Pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang) / Okta Imindia Sari

Main Author: Sari, Okta Imindia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/38912/
Daftar Isi:
  • KataKunciFasilitasBelajarDiSekolahLatarBelakangSosialEkonomiOrangTuaPrestasiBelajarSiswa.Belajarmerupakanprosesperubahantingkahlakuseseorangberkatpengalamandanlatihan.Padasaatproseskegiatanbelajarmengajarberlangsungsetiapsiswatentuberharapakanmendapatkanprestasibelajaryangbaikdanmemuaskansesuaidenganusahayangtelahdilakukan.Halinidipengaruhiolehbanyakfaktoryangmeliputifaktorinternaldaneksternal.Diantarasemuafaktortersebutterdapatfaktorfasilitasbelajardanlatarbelakangsosialekonomiorangtuayangturutmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Fasilitasbelajarmenyangkutketersediaanhal-halyangdapatmemberikankemudahanbagiperolehanpengalamanbelajaryangefektifdanefisien.Pemanfaatanfasilitasbelajaryangmemadaiakandapatmenumbuhkandayaimajinasisiswauntukberkreasidanmembuatprosespembelajaranakanberjalandenganlancarteraturdannyamansertadapatmenghadapiperkembanganteknologi.Keluargamerupakanlembagasosialpertamayangdikenalolehanakdandalamkeluargainidapatditanamkansikap-sikapyangdapatmempengaruhiperkembangananakselanjutnya.Keluargabertanggungjawabmenyediakandanauntukkebutuhanpendidikananak.Tentunyaorangtuaturutberperanpentingdalammeningkatkanprestasibelajaranak.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpengaruhfasilitasbelajardisekolahdanlatarbelakangsosialekonomiorangtuaterhadapprestasibelajarsiswa.PenelitianinidilakukandiSMANegeri9MalangkelasXIIPS.Jenispenelitianinideskriptifkuantitatifdaninstrumentyangdigunakanberupakuisionerdandokumentasi.Jumlahsampelsebanyak58siswayangdiambildarijumlahpopulasisebanyak139siswa.Teknikanalisisinimenggunakananalisisdeskriptifujiasumsiklasikregresibergandadanujihipotesis.Berdasarkanhasilanalisisdatadiketahuibahwafasilitasbelajardisekolahmemilikipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.Terbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaitsebesar2421dengansignifikansit0.019padatingkatsingnifikansi0.05.latarbelakangsosialekonomiorangtuamemilikipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.Terbuktidengandiperolehnilaitsebesar10236dengansignifikansit0.000padatingkatsignifikansi0.05.DiketahuiSecarasimultanbahwafasilitasbelajardisekolahdanlatarbelakangsosialekonomiorangtuamemilikipengaruhsignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.TerbuktidarihasilanalisisdiperolehnilaiFsebesar54854dengansignifikansiF0.000padatingkatsignifikansi0.05.DarihasilanalisisdapatdisimpulkanbahwafasilitasbelajardisekolahdanlatarbelakangsosialekonomiorangtuaberpengaruhsecaraparsialdansimultanterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri9Malang.Saranyangdiajukandarihasilpenelitianadalah(1)bagiSMANegeri9Malanghendaknyamemperhatikankebutuhanbelajarsiswaterutamakebersihanruangsekolahdanmemperbaikifasilitasbelajaryangtelahadaterutamafasilitasyangmenunjangdalamprosespembelajaran.Bagisiswayangberprestasidanlatarbelakangsosialekonomiorangtuanyakurangmampudiharapkansekolahbisamemperhatikannyadenganmemberikanbeasiswaatauprogramorangtuaasuhyangbersediamembantumemenuhibiayapendidikan(2)bagiguruutamanyagurumatapelajaranekonomihendaknyaselalumemperhatikanperkembanganpendidikananakdidiknyadengancaratidakmembeda-bedakanpesertadidikdaritingkatstatussosialekonomikeluarganyaakantetapilebihmemperhatikanperkembangandanmempertahankanminatbelajarpesertadidik(3)Bagisiswayangberprestasidanlatarbelakangsosialekonomiorangtuanyakurangmampudiharapkanbisatetaptermotivasiuntukberprestasidalambelajar.Fasilitasyangadadisekolahseharusnyadimanfaatkanlebihmaksimallagiolehsiswa(4)bagipenelitiselanjutnyaapabilamelakukanpenelitianserupahendaknyamengadakanpenelitianlebihlanjutmengenaifasilitasbelajardanlatarbelakangsosialekonomiorangtuadenganmenambahkajianvariabelyanglainsekiranyadapatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.