Penerapan metode pembelajaran kooperatif model teams games turnament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 13 Malang / Haries Wahyunarso
Main Author: | Wahyunarso, Haries |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38904/ |
Daftar Isi:
- Kata-KataKunciPendekatanKontekstualModelTeamsGamesTurnament(TGT)MotivasiHasilBelajarEkonomi.Minatbelajarjugaperludidukungdenganadanyasumber-sumberbelajaryangtersedia.Faktorlainyangtidakkalahpentingdalampencapaianprestasibelajaryangbaikyaitudenganadanyamotivasiuntukberprestasi.Walaupunterdapatbanyaksumberbelajarnamuntidakakanadaartinyatanpaadanyadoronganminatdanmotivasiuntukmenjadilebihbaikdarisebelumnya.Motivasimerupakansalahsatutujuandanalatdalampembelajarankarenamotivasimerupakansalahsatufaktoryangdapatmenentukankeberhasilansiswa.Denganadanyamotivasisiswaakanterdoronguntukmelaksanakandanmengerjakantugas-tugasbelajarnya.Motivasimerupakanfaktorpsikologisyangmempengaruhibelajaryangberfungsimenimbulkanmendasaridanmengarahkanaktivitasbelajar.Seseorangyangmemilikimotivasiyangtinggiakanlebihgiatmeningkatkanbelajarnya.Strategipembelajaranuntukmeningkatkanmotivasidanketuntasanbelajarekonomisiswayangberasosiasidenganpendekatanpembelajarankontekstualdiantaranyaadalahpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)danpembelajarankooperatif(cooperativelearning).PemilihanmodelTGTsebagaifokuspenelitianinidisebabkanmodelTGTmemilikipotensilebihdaripadapembelajarandenganmenggunakanmetodekonvensionaldalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Karenasuasanayangdiciptakandalamkelaslebihsantaidanmelibatkansemuasiswadalamprosespembelajaran.SelainitupembelajarankooperatifmodelTGTmerupakansalahsatumetodedanmodelyangbarudanbelumbanyakyangmenerapkandalamprosesbelajarmengajardanjugasiswatidakhanyamendapatkanpengetahuandarigurutetapijugadaritemanmerekasendiri.MakadiharapkanpenetapanmetodepembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Pendekatanyangdilakukandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifkarenadatayangdiperolehdinyatakandalambentuk.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalteslembarobservasikegiatangurudalamkelascatatanlapanganangketpedomanwawancara.Hasilbelajarsiswadiukurberdasarkanhasilposttest.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapeningkatanmotivasibelajarIPSsiswadenganmenggunakanmodelTeamGamesTurnament(TGT)denganmediakartusoalmenunjukkanpeningkatan.PeningkatanmotivasibelajarsiswadikarenakanadanyasuasanabarudalampembelajaranHasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelTGTjugameningkathalinidibuktikandenganmeningkatnyajumlahsiswayangtuntasbelajar.