Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran ekonomi (IPS) (studi kasus di SMP Negeri 1 Singosari) / Yeri Kristian

Main Author: Kristian, Yeri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38968/
Daftar Isi:
  • KatakunciKompetensiprofesionalgurupembelajaranekonomiPendidikanmerupakanhalyangsangatpentingdanberkaitandengansegalaaspekkehidupanmanusiayangbergunauntukmeningkatkankualitasdanmemberikansesuatuhalyangbarudanjugamemberikesempatanpadasiswauntukberkreasidanbelajardengantujuanagarperkembanganselanjutnyadapatmenjadilebihbaikdanjugadapatmenarikminatsiswauntukbelajar.Permasalahandalampenelitianiniadalahbagaimanaprosespembelajaranekonomi(IPS)sertakompetensiprofesionalguruekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosari.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahdeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanobservasiwawancaradandokumentasi.Datayangdiambilmeliputikegiatanprosespembelajaranekonomi(IPS)daninfomasimeliputikompetensiprofesionalguruekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosari.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranekonomi(IPS)diSMPNegeri1Singosarimencakuptigatahapanpembelajaranyaituperencanaanpembelajaranmeliputiprogramtahunanprogramsemestersilabusdanrencanapembelajaranyangdiwajibkanbagiguru.PelaksanaanpembelajarandiSMPNegeri1Singosarisudahterstrukturdenganbaikyaitudiawalidaritahappendahuluantahapintidantahappenutup.Dalampenggelolaankelastidaksemuagurusudahdanmampumengkondisikankelassecaraoptimalsertaseringnyaseoranggurumeninggalkanjampelajaransehinggaprosespembelajaransiswamengalamikejenuhandanpembelajaranyangtidakefektif.Penilaianyangdilakukanolehgurumeliputipenilaianprosesdanhasilpembelajarandanmemberikannilaitambahbagisiswayangaktifkreatifdantepatwaktu.Bertolakdaripenelitianinidikemukakansaran-saransebagaiberikutKepadagurukhususnyaguruekonomi(IPS)hendaknyasebagaiseorangpendidikharusbertanggungjawabterhadapprofesinyasertaseoranggurudituntutkreatifdanmemilikiwawasanyangluasagarsiswatidakmengalamikejenuhan.Guruyangsudahmenguasaikemampuanprofesinyadenganbaikhendaknyalebihditingkatkanlagidenganmengikutiperkembanganpembelajaranekonomi(IPS)sedangkanguruyangkurangmemperhatikankemampuanprofesinyahendaknyalebihdisiplindanlebihmeningkatkankemampuannyasebagaigurusertabertanggungjawabterhadapprofesinyasebagaiseorangpendidik.Bagisekolahdiharapkandapatmemberikanmasukanpadaguruuntukmeningkatkanprosespembelajaranyangsecaratidaklangsungjugaakanmampumeningkatkanprestasibelajarsiswa.Selainitujugahasilpenelitianinidapatdijadikanpertimbangandalamrangkameningkatkanprofesionalismegurudisekolahyangbersangkutan.