Perbandingan penerapan pembelajaran aktif (active learning) model cooperative script dengan model articulation dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Sukorejo / Heska Wulandari

Main Author: Wulandari, Heska
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38934/
Daftar Isi:
  • KataKuncicooperativescriptarticulationhasilbelajarPembelajaranaktif(activelearning)merupakansalahsatualternatifyangdapatditerapkandikelasuntukmendorongsiswaagarlebihaktifdalammengikutiprosesbelajarmengajaryangsedangberlangsungsehinggadapatmenggeserpembelajaranyangselamainiseringditerapkanyaitupembelajaranyangberpusatpadaguru(teachercentered)menjadistudentcentered.NamunkondisisepertiyangdiharapkandiatasmasihbelumditerapkandikelasterutamadiSMPNegeri1Sukorejokhususnyapadamatapelajaranekonomipadapokokbahasanperusahaandanbadanusaha.Guruekonomidisekolahinimasihseringmenerapkanpembelajarankonvensional(ceramah).Dalampembelajaraninigurumenjadisatu-satunyasumberbelajarsedangkansiswaberperanpasifdantidakjarangsiswamerasabosanmenerimapelajaranbahkanterkadangsiswakebingungandanbelummengertidenganpenjelasanyangdisampaikanolehguru.Salahsatusolusiyangdapatdigunakanuntukmemecahkanmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanpembelajaranaktif.Adabeberapamacamjenismodelpembelajaranaktifdiantaranyayaitumodelcooperativescriptdanmodelarticulationarticulationadalahmodelpembelajaranyangmenuntutsiswaaktifdalampembelajarandimanasiswadibentukmenjadikelompokkecilyangmasing-masingsiswadalamkelompoktersebutmempunyaitugasmewawancaraitemankelompoknyatentangmateriyangbarudibahas.Denganmenerapkankeduamodelpembelajarandiatasdiharapkansiswadapatlebihaktifselamaprosespembelajaranberlangsungsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitianpreexperimentaldesigndenganrancanganyangdigunakanadalahthestaticgrouppretestpostestdesignDalampenelitianinipenelitimelakukaneksperimendenganmenerapkanmodelpembelajaranbaruyangbelumpernahdigunakandikelas.Penelitimengambilduakelassampelyangdiberinamakelaseksperimen1dankelaseksperimen2dankemudianmengukurdanmembandingkanhasilbelajarsiswadarimasing-masingkelastersebut.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahdokumentasilembarwawancaraterstrukturlembarobservasidantes.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifujipersyaratanyaituujinormalitasdanujihomogenitasdanujihipotesisyaituujibedarata-ratakemampuanawal(t-test)kemampuanakhir(ttest)dangainvalue(t-test).Denganditerapkannyakeduamodeltersebutdikeduakelasyangberbedasiswamerasalebihsenangdalammenerimapelajaran.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehkesimpulansebagaiberikut.Pertamaadapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajarkandenganmenerapkanpembelajaranaktif(activelearning)modelcooperativescript.Peningkatanhasilbelajardilihatdarinilairata-ratapretestsiswasebelumdiberikanperlakuandandarinilairata-ratapostestsiswasetelahdiberikanperlakuan.Nilairata-ratapretestsiswakelasyangdiajardenganmodelcooperativescriptsebesar4064sedangkannilairata-ratapostestnyasebesar7449.KeduaadapeningkatanhasilbelajarsiswakelasVIIyangdiajarkandenganmenerapkanpembelajaranaktif(activelearning)modelarticulation.Nilairata-ratapretestsiswakelasyangdiajardenganmodelarticulationsebesar4188.Sedangkannilairata-ratapostestyaitu8463.KetigahasilbelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaranekonomipokokbahasanperusahaandanbadanusahadiSMPNegeri1Sukorejoyangdiajarkandenganmenerapkanpembelajaranaktif(activelearning)modelarticulationlebihmeningkatjikadibandingkandenganhasilbelajarsiswayangdiajarkandenganmenerapkanpembelajaranaktif(activelearning)modelcooperativescript.Halinidapatdilihatdarinilairata-ratagainvaluekeduakelas.Kelasdenganmodelcooperativescriptmemilikinilairata-ratagainvaluesebesar3385sedangkankelasdenganmodelarticulationsebesar4275..Modelcooperativescriptadalahmodelbelajardimanasiswabekerjaberpasangandansecaralisanmengikhtisarkanbagian-bagiandarimateriyangdipelajari.