Hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di asrama terhadap hasil belajar siswa Ma'had al Qalam Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Irma Yunita

Main Author: Yunita, Irma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/38907/
Daftar Isi:
  • KataKuncifasilitasbelajarasramadanbelajarLingkungantempattinggalmerupakansalahsatufaktoryangakanmempengaruhibelajarsiswasalahsatutempattinggalbagisiswaadalahasrama.Didirikannyasebuahasramadisekolahmemilikitujuantertentuyaituuntukmeningkatkankualitaspembinaansecarautuhdankomprehensifsehinggasekolahmelengkapiasramadenganfasilitasbelajaryangmemadai.Adanyafasilitasbelajardiasramadiharapakandapatmenunjangproses/kegiatanbelajarsiswadiasrama.Dalamprosespembelajaranpencapaiantingkatkeberhasilandaridapatdilihatmelaluihasilbelajaryangdiperolehsiswadisekolah.TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuibagaimanapemanfaatanfasilitasbelajardiasramakegiatanbelajarsiswadiasramahasilbelajarsiswadanhubunganantarapemanfaatanfasilitasdanhasilbelajarsiswayangbertempattinggaldiMahadAlQalamMAN3Malang.PenelitianinimerupakanpenelitiandenganpendekatankuantitatifyangdilaksanakanpadabulanApril-Juli2010.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswaMadrasahAliyahNegeri3MalangyangbertempattinggaldiMahadAlQalamMAN3MalangkhususnyapadasiswakelasXIdanXIItahunajaran2010/2011.AnalisisdatasecaradeskriptifdigambarkandenganbantuanprogramMicrosoftExcel2007denganteknikdiagramlingkaran(pie)sehinggamemudahkanmengetahuipersentasedarihasiljawabanresponden.SedangkananalisisdatatentangadatidaknyahubunganpemanfaatanfasilitasbelajaryangberkategoribaikcukupbaikataupunkurangbaikdenganhasilbelajaryangdidapatkandenganmenggunakanbantuanprogramSPSSforWindows16.00denganteknikanalisisCrosstabsdanChiSquareTest.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemanfaatanfasilitasbelajardiasramaantarsiswamemilikikategoriyangberbeda-beda.Sebagianbesarsiswamampumemanfaatkanfasilitasbelajardengancukupbaikyaitusebesar121siswa(92%).Kegiatanbelajarsiswadiasramasangatberagamsepertihalnyakebiasaansiswadalammembacamaterimengulangmateridankebiasaanlainyangdilakukandalammengisiwaktuluang.Hasilbelajaryangdidapatkansiswasebagianbesarberadapadatingkatketuntasanbelajaryangmemuaskan(kategorisedang)antaranilai796841.DarihasilujiChiSquarediperolehkesimpulanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanantarasiswayangmemanfaatkanfasilitasbelajardengankategoribaikcukupbaikataupunkurangbaikterhadaphasilbelajaryangdidapatkan.Halinidapatterjadikarenakemungkinanterdapatfaktorlainyangberpengaruhterhadapprosesbelajarsiswa.Sarandaripenelitianini(1)Bagimadrasahdiharapkandapatterus-menerusmeningkatkanfasilitasbelajardiasramadangurumatapelajaranhendaknyamampumenciptakanprosespembelajaranyangmenyenangkanuntukmeningkatkanmotivasisiswa(2)Bagipembinadanpengurusasrama(MahadAlQalam)mampumenciptakaniklimyangkondusifbagisantribaikdalamhalpembelajaranmaupundalamsegalaaspekyangterciptadiasramasehinggasantrimerasanyamandansenangtinggaldiasrama(3)Bagiorangtua/walidiharapkantetapmemperhatikanputra-putrinyadenganmenjagakomunikasidanmelakukanpengawasan(4)Bagisiswadiharapkandapatmenjalankansemuakewajibannyasebagaisantridiasramadansebagaisiswadimadrasahdanselaluberkonsultasijikamenemukansebuahpermaslahan(5)BagimahasiswadiharapkandapatmengembangkanpenelitianinipadabidangstuditertentuuntukmendapatkanhasilyanglebihnyatatentangkeadaansiswadiasramaMahadAlQalamMAN3Malang.