Pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong / Baiq Rizka Amaliyah Saputri

Main Author: Saputri, Baiq Rizka Amaliyah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/38903/
Daftar Isi:
  • KataKunciKebiasaanBelajarKecerdasanIntelektual(IQ)PrestasiBelajarPrestasibelajarmerupakanhasilusahakegiatanbelajaryangdinyatakandalambentuksimbolangkahurufmaupunkalimatyangdapatmencerminkanhasilyangsudahdicapaiolehsiswadalamperiodetertentu.Prestasibelajarakanoptimalapabilagurumemahamiberbagaimacamkebiasaanbelajaryangdilakukanparasiswadantingkatkecerdasanintelektual(IQ)yangdimilikiolehsiswasebabantarasiswayangsatudengansiswayanglainnyaberbeda.Kebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)merupakanbagiandarifaktor-faktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomiyangakanditelitidalampenelitianini.Keberhasilandalambelajarbukanhanyaditentukanolehkecerdasanintelektual(IQ)sajatetapijugakebiasaanbelajar.Begitupuladalamkaitannyadengankeberhasilanbelajarsiswayangtercermindalamhasilbelajarekonomijugatidaklepasdariperanankecerdasanintelektual(IQ)dankebiasaanbelajaryangbaik.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanakahkebiasaanbelajarsiswadalammempelajaribidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(2)Bagaimanakahtingkatkecerdasanintelektual(IQ)siswadiSMANegeri1Selong(3)BagaimanakahtingkatprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(4)AdakahpengaruhkebiasaanbelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(5)Adakahpengaruhkecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(6)adakahpengaruhsecarasimultankebiasaanbelajarsiswadankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong.Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhkebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selongberdasarkantujuantersebutmakametodeyangdigunakanadalahmetodeangketdandokumentasi.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri1Selongsemestergasaltahunpelajaran2009/2010yangberjumlah59siswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangtidakmenggunakansample.Jenisrancanganpenelitianyangdilakukandalampenelitianiniadalahrancangandeskriptif.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut(1)KebiasaanbelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongcukup.Tingkatkecerdasanintelektual(IQ)siswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongrata-rata.SedangkantingkatprestasibelajarekonomisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongbaik.(2)Secaraparsialkebiasaanbelajarmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarekonomisiswaterbuktidarisigt(0.000)945(0.05).Kecerdasanintelektual(IQ)jugamempengaruhiprestasibelajarekonomisecarasignifikanterbuktidarisigt(0.000)945(0.05).(3)Secarasimultankebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)berpengaruhterhadapprestasibelajarekonomisiswayangditunjukkandengannilaisigF(0.000)945(0.05).NilaiRsquaresebesar0.565haliniberartivariablekebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)secarasimultanberpengaruhterhadapprestasibelajarekonomisebesar56.5%sedangkansisanya43.5%dipengaruhiolehfaktorlainyangtidakdimasukkandalampenelitianini.BerdasarkanuraiandiatasmakadapatdisimpulkanbahwasiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongmemilikikebiasaanbelajaryangtergolongcukuptingkatkecerdasanintelektual(IQ)yangtergolongrata-ratadantingkatprestasibelajarekonomisiswayangtergolongbaik.Secaraparsialdansimultanadapengaruhyangsignifikanantarakebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarekonomisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selong.Olehkarenaitupenelitisarankankepadakalanganpendidikagartidakhanyaterpakupadakecerdasanintelektual(IQ)sebagaipenentukeberhasilanpendidikankarenafaktorlainsepertikebiasaanbelajarjugamenentukankeberhasilanpendidikan.