Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar, minat belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu / Rusmianto
Main Author: | Rusmianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38941/ |
Daftar Isi:
- KataKuncipersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajarmotivasibelajarprestasibelajarPrestasibelajarmerupakansuatuhasilpendidikanyangdiperolehsiswasetelahmelewatiprosespendidikandalamjangkawaktutertentu.Prestasibelajarmempunyaiperananyangsangatpentingdalampendidikanbahwakualitaspendidikandicerminkanantaralainolehprestasibelajarsiswapadamatapelajaranyangtelahdipelajaridisekolah.Olehkarenaituprestasibelajarpenekanannyapadahasilyangdicapaidarisuatukegiatan.Peningkatanprestasibelajarsiswadipengaruhiolehbeberapafaktordiantaranyapersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajardanmotivasibelajar.Keterampilangurudalammengajarmerupakanstimulusyangakanmendapatkantanggapandarisiswa.Siswayangmempersepsikanketerampilanmengajargurusecarapositifakanberpengaruhbaikdalamprosesbelajarnyasehinggaakanmeningkatkanprestasibelajarnya.Selainituminatbelajardanmotivasibelajarjugasangatberpengaruhdalamkegiatanbelajarmengajar.Minatpadasuatupelajaranakanmembuatsiswamenikmatipelajarantanpaadaperasaantertekan.Sedangkanmotivasidalambelajarakanmendorongsiswauntukgiatdalambelajartanpaadanyaunsurketerpaksaan.Siswayangmemilikiminatdanmotivasidalambelajarmakaiaakanmemilikikesadarandalamdirinyauntukbersungguh-sungguhdalammengikutikegiatanbelajarmengajarsehinggahasilbelajaryangdicapaiakanlebihoptimal.Penelitianinidilakukanuntukmenganalisispengaruhpersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajardanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswa.Metodeyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasionaldengantigavariabelbebasyaitupersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajardanmotivasibelajarsertasatuvariabelterikatyakniprestasibelajar.PenelitianinidilakukandiSMANegeri1BatudenganpopulasisiswakelasXsebanyak301siswa.Teknikpengambilansampelyaitusimplerandomsamplingsehinggadidapatsampel72siswa.Teknikpengumpulandatadenganmenggunakanangketdandokumentasi.DatayangterkumpuldianalisisdenganmenggunakananalisisstatisticdeskriptifdaninferensialdenganbantuanprogramSPSS15forwindows.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilsebagaiberikut(1)secaraparsialpersepsisiswatentangketerampilanmengajarguruminatbelajardanmotivasibelajarberpengaruhterhadapprestasibelajar.(2)DarihasilpengujiansecarasimultandenganmenggunakananalisisregresilinierbergandadiketahuibahwanilaiR-square0652atau652%.Halinimengindikasikanbahwaprestasibelajarekonomiditentukansebesar652%olehpersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajardanmotivasibelajar.Darihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwasecaraparsialdansimultanpersepsisiswatentangketerampilangurumengajarminatbelajardanmotivasibelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Sehinggadisarankanbagigurudansekolahuntuksenantiasameningkatkanketerampilangurudalammengajardanmendorongtumbuhnyaminatdanmotivasisiswadalambelajar.Bagisiswadisarankanuntuksenantiasameningkatkanminatdanmotivasibelajardalamrangkameningkatkanprestasibelajar.Sedangkanuntukpenelitilainyangmenghendakiuntukmelakukanpenelitiansejenisdisarankanuntukmengambilpopulasiataupunsampelyanglebihbesardanwilayahyanglebihluassehinggadapatmemberikanhasilyanglebihakuratdandapatmengungkaplebihbanyakpermasalahanyangada.