Penerapan metode pembelajaran kooperatif model teams games turnament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 13 Malang / Haries Wahyunarso

Main Author: Wahyunarso, Haries
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38904/
Daftar Isi:
  • Kata-KataKunciPendekatanKontekstualModelTeamsGamesTurnament(TGT)MotivasiHasilBelajarEkonomi.Minatbelajarjugaperludidukungdenganadanyasumber-sumberbelajaryangtersedia.Faktorlainyangtidakkalahpentingdalampencapaianprestasibelajaryangbaikyaitudenganadanyamotivasiuntukberprestasi.Walaupunterdapatbanyaksumberbelajarnamuntidakakanadaartinyatanpaadanyadoronganminatdanmotivasiuntukmenjadilebihbaikdarisebelumnya.Motivasimerupakansalahsatutujuandanalatdalampembelajarankarenamotivasimerupakansalahsatufaktoryangdapatmenentukankeberhasilansiswa.Denganadanyamotivasisiswaakanterdoronguntukmelaksanakandanmengerjakantugas-tugasbelajarnya.Motivasimerupakanfaktorpsikologisyangmempengaruhibelajaryangberfungsimenimbulkanmendasaridanmengarahkanaktivitasbelajar.Seseorangyangmemilikimotivasiyangtinggiakanlebihgiatmeningkatkanbelajarnya.Strategipembelajaranuntukmeningkatkanmotivasidanketuntasanbelajarekonomisiswayangberasosiasidenganpendekatanpembelajarankontekstualdiantaranyaadalahpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)danpembelajarankooperatif(cooperativelearning).PemilihanmodelTGTsebagaifokuspenelitianinidisebabkanmodelTGTmemilikipotensilebihdaripadapembelajarandenganmenggunakanmetodekonvensionaldalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Karenasuasanayangdiciptakandalamkelaslebihsantaidanmelibatkansemuasiswadalamprosespembelajaran.SelainitupembelajarankooperatifmodelTGTmerupakansalahsatumetodedanmodelyangbarudanbelumbanyakyangmenerapkandalamprosesbelajarmengajardanjugasiswatidakhanyamendapatkanpengetahuandarigurutetapijugadaritemanmerekasendiri.MakadiharapkanpenetapanmetodepembelajarankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Pendekatanyangdilakukandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifkarenadatayangdiperolehdinyatakandalambentuk.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalteslembarobservasikegiatangurudalamkelascatatanlapanganangketpedomanwawancara.Hasilbelajarsiswadiukurberdasarkanhasilposttest.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapeningkatanmotivasibelajarIPSsiswadenganmenggunakanmodelTeamGamesTurnament(TGT)denganmediakartusoalmenunjukkanpeningkatan.PeningkatanmotivasibelajarsiswadikarenakanadanyasuasanabarudalampembelajaranHasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelTGTjugameningkathalinidibuktikandenganmeningkatnyajumlahsiswayangtuntasbelajar.