Perbandingan efektivitas pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) dengan pembelajaran kontekstual metode questioning dilihat dari peningkatan hasil belajar (STUdi eksperimen pada pembelajaran ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Pakuniran-Probolinggo) / Roni Wi

Main Author: Wiranata, Roni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38926/
Daftar Isi:
  • KatakunciTwoStayTwoStray(TSTS).DalampembelajaranmodelinisiswatidakhanyamendengarkanguruyangsedangmengajarmodelTwoStayTwoStray(TSTS)diajarkanuntukmelatihkemampuanberkelompoksiswadanlebihberperanaktifyangnantinyadapatmeningkatkanhasilbelajardalampelajaranekonomi.MetodeQuestioningdenganadanyakeinginansiswauntukbertanyasehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Selainsiswamemilikikeinginanbertanyagurujugamemberikanpertanyaankepadasiswaagardapatmemicusiswauntukberfikir.Tujuandaripenelitianiniadalah1)UntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganPembelajaranKooperatifModelTwoStayTwoStray(TSTS)padapokokbahasankegiatanpokokekonomikelasVIISMPNegeri2Pakuniran2)UntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajaranPembelajaranKontekstualMetodeQuestioningpadapokokbahasankegiatanpokokekonomikelasVIISMPNegeri2Pakunirandan3)UntukmengetahuiperbedaanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaranekonomidiSMPNegeri2PakuniranyangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelTSTS(TwoStayTwoStray)dibandingkandenganpembelajarankontekstualmetodeQuestioningpadapokokbahasankegiatanpokokekonomikelasVIISMPNegeri2Pakuniran.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimendenganrancanganpenelitianadalahTrueExperimentalDesign.PopulasipadapenelitianadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri2Pakuniran.SedangkansampelyangdiambilterdiridariduakelasdimanasatukelassebagaieksperimenyaitukelompokAdankelompokBkelompokkontrolyangdiambildenganteknikProporsionalRandomSamplingwawancara.DuakelompokpenelitianinimendapatkanperlakuanyangberbedakelaseksperimenmendapatperlakuanmodelTwoStayTwoStray(TSTS)sedangkankontrolmendapatkanperlakuanQuestioning.Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifujipersyaratanyaituujinormalitasdanujihomogenitasdanujihipotesisyaituujibedarata-ratakemampuanawal(ttest)kemampuanakhir(ttest)dangainvalue(ttest).DarihasilpenelitiandiketahuibahwaadaperbedaanyangsignifikanantarapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStrayQuestioning.DarihasilanalisisstatistikdenganmenggunakanUji-tdiperolehhasil1)Nilairata-ratapretestdarikelompokeksperimenadalah2375dannilaipretestpadakelompokcontroladalah22362)Nilairata-rataposttestkelompokeksperimensebesar8014dannilairata-rataposttestkelompokkontrolsebesar7153dan3)Rata-ratagainvaluekelompokeksperimensebesar5639sedangkanrata-ratagainvaluekelompokkontrolsebesar4917.HalinimenunjukkanbahwapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStrayQuestioning.(TSTS)lebihtinggidaripadapeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajaranKontekstualMetode(TSTS)denganpeningkatanhasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajaranKontekstualMetode.DatadiambildariobservasidokumentasidanTwoStayTwoStray(TSTS)QuestioningHasilBelajarPembelajarankooperatifadalahsalahsatualternatifstrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmendorongsiswaagarterlibatsecaraaktifdalampembelajaran.Pembelajarankooperatifmampumenciptakanpembelajaranyangdapatmengajaksiswasatudansiswayanglainnyasalingberinteraksisertaaktifdalambertukarpengetahuandalamkelompokuntukmeningkatkanhasilbelajarnya.Sedangkanpembelajarankontekstualyangditerapkanagarsiswalebihtanggapterhadappermasalahansecararasional.Dalamkelaskontekstualtugasguruperlumembantusiswauntukmencapaitujuanbelajarnya.SalahsatupembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahdenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelilihatdariPeningkatanHasilBelajar(StudiEksperimenpadaPembelajaranEkonomiKelasVIISMPNegeri2Pakuniran-Probolinngo).