Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di asrama terhadap hasil belajar siswa Ma'had al Qalam Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Irma Yunita
Main Author: | Yunita, Irma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38907/ |
Daftar Isi:
- KataKuncifasilitasbelajarasramadanbelajarLingkungantempattinggalmerupakansalahsatufaktoryangakanmempengaruhibelajarsiswasalahsatutempattinggalbagisiswaadalahasrama.Didirikannyasebuahasramadisekolahmemilikitujuantertentuyaituuntukmeningkatkankualitaspembinaansecarautuhdankomprehensifsehinggasekolahmelengkapiasramadenganfasilitasbelajaryangmemadai.Adanyafasilitasbelajardiasramadiharapakandapatmenunjangproses/kegiatanbelajarsiswadiasrama.Dalamprosespembelajaranpencapaiantingkatkeberhasilandaridapatdilihatmelaluihasilbelajaryangdiperolehsiswadisekolah.TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuibagaimanapemanfaatanfasilitasbelajardiasramakegiatanbelajarsiswadiasramahasilbelajarsiswadanhubunganantarapemanfaatanfasilitasdanhasilbelajarsiswayangbertempattinggaldiMahadAlQalamMAN3Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiandenganpendekatankuantitatifyangdilaksanakanpadabulanApril-Juli2010.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswaMadrasahAliyahNegeri3MalangyangbertempattinggaldiMahadAlQalamMAN3MalangkhususnyapadasiswakelasXIdanXIItahunajaran2010/2011.AnalisisdatasecaradeskriptifdigambarkandenganbantuanprogramMicrosoftExcel2007denganteknikdiagramlingkaran(pie)sehinggamemudahkanmengetahuipersentasedarihasiljawabanresponden.SedangkananalisisdatatentangadatidaknyahubunganpemanfaatanfasilitasbelajaryangberkategoribaikcukupbaikataupunkurangbaikdenganhasilbelajaryangdidapatkandenganmenggunakanbantuanprogramSPSSforWindows16.00denganteknikanalisisCrosstabsdanChiSquareTest.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemanfaatanfasilitasbelajardiasramaantarsiswamemilikikategoriyangberbeda-beda.Sebagianbesarsiswamampumemanfaatkanfasilitasbelajardengancukupbaikyaitusebesar121siswa(92%).Kegiatanbelajarsiswadiasramasangatberagamsepertihalnyakebiasaansiswadalammembacamaterimengulangmateridankebiasaanlainyangdilakukandalammengisiwaktuluang.Hasilbelajaryangdidapatkansiswasebagianbesarberadapadatingkatketuntasanbelajaryangmemuaskan(kategorisedang)antaranilai796841.DarihasilujiChiSquarediperolehkesimpulanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanantarasiswayangmemanfaatkanfasilitasbelajardengankategoribaikcukupbaikataupunkurangbaikterhadaphasilbelajaryangdidapatkan.Halinidapatterjadikarenakemungkinanterdapatfaktorlainyangberpengaruhterhadapprosesbelajarsiswa.Sarandaripenelitianini(1)Bagimadrasahdiharapkandapatterus-menerusmeningkatkanfasilitasbelajardiasramadangurumatapelajaranhendaknyamampumenciptakanprosespembelajaranyangmenyenangkanuntukmeningkatkanmotivasisiswa(2)Bagipembinadanpengurusasrama(MahadAlQalam)mampumenciptakaniklimyangkondusifbagisantribaikdalamhalpembelajaranmaupundalamsegalaaspekyangterciptadiasramasehinggasantrimerasanyamandansenangtinggaldiasrama(3)Bagiorangtua/walidiharapkantetapmemperhatikanputra-putrinyadenganmenjagakomunikasidanmelakukanpengawasan(4)Bagisiswadiharapkandapatmenjalankansemuakewajibannyasebagaisantridiasramadansebagaisiswadimadrasahdanselaluberkonsultasijikamenemukansebuahpermaslahan(5)BagimahasiswadiharapkandapatmengembangkanpenelitianinipadabidangstuditertentuuntukmendapatkanhasilyanglebihnyatatentangkeadaansiswadiasramaMahadAlQalamMAN3Malang.