Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achiement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dfan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang-Batang Sumenep / Syafaatul Hidayati

Main Author: Hidayati, Syafaatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38924/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajarankooperatiftipeSTADmotivasihasilbelajarMetodepembelajaranmerupakanunsurpentingyangmendukungtercapainyasuatutujuanyangtelahditetapkandalamprosesbelajarmengajar.Melaluimetodepembelajaranseoranggurudapatmerancangdanmengarahkanprosespembelajaranyangbermaknabagisiswa.Olehkarenaituguruharuspekadanmampumemilihsertamenentukanmetodepembelajaranyangmengarahkansiswauntuklebihaktifdalamprosesbelajaragartercapaihasilbelajaryangoptimal.Strategiyangmenuntutketerlibatansiswasecaraaktifdalamprosesbelajaradalahpembelajarankooperatif.SalahsatutipedalammodelpembelajarankooperatifadalahStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADpadamatapelajaranIPSkelasVIIIdiSMPNegeri1Batang-BatangSumenep(2)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri1Batang-BatangSumenep(3)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri1Batang-BatangSumenep(4)untukmengetahuipenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri1Batang-BatangSumenep.PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Waktupelaksanaanpenelitianiniselamaduasiklusmulaitanggal1Februarisampaitanggal14Februari2011.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-1SMPNegeri1Batang-BatangSumenepsebanyak39siswayangterdiridari23siswalaki-lakidan16siswaperempuan.BerdasarkanhasilperhitungandatamenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadarisiklusIkesiklusII.UntukitumakadisarankanbagigurumatapelajaranIPSdiSMPNegeri1Batang-BatangSumeneppadakhususnyadanguruIPSdisekolahlainpadaumumnyauntukmenerapkanmodelpembelajarankooperatifdengantipeSTADsebagaisalahsatualternatifdalampembelajarandidalamkelas.Bagipenelitilanjutanuntukdiadakanpenelitianlanjutandengancakupanmateriyanglebihluasdanmemadukanbeberapametodepembelajaranyangdikenalselamaini.Disampingitubagidinaspendidikansetempatsupayalebihseringmemberikanpenyuluhan-penyuluhantentangmodelpembelajaranyangadasekarangsecarameratapadasemuasekolah-sekolahbaikyangadadikotamaupundikecamatan.