahyangberbasissekolahIslamyaituMTsN1TulungagungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagung.KeduasekolahiniberbasisiIslaminamunmemilikiperbedaandalampengimplementasian.BerdasarkaninformasitersebutpenelitibermaksudmenelititentangimplementasibudayasekolahIslamidalamrangkapembinaankaraktersiswa.Fokuspenelitianyaitu(1)Nilai-nilaiyangterkandungdalambudayasekolahIslami(2)PerankepalasekolahdangurudalammengimplementasikanbudayasekolahIslamidalamrangkapembinaankaraktersiswadan(3)Masalah-masalahdansolusiyangdihadapidalamimplementasibudayasekolahIslamidalamrangkapembinaankaraktersiswa.PenelitianinidilaksanakandiMTsN1TulungagungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagungmenggunakanjeniskualitatifdenganrancanganstudikasus.Teknikpengumpulandatadilaksanakanmelaluiwawancaraobservasidandokumentasi.Analisisdatamenggunakananalisisdatakasustunggaldananalisislintaskasus.Pengecekankeabsahandatadilakukanmelaluitahap-tahaptekniktriangulasikecakupanreferensialperpanjanganwaktupengamatandanpengecekananggota.HasilpenelitianmenunjukanbahwaimplementasibudayasekolahIslamidalamrangkapembinaankaraktersiswadiMTsN1TulungangungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagungmeliputi(1)Nilai-nilaiyangterkandungdidalambudayasekolahIslamiperankepalasekolahdangurudanmasalahdansolusi.AdapunnilaiyangterkandungdalambudayasekolahIslamiyaitunilai-nilaiyangsesuaidenganajaranagamaIslam(2)PerankepalasekolahyaitumembuatsistempembagiantugasdansebagaileadersedangkanperanguruadalahmendidikdanmendampingisiswadalampenerapanbudayasekolahIslami.UntukmasalahdalamimplementasibudayasekolahIslamiberasaldarisiswayangmanasiswaadayangengganmelaksanakanbudayasekolahIslami(3)Untukmemecahkanmasalah-masalahtersebutmakadiperlukansolusi.Solusinyayaitudenganmembuatkantimkoordinatorkeagamaantidakbosan-bosanmenegurataumengingatkansiswadangurusenantiasamengajaksiswaberbuatbaikataumemberikancontohyangbertauladanbaik.iiBerdasarkanhasilpenelitianinidisarankan(1)KepalaMTsN1TulungagungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagungmempertahankannilai-nilaiIslamiyangditerapakankedalambudayasekolahIslamidimanakepalasekolahdapatmenciptakanbudayasekolahyangunggulagardapatmewujudkansekolahyangsemakinmajudanberkembang.Disampingitumampubersaingdengansekolahlainnya(2)Guru-gurudikeduasekolahiniperlumeningkatkankemampuanmembimbingdanmendidikpesertadidikdalamrangkamembentukkarakterpesertadidikmenjadikarakteryangsolehdansolehah(3)Orangtuaperlumeningkatkanpengawasanterhadapanaknyasaatdirumahagarpenanamannilai-nilaibudayaIslamidapatberjalandenganbaikdanmembentukkarakteranakdapatsukses(4)KetuaJurusanAdministrasiPendidikandapatmenjadikannyasebagaicontohpenerapankegiatanbudayasekolahIslamiyangditerapkandiMTsN1TulungagungdanSMPIslamAlAzhaarTulungagungdan(5)Penelitilaindapatmengembangkanpenelitianserupatetapidenganlingkupvariabelyangberbedadanmenjadireferensibagipenelitianselanjutnya.