Analisis pengaruh service quality akademik terhadap tingkat kepuasan dan prestasi peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar / Novita Rahayu

Main Author: Rahayu, Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/3890/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANRahayuNovita.2018.AnalisisPengaruhServiceQualityAkademikterhadapTingkatKepuasandanPrestasiPesertaDidikpadaSekolahMenengahPertamaNegeri(SMPN)Se-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.SkripsiJurusanAdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Dr.MustiningsihM.Pd.(II)Dr.RadenBambangSumarsonoM.Pd.KatakuncikualitaslayananakademikkepuasanpesertadidikprestasipesertadidikProduktivitasdalamduniapendidikanberkaitandengankeseluruhanprosesdanpenggunaansumberdayayangadauntukmencapaitujuanpendidikan.Produktivitassekolahmerupakanperbandinganantarainputdengnoutputlembagapendidikan.Lembagapendidikanmemilikiperandantanggungjawabuntukmemenuhikebutuhanyangdimilikiolehpenggunajasapendidikanhaltersebutdapatditerapkanmelaluiupayamemberikanlayanansecaramaksimalkepadapesertadidik.Layananyangbermutudanberkualitaspadalembagapendidikanmemilikiimplikasiterhadaprasakepuasanpesertadidiksertaberpengaruhterhadapprestasipesertadidik.Kepuasanpesertadidikataslayananakademikdapatmenciptakansikapemosionalyangmenyenangkandanmencintaitugasnyasebagaipenggunajasapendidikan.Sikapemosionaldapatdicerminkanmelaluimeningkatnyamotivasiuntukberprestasisehinggaberimplikasiterhadapprestasipesertadidik.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendiskripsikantingkatkualitaslayananakademik(2)mendiskripsikantingkatkepuasanpesertadidik(3)mendiskripsikanprestasipesertadidik(4)mendiskripsikanpengaruhkualitaslayananakademikterhadapkepuasanpesertadidik(5)mendiskripsikanpengaruhkualitaslayananakademikterhadapprestasipesertadidik(6)mendiskripsikanpengaruhkepuasanterhadapprestasipesertadidikdan(7)mendiskripsikanpengaruhkualitaslayananakademikterhadapprestasipesertadidikyangdimediasiolehkepuasanpesertadidikpadaSekolahMenengahPertamaNegeriSe-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptif-korelasional.Teknikpengambilansampeldenganmenggunakanteknikpurposivesamplingyangdigunakanuntukmenentukansampelpenelitianberdasarkantujuantertentudanteknikstratifiedrandomsamplinguntukmenentukanjumlahsampelsecaraacakdanberlapis.Jumlahpopulasidalampenelitiansebesar1582orangdansampelpenelitiansebesar323orang.Datapenelitianberupaangkayangmewakilirespondarirespondendataininantinyadigunakanuntukujihipotesis.Datapenelitiandikumpulkandenganmenggunakanangket(kuesioner).Teknikanalisisdalampenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifuntukmendiskripsikanmasing-masingdatavariabelpenelitian.Sedangkanuntukmenggambarkanbesarnyapengaruhantarvariabelmenggunakanteknikpathanalysis.viBerdasarkanhasilanalisisdatapadapenelitianinidiperoleh7simpulanhasilpenelitian.PertamatingkatkualitaslayananakademikdiSMPNseKecamatanPonggokberadapadakategoritinggi.Sedangkanjikaditinjaudarimasing-masingsubvariabeladalahsebagaiberiku(1)dimensireliabilitydalamkategorisedang(2)dimensiresponsivenessdalamkategoritinggi(3)dimensiassurancesdalamkategoritinggi(4)dimensiempathydalamkategorisedangdan(5)dimensitangibledalamkategorisedang.KeduatingkatkepuasanpesertadidikdiSMPNseKecamatanPonggokberadapadakategoritinggi.KetigatingkatprestasipesertadidikdiSMPNseKecamatanPonggokberadapadakategorisedang.Keempatterdapatpengaruhyangsignifikankualitaslayanan(servicequality)akademikterhadapkepuasanpesertadidikpadaSMPNse-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.Kelimaterdapatpengaruhyangsignifikankualitaslayanan(servicequality)akademikterhadapprestasipesertadidikpadaSMPNse-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.KeenamterdapatpengaruhyangsignifikankepuasanpesertadidikterhadapprestasipesertadidikpadaSMPNse-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.Ketujuhadapengaruhyangsignifikankualitaslayanan(servicequality)akademikterhadapprestasipesertadidikyangdimediasiolehkepuasanpesertadidikpadaSMPNse-KecamatanPonggokKabupatenBlitar.Saran-saranyangdapatdikemukakanberhubungandenganhasilpenelitianiniadalahkepada(1)kepalaDinasPendidikanKabupatenBlitardapatmenggunakansebagaiacuanuntuklebihspesifikdalammelakukanmonitoringmaupunevaluasiterhadappelaksanaanoperasionalsekolahterutamadalamhalyangpalingpentingyaitulayananakademik.Haltersebutbanyakberkontribusidalampemenuhankebutuhanpesertadidik(kepuasan)danprestasipesertadidik.(2)kepalasekolahsebaiknyamelakukanpemecahanmasalahyangberkaitandengankualitaslayananakademikdankepuasanpesertadidiksertapenelitianinidijadikanbahanacuandalammeningkatkankualitaspelayanan.(3)tenagapendidiksebaiknyatidakhanyamampudalamkegiatanpembelajarandikelasdalamhalpenyampaianmaterinamunjugaharusmemahamikebutuhanpesertadidikyangmenunjangpengembangankompetensinya.Tenagakependidikansebaiknyatanggapmemenuhikebutuhanpesertadidikterkaitdenganadministratifdisekolahyangmenunjangkegiatanpesertadidikdisekolah.(4)mahasiswaadministrasipendidikansebaiknyadigunakansebagaisumbanganpemikiranataureferensiapabilamenjaditenagabagianlayananakademikpadainstansipendidikanagardapatmemberikanpelayananyangberkualitaskepadapenggunajasapendidikanselainitujugasebagaibahanrujukanuntukpembuatankaryailmiahkhususnyadalambidangkualitaspelayananakademikkepuasandanprestasipesertadidik(5)penelitilainpenelitianinisebaiknyadapatlebihdigunakandandikembangkanpadatahunberikutnyadandigunakansebagaiacuanreferensiuntukpenelitianselanjutnya.(6)pesertadidiksebaiknyapenelitianinidijadikanacuanpesertadidikuntukmeningkatkanprestasiakademikmaupunnonakademikdikarenakanprestasipesertadidikmasihdalamkategorisedang.