Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran ekonomi (IPS) (studi kasus di SMP Negeri 1 Singosari) / Yeri Kristian
Main Author: | Kristian, Yeri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38968/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKompetensiprofesionalgurupembelajaranekonomiPendidikanmerupakanhalyangsangatpentingdanberkaitandengansegalaaspekkehidupanmanusiayangbergunauntukmeningkatkankualitasdanmemberikansesuatuhalyangbarudanjugamemberikesempatanpadasiswauntukberkreasidanbelajardengantujuanagarperkembanganselanjutnyadapatmenjadilebihbaikdanjugadapatmenarikminatsiswauntukbelajar.Permasalahandalampenelitianiniadalahbagaimanaprosespembelajaranekonomi(IPS)sertakompetensiprofesionalguruekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosari.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.Datayangdiambilmeliputikegiatanprosespembelajaranekonomi(IPS)daninfomasimeliputikompetensiprofesionalguruekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosari.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosarimencakuptigatahapanpembelajaranyaituperencanaanpembelajaranmeliputiprogramtahunanprogramsemestersilabusdanrencanapembelajaranyangdiwajibkanbagiguru.PelaksanaanpembelajarandiSMPNegeri1Singosarisudahterstrukturdenganbaikyaitudiawalidaritahappendahuluantahapintidantahappenutup.Dalampenggelolaankelastidaksemuagurusudahdanmampumengkondisikankelassecaraoptimalsertaseringnyaseoranggurumeninggalkanjampelajaransehinggaprosespembelajaransiswamengalamikejenuhandanpembelajaranyangtidakefektif.Penilaianyangdilakukanolehgurumeliputipenilaianprosesdanhasilpembelajarandanmemberikannilaitambahbagisiswayangaktifkreatifdantepatwaktu.Bertolakdaripenelitianinidikemukakansaran-saransebagaiberikutKepadagurukhususnyaguruekonomi(IPS)hendaknyasebagaiseorangpendidikharusbertanggungjawabterhadapprofesinyasertaseoranggurudituntutkreatifdanmemilikiwawasanyangluasagarsiswatidakmengalamikejenuhan.Guruyangsudahmenguasaikemampuanprofesinyadenganbaikhendaknyalebihditingkatkanlagidenganmengikutiperkembanganpembelajaranekonomi(IPS)sedangkanguruyangkurangmemperhatikankemampuanprofesinyahendaknyalebihdisiplindanlebihmeningkatkankemampuannyasebagaigurusertabertanggungjawabterhadapprofesinyasebagaiseorangpendidik.Bagisekolahdiharapkandapatmemberikanmasukanpadaguruuntukmeningkatkanprosespembelajaranyangsecaratidaklangsungjugaakanmampumeningkatkanprestasibelajarsiswa.Selainitujugahasilpenelitianinidapatdijadikanpertimbangandalamrangkameningkatkanprofesionalismegurudisekolahyangbersangkutan.