Penerapan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Malang / Vivi Aprilia Safei
Main Author: | Safei, Vivi Aprilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38896/ |
Daftar Isi:
- KataKunciProblemBasedLearningNumberedHeadsTogetherhasilbelajarresponbelajarPendidikanmerupakansaranaterpentinguntukmewujudkankemajuanbangsadannegara.TerkaitdenganhaltersebutpendidikandiIndonesiamasihmemilikimuturendahjikadibandingkandengannegara-negaramaju.Permasalahantersebutsemakindiperparahdengandidominasinyaprosespembelajaranyangmenyatakanbahwasebuahpengetahuan(knowledge)merupakanperangkatfakta-faktayangharusdihafal.Metodepembelajaranmayoritaskonvensionaldenganteacherorienteddidalamnya.Olehsebabitudibutuhkanadanyasebuahstrategibelajarmengajarbarudenganmengedepankansiswaaktif(studentoriented)danmenjadikanpembelajaranmenyenangkanuntukmendapatkanhasilyangberkualitasdengancarapendekatankontekstual.SalahsatunyadenganmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogether.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelaskarenaadapermasalahanyangharusdisembuhkandenganmenggunakanpenelitiantindakankelas.Haltersebutdiperolehdaridatayangdiperolehsebelumnya.PenelitianinimenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogetherkarenadisesuaikandenganstandarkompetensidankompetensidasar.Tujuandalampenelitianiniadalahuntuk(1)mendeskripsikandanmenganalisispenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogether(2)untukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogether(3)untukmendeskripsikanbagaimanaresponsiswapadamatapelajaranekonomiterhadappenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogetherPenelitianinidilakukandiSMPNegeri7Malang.Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatifyangbertujuanuntukmendapatkangambaransecarajelasdannyatatentangperistiwayangtampakselamaprosespembelajaranberlangsung.PeristiwayangdimaksudadalahprosespelaksanaanlangkahpembelajaranyangditerapkandalamkelasdanhasilbelajarsertaresponbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogether.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasilembarcatatanlapanganangketdanpedomanwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajaraspekkognitifsiswapadapretestmeningkatsebesar1590%padasiklusImenjadi3256%padasiklusII.Sedangkanposttestjugameningkatsebesar8571%padasiklusImenjadi9269%padasiklusII.Datahasilbelajaraspekafektifsiswajugamenunjukkanhasilbelajaryangmeningkat.Hasilinididasarkanpadanilairata-ratasebesar7010%padasiklusImenjadi96%padasiklusII.Responbelajarsiswajugamenjadimeningkat.KesimpulanhasilpenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadariaspekkognitifdanafektifsertaresponsiswadalammengikutimatapelajaranekonomi.Sarandalampenelitianantaralain(1)bagimasing-masingtingkatsatuanpendidikandangurumatapelajaranekonomikhususnyadalammengkondisikandalampenggunaanmodelpembelajaranini(2)penerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningYangDipadukanDenganNumberedHeadsTogetherhendaknyadisesuaikandenganmateripelajaran(3)bagipenelitiselanjutnyadiharapkanadanyapengukurantentangtujuanpembelajaranuntukmengukurkeefektifan.