Perbandingan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dengan model make a match dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (Studi eksperimen kelas XI IPS Negeri 9 malang pokok bahasan kurs valuta asing) / Ana Afifatul Latifah

Main Author: Latifah, Ana Afifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/38959/
Daftar Isi:
  • KatakunciThinkPairShare(TPS)MakeaMatchHasilBelajarKegiatanpembelajaranmerupakanprosesberpikirsiswauntukmelengkapistrukturkognitifnyasehinggamemilikiketerhubunganantarakonsep-konseppengetahuandidalamnya.Halinidipengaruhiolehfaktorinternaldaneksternalyangkompleks.GurusebagaifasilitatorharusmampumemilihdanmenentukanpendekatanmetodedanmodelpembelajaranyangtepatdenganpokokbahasanyangakandipelajarisehinggasiswamampumencapaihasilbelajardiatasKKM.PenerapanmodelpembelajaranMakeaMatchmenyebabkanhasilbelajarsiswakelasXIIPSSMANegeri9MalangpadamatapelajaranekonomikhususnyapokokbahasanKursValutaAsingmasihdibawahKKM.HalinikarenamodelpembelajaranMakeaMatchadalahmodelpembelajaranyangmengoptimalkanaktivitasinteraksisiswadankurangdalamkontruksipengetahuanuntukmelengkapistrukturkognitifsiswasehinggakegiatanpembelajaranmenjadikurangbermaknabagisiswa.PenerapanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)dipercayamampumengatasimasalahrendahnyahasilbelajarsiswapadapokokbahasanKursValutaAsing.ModelpembelajaranThinkPairShare(TPS)merupakanmodelpembelajaranyangmengembangkanaspekkognitifmeliputistrukturisidanfungsiyangmenekankanpadaorganisasi-organisasimentaltingkattinggiuntukmemecahkanmasalah-masalahsertaprosesperkembanganintelektualtermasukkonstruksi.Tujuandaripenelitianiniadalah1)UntukmengetahuihasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)padapokokbahasanKursValutaAsingkelasXIIPSSMANegeri9Malang2)UntukmengetahuihasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelMakeaMatchpadapokokbahasanKursValutaAsingkelasXIIPSSMANegeri9Malangdan3)UntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)denganhasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelMakeaMatchpadapokokbahasankursvalutaasingkelasXIIPSSMANegeri9Malang.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimendenganrancanganpenelitianadalahPreExperimentalDesign.PopulasipadapenelitianadalahseluruhsiswakelasXIIPSSMANegeri9Malang.Sedangkansampelyangdiambilterdiridariduakelasdimanasatukelassebagaikelompokeksperimen1yaitukelasXIIPS-2dansatukelassebagaikelompokeksperimen2yaitukelasXIIPS-3yangdiambildengantekniksimplerandomsampling.Datadiambildaridokumentasiwawancaradantes(pretestdanposttest).Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifujipersyaratanyaituujinormalitasdanujihomogenitasdanujihipotesisyaituujibedarata-ratakemampuanawal(ttest)kemampuanakhir(ttest)dangainvalue(ttest).HasilpenelitianmenunjukanbahwaadaperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)denganpeningkatanhasilbelajarekonomisiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifmodelMakeaMatch.DarihasilanalisisstatistikdenganmenggunakanUji-tdiperolehhasil1)Nilairata-ratapretestdarikelompokeksperimen1adalah388889dannilaipretestpadakelompokeksperimen2adalah3644742)Nilairata-rataposttestkelompokeksperimen1yangdiajardenganmodelThinkPairShare(TPS)sebesar801389dannilairata-rataposttestkelompokeksperimen2yangdiajardenganmodelMakeaMatchsebesar682895dan3)Rata-ratagainvaluekelompokeksperimen1yangdiajardenganmodelThinkPairShare(TPS)sebesar412500sedangkanrata-ratagainvaluekelompokeksperimen2yangdiajardenganmodelMakeaMatchsebesar318421.HalinimenunjukkanbahwapeningkatanhasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)lebihtinggidaripadapeningkatanhasilbelajarekonomisiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelMakeaMatch.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankansebagaiberikut1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMANegeri9Malangkhususnyadandisekolahlainumumnyadisarankanuntuklebihselektifdalammenentukanmodelpembelajaranyangsesuaidenganpokokbahasanyangdiajarkan2)BagilembagapendidikandaninstitusiyangterkaitdisarankanuntukmembantumensosialisasikanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)danmengadakankerjasamadenganperguruantinggiuntukmeningkatkankemampuangurumelaluipelatihandanpenatarancaramenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)disekolah-sekolahsecarabenardan3)BagipenelitianlanjutandisarankanuntukmenerapkanmodelThinkPairShare(TPS)padapokokbahasanyangberbedadansampelyanglebihluassehinggadapatdiketahuiapakahterdapathasilyangsamadenganhasilpenelitianini.UntukmendapatkanpenelitianyangakuratdisarankanuntukmenelitidanmembandingkanmodelThinkPairShare(TPS)denganbeberapamodellainselainmodelMakeaMatchsehinggagurudapatmemilihmodelpembelajaranyangbenar-benarefektifdalammeningkatkanhasilbelajarekonomi.Disarankanpulauntukdiadakanpenelitianlanjutandenganmengukurhasilbelajartidakhanyadariranahkognitifsajatetapijugaranahafektifdanpsikomotoragarmenghasilkanpenelitianyangmemilikinilailebih.KarenaresponsiswaterhadappenerapanpembelajaranmodelThinkPairShare(TPS)dalampenelitianinibelumdapatdiungkapkanmakadisarankanpenelitianberikutnyadapatmengungkapkanhaltersebut.