Pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong / Baiq Rizka Amaliyah Saputri
Main Author: | Saputri, Baiq Rizka Amaliyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38903/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKebiasaanBelajarKecerdasanIntelektual(IQ)PrestasiBelajarPrestasibelajarmerupakanhasilusahakegiatanbelajaryangdinyatakandalambentuksimbolangkahurufmaupunkalimatyangdapatmencerminkanhasilyangsudahdicapaiolehsiswadalamperiodetertentu.Prestasibelajarakanoptimalapabilagurumemahamiberbagaimacamkebiasaanbelajaryangdilakukanparasiswadantingkatkecerdasanintelektual(IQ)yangdimilikiolehsiswasebabantarasiswayangsatudengansiswayanglainnyaberbeda.Kebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)merupakanbagiandarifaktor-faktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomiyangakanditelitidalampenelitianini.Keberhasilandalambelajarbukanhanyaditentukanolehkecerdasanintelektual(IQ)sajatetapijugakebiasaanbelajar.Begitupuladalamkaitannyadengankeberhasilanbelajarsiswayangtercermindalamhasilbelajarekonomijugatidaklepasdariperanankecerdasanintelektual(IQ)dankebiasaanbelajaryangbaik.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanakahkebiasaanbelajarsiswadalammempelajaribidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(2)Bagaimanakahtingkatkecerdasanintelektual(IQ)siswadiSMANegeri1Selong(3)BagaimanakahtingkatprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(4)AdakahpengaruhkebiasaanbelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(5)Adakahpengaruhkecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong(6)adakahpengaruhsecarasimultankebiasaanbelajarsiswadankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selong.Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhkebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarsiswapadabidangstudiekonomidiSMANegeri1Selongberdasarkantujuantersebutmakametodeyangdigunakanadalahmetodeangketdandokumentasi.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMANegeri1Selongsemestergasaltahunpelajaran2009/2010yangberjumlah59siswa.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangtidakmenggunakansample.Jenisrancanganpenelitianyangdilakukandalampenelitianiniadalahrancangandeskriptif.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut(1)KebiasaanbelajarsiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongcukup.Tingkatkecerdasanintelektual(IQ)siswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongrata-rata.SedangkantingkatprestasibelajarekonomisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongtergolongbaik.(2)Secaraparsialkebiasaanbelajarmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarekonomisiswaterbuktidarisigt(0.000)945(0.05).Kecerdasanintelektual(IQ)jugamempengaruhiprestasibelajarekonomisecarasignifikanterbuktidarisigt(0.000)945(0.05).(3)Secarasimultankebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)berpengaruhterhadapprestasibelajarekonomisiswayangditunjukkandengannilaisigF(0.000)945(0.05).NilaiRsquaresebesar0.565haliniberartivariablekebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)secarasimultanberpengaruhterhadapprestasibelajarekonomisebesar56.5%sedangkansisanya43.5%dipengaruhiolehfaktorlainyangtidakdimasukkandalampenelitianini.BerdasarkanuraiandiatasmakadapatdisimpulkanbahwasiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selongmemilikikebiasaanbelajaryangtergolongcukuptingkatkecerdasanintelektual(IQ)yangtergolongrata-ratadantingkatprestasibelajarekonomisiswayangtergolongbaik.Secaraparsialdansimultanadapengaruhyangsignifikanantarakebiasaanbelajardankecerdasanintelektual(IQ)terhadapprestasibelajarekonomisiswakelasXIIPSdiSMANegeri1Selong.Olehkarenaitupenelitisarankankepadakalanganpendidikagartidakhanyaterpakupadakecerdasanintelektual(IQ)sebagaipenentukeberhasilanpendidikankarenafaktorlainsepertikebiasaanbelajarjugamenentukankeberhasilanpendidikan.