Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Batu / Heny Lutfia Eka Bakti

Main Author: Bakti, Heny Lutfia Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/38976/
Daftar Isi:
  • KatakuncipembelajaranberbasismasalahketerampilanmemecahkanmasalahkemampuanberpikirkritisBerdasarkanobservasidanwawancarainformaldenganguruekonomikelasXIIPS1SMANegeri2BatumengenaikegiatanpembelajarandikelasXIIPS1diketahuibahwasiswakurangdapatmengembangkanketerampilandalammemecahkanmasalahdankemampuanberpikirkritisterhadapsuatumasalah.Selainitusiswakurangberperanaktifdanjaranguntukbertanyasertaberpendapatmengenaimateripelajaranekonomiyangtelahdisampaikanolehguru.Dalampembelajarandikelasguruekonomimasihmenerapkanmodelpembelajaranyangkonvensionaltanpaadanyavariasisehinggapembelajaranmenjadimonotondansiswamerasajenuh.Olehsebabitumakaperluditerapkanmodel-modelpembelajaraninovatifyangmengedepankansiswaaktifdandapatmengembangkanketerampilanmemecahkanmasalahsertakemampuanberpikirkritissiswa.Salahsatunyadenganmodelpembelajaranberbasismasalah.Penelitianinibertujuan(1)MenganalisisketerampilanmemecahkanmasalahsiswakelasXIIPS1SMANegeri2Batusetelahpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaranekonomipokokbahasansumber-sumberpenerimaandanjenis-jenispengeluaranpemerintahpusatdanpemerintahdaerah(2)MenganalisiskemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS1SMANegeri2Batusetelahpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaranekonomipokokbahasansumber-sumberpenerimaandanjenis-jenispengeluaranpemerintahpusatdanpemerintahdaerah.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifsedangkanjenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS1yangberjumlah38siswa.Prosedurpengumpulandatayangdigunakanantaralainobservasiangketteswawancaradandokumentasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanuntukmenilaiketerampilanmemecahkanmasalahdankemampuanberpikirkritissiswayaitudenganmenggunakanpersentasesiklusIdanII.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentaseskorrata-ratasiswadalamtesketerampilanmemecahkanmasalahpadasiklusIsebesar6569%denganklasifikasicukupbaikmenjadi8214%padasiklusIIdenganklasifikasibaik.SehinggadalamsiklusIIterjadipeningkatansebesar1645%.Sedangkanhasilpersentaseskorrata-ratasiswadalamteskemampuanberpikirkritissiklusIsebesar6842%denganklasifikasicukupbaikmenjadi7870%padasiklusIIdenganklasifikasibaik.SehinggadalamsiklusIIterjadipeningkatan1028%.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdankemampuanberpikirkritissiswapadamatapelajaranekonomikelasXIIPS1SMANegeri2Batu.Adapunsaranyangdapatdiberikanolehpenelitiantaralain(1)Bagisekolah(SMANegeri2Batu)diharapkanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatditerapkanterutamapadamatapelajaranekonomiagarhasilbelajarsiswasemakinmeningkat(2)Bagigurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkanketerampilanmemecahkanmasalahdankemampuanberpikirkritissiswa(3)Bagisiswadiharapkanuntukaktifdalamprosespembelajaranberbasismasalahdandapatlebihpekadalammenanggapipermasalahanekonomisecaranyatayangadadilingkungansekitarmereka(4)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyadapatmeneruskanpenelitianiniuntukditerapkanpadakelasdansekolahlaindenganmateriyangberbedasertamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilnyadapatmaksimal.